Pahami 7 Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Manfaat lari siang hari bagi kesehatan tubuh tidak bisa diremehkan. Aktivitas fisik yang satu ini tidak hanya membantu meningkatkan performa tubuh dan kapasitas paru-paru, tetapi juga efektif dalam mengurangi tingkat stres, lho.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai manfaat lari siang hari secara mendalam dan bagaimana dampaknya bagi kesehatan tubuh!

Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan

Kamu mungkin sudah tahu kalau lari itu baik untuk kesehatan. Namun, tahukah kamu kalau lari di siang hari punya manfaat ekstra untuk tubuh kita?

Yuk, kita bahas satu per satu manfaat lari di siang hari yang bisa bikin tubuh kamu makin sehat!

1. Meningkatkan Performa Tubuh

Meningkatkan Performa Tubuh - freepik.jpg

Menurut Asics, siang hari itu waktu yang pas banget buat lari. Kenapa?

Karena di siang hari, suhu tubuh kita sudah mencapai puncaknya. Ini bukan cuma berarti kamu merasa lebih panas, tapi ada efek bagus juga buat tubuh kamu.

Suhu tubuh yang tinggi bikin otot-otot kamu lebih lentur. Contohnya saat kamu meregangkan karet gelang, pasti lebih mudah kalau karetnya hangat, bukan?

Nah, sama halnya seperti otot. Dengan otot yang lebih lentur, maka kamu bisa gerak lebih bebas dan fleksibel.

Selain itu, di siang hari darah kamu juga mengalir lebih lancar. Sehingga oksigen dan nutrisi bisa sampai ke otot-otot kamu lebih cepat. Alhasil, kamu bisa lari lebih lama dan lebih cepat.

Jadi, kalau kamu ingin meningkatkan stamina atau kecepatan lari, coba deh lari di siang hari.

2. Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Nah, ini nih yang menarik. Fitpage menyatakan kalau di sore hari, paru-paru kita bisa bekerja 6% lebih baik dibanding pagi hari.

Kok bisa? Ternyata, hambatan di saluran pernapasan kita berkurang di siang dan sore hari. Coba bayangkan, kalau kamu bisa ambil napas lebih banyak, otomatis kamu bisa lari lebih lama, kan?

Itulah yang terjadi kalau kamu lari siang atau sore hari. Paru-paru bisa mengambil oksigen lebih banyak, jadi kamu nggak gampang kehabisan napas.

Manfaat lari di siang hari ini bisa lebih penting buat kamu yang tinggal di kota besar dengan polusi udara. Dengan kapasitas paru-paru yang lebih baik, kamu bisa lebih efisien dalam menyaring udara yang dihirup.

3. Menurunkan Risiko Cedera

Menurunkan Risiko Cedera - freepik.jpg

Siapa nih yang takut cedera waktu lari? Nah, lari siang hari bisa jadi solusinya.

Suhu tubuh yang tinggi di siang hari nggak cuma bikin otot lebih lentur, tapi juga bikin persendian kamu lebih fleksibel. Artinya, risiko kamu kena cedera bisa berkurang.

Misalkan, kalau kamu jatuh atau salah langkah, maka tubuh kamu lebih siap buat "menghadapi" situasi itu. Otot dan sendi yang lebih fleksibel bisa lebih baik dalam menghadapi benturan atau gerakan mendadak.

Namun ingat ya, ini bukan berarti kamu bisa sembarangan waktu lari. Tetap harus pemanasan yang cukup dan pakai teknik lari yang benar.

4. Membakar Lebih Banyak Kalori

Siapa nih yang lagi program diet? Atau yang pengen menjaga berat badan? Nah, lari siang hari bisa pilihan yang tepat, nih.

Melansir LA FIT Studio, tubuh cenderung bekerja lebih keras kalau olahraga di siang hari sehingga bisa membakar kalori hingga 10% lebih banyak!

Kenapa bisa begitu? Soalnya di siang hari, metabolisme tubuh kita lagi di puncaknya.

Ditambah lagi sama efek panas dari matahari. Di mana, tubuh kita harus bekerja ekstra buat menjaga suhu tetap stabil. Ini semua yang menyebabkan pembakaran kalori jadi lebih efektif.

Kita ambil contoh, kalau kamu lari 30 menit di pagi hari dan membakar 300 kalori. Maka, di siang hari kamu bisa membakar sampai 330 kalori dengan durasi yang sama.

Lumayan, kan? Apalagi kalau kamu konsisten lari tiap hari, dalam seminggu kamu bisa bakar 210 kalori lebih banyak.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah - freepik.jpg

Buat kamu yang punya masalah dengan tekanan darah, ini nih manfaat lari di siang hari yang penting banget.

Lari di sore hari bisa membantu turunkan tekanan darah kamu. Gimana caranya? Jadi, saat kamu berlari, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Nah, aktivitas ini membuat pembuluh darah jadi lebih elastis. Pembuluh darah yang elastis ini bisa lebih baik dalam mengatur aliran darah yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Namun ingat kalau kamu punya masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan jantung atau tekanan darah, lebih baik konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai rutinitas lari di siang hari.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sering susah tidur saat malam hari? Atau bangun pagi masih mengantuk? Coba deh lari siang hari.

Pasalnya, olahraga di siang hari bisa membantu mengatur ritme tubuh kita, yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Hal ini dikarenakan lari di siang hari bisa membantu produksi hormon melatonin, hormon yang mengatur pola tidur kita.

Jadi, meskipun kamu lari di siang hari, efeknya baru terasa malam hari. Kamu jadi lebih gampang mengantuk di malam hari dan lebih segar pas bangun pagi.

7. Mengurangi Stres

Mengurangi Stress - freepik.jpg

Manfaat lari siang hari berikutnya yakni bisa membantu mengurangi stres. Gimana caranya?

Ketika berlari, tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini yang membuat kamu merasa senang dan rileks.

Bayangin deh, seharian kamu pasti disibukkan dengan kerja atau sekolah. Pasti ada saja yang membuat kamu stres, kan? Nah, daripada membawa stres itu pulang ke rumah, lebih baik kamu lepas dengan lari sore.

Selain mengeluarkan endorfin, lari juga bisa bantu kamu "kabur" sebentar dari masalah. Waktu berlari, pikiran kamu bisa lebih jernih.

Jadi, manfaat lari di siang hari ini nggak cuma buat kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental kamu.

Kesimpulan

Nah, itu dia manfaat lari di siang hari buat kesehatan tubuh kita. Mulai dari meningkatkan performa tubuh, kapasitas paru-paru, hingga mengurangi stres.

Namun ingat, baik itu lari pagi, siang, atau malam, yang penting adalah konsistensi. Manfaat lari di siang hari ini akan lebih terasa ketika kamu rutin melakukannya. Jadi, mulai besok, coba deh sisihkan waktu di siang atau sore hari untuk mencoba olahraga lari.

Kalau kamu butuh tempat yang nyaman dan aman buat lari, langsung datang saja ke FIT HUB. Di sini, kamu bisa lari di treadmill dan menggunakan fasilitas gym yang lengkap.

Yuk, daftar jadi member sekarang dan mulai perjalanan sehatmu bersama FIT HUB!