Suka Renang? Ini Dia 18 Manfaat Olahraga Renang untuk Tubuh Kamu

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Selain memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, olahraga renang juga menyenangkan sehingga menjadi jenis olahraga yang populer di Indonesia. Sebagai negara tropis, olahraga air seperti berenang tentu jadi pilihan banyak orang.

Selain karena seru, olahraga renang juga dipilih karena manfaatnya yang tidak sedikit untuk tubuh. Healthline mengatakan bahwa renang adalah salah satu olahraga yang bisa membuat seluruh tubuh kamu bekerja sehingga baik untuk sistem kardiovaskular.

Lantas, apa saja manfaat olahraga renang untuk tubuh kamu? Simak rangkumannya di bawah ini!

18 Manfaat Olahraga Renang yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan olahraga renang secara rutin:

1. Menggerakan Seluruh Tubuh

Menggerakan Seluruh Tubuh - freepik.jpg

Salah satu manfaat terbesar dari olahraga renang ialah mampu menggerakan seluruh tubuh dari kepala hingga kaki. Gerakan menyeluruh ini bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung, membangun otot, membangun kekuatan tubuh hingga meningkatkan ketahanan.

2. Cocok untuk Orang-orang dengan Kondisi Khusus

Renang adalah salah satu olahraga yang menjadi pilihan banyak orang karena bisa dilakukan dengan banyak kondisi.

Walaupun tetap harus dengan persetujuan dokter, olahraga renang bisa jadi opsi aman untuk orang-orang dengan kondisi arthritis, sedang mengalami cedera ringan, disabilitas, dan isu lainnya.

3. Membantu Membakar Lemak

Sama halnya dengan olahraga kardio, renang adalah olahraga yang sangat efektif untuk membakar kalori.

Menurut Swim England Reports dilansir dari Cleveland Clinic, gaya renang yang paling cepat membakar kalori adalah butterfly stroke atau gaya kupu-kupu. Namun, jika kamu masih pemula dalam berenang, tidak direkomendasikan melakukan gaya ini karena termasuk sulit dan intens.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas dan siklus tidur juga jadi salah satu manfaat dari olahraga renang. The Sleep Foundation dilansir oleh Swim Now mengatakan bahwa aktivitas fisik seperti berenang dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur kamu.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Saat kamu berenang dan melakukan aktivitas fisik, tubuh kamu akan mengeluarkan hormon endorphin. Hormon endorphin berperan secara natural untuk meningkatkan suasana hati, sehingga perasaan akan jadi lebih baik.

6. Manajemen Stres

Manajemen Stres - freepik.jpg

Dalam keseharian, kamu pasti akan terpapar banyak faktor penyebab stres. Rutin melakukan aktivitas fisik seperti renang akan membantu kamu untuk mencapai mental relaxation atau perasaan lebih santai sehingga akan lebih mudah mengurangi dan melakukan manajemen stres.

7. Kesehatan Kardiovaskular

Cardiovascular exercise atau latihan kardiovaskular sangat penting untuk kesehatan dan olahraga renang memberi manfaat penting untuk kardiovaskular. Renang akan membantu meningkatkan detak jantung serta membuat jantung lebih kuat dan bekerja lebih baik.

8. Melatih Kekuatan dan Ketahanan Tubuh

Renang adalah salah satu olahraga yang memberi efek kepada seluruh tubuh atau full-body workout. Ketahanan saat kamu di dalam air akan membuat tubuh bekerja lebih keras sehingga renang bisa mengencangkan otot, meningkatkan kekuatan, dan membangun daya tahan tubuh yang lebih baik.

9. Meningkatkan Fleksibilitas

Renang menjadi salah satu cara efektif jika kamu ingin meningkatkan fleksibilitas tubuh. Tidak seperti olahraga yang lain, pergerakan linear di dalam air bisa membuat tubuh kamu lebih fleksibel.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Aktivitas fisik yang rutin penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Renang adalah olahraga yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan karena efektif dan menyenangkan untuk dilakukan.

11. Minim Risiko Cedera

Minim Risiko Cedera - freepik.jpg

Manfaat olahraga renang lainnya dan paling penting adalah olahraga ini minim cedera atau low impact. Air akan menopang 90% berat badan kamu dan renang juga memberi tekanan lebih sedikit pada persendian, tulang, dan otot. Inilah mengapa renang jadi aktivitas yang cocok untuk semua kalangan dan usia.

12. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Kalau kamu ingin bernapas dengan lebih lega, renang adalah pilihan olahraga yang tepat karena bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kapasitas paru-paru. Ini terjadi karena saat renang, tubuh kamu akan menggunakan oksigen dengan lebih efektif sehingga bisa jadi pilihan latihan yang tepat, bahkan untuk penderita asma.

13. Membangun Otot

Karena olahraga renang memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan, maka manfaat ini juga akan sejalan dengan membantu membangun massa otot. Saat berenang, kamu akan mendapatkan kapasitas aerobik lebih baik dan otot kamu akan terbentuk lebih efektif.

14. Healthy Aging

Banyak manfaat renang yang bisa membantu kamu untuk merasa lebih sehat seiring bertambahnya umur. Sebuah studi yang dilakukan kepada perempuan postmenopausal dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa renang mengurangi tekanan darah dan meningkatkan arterial stiffness.

15. Membantu Kesehatan Mental

Bukan rahasia bahwa saat kamu merasa lebih sehat secara fisik, maka kesehatan mental juga akan lebih baik. Berenang adalah aktivitas yang membuat kamu fokus dan tidak memikirkan apapun. Itulah mengapa, renang bisa jadi cara yang baik untuk mengurangi stres dan membawa manfaat meditasi juga untuk kamu.

16. Baik untuk Kepadatan Tulang

Baik untuk Kepadatan Tulang - freepik.jpg

Berenang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan pada populasi tertentu. Sebuah studi menunjukkan bahwa pada sekelompok post-menopausal women yang rajin berenang memiliki risiko kehilangan kepadatan ulang lebih rendah dibandingkan yang tidak berenang.

17. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa berenang mungkin berkontribusi terhadap brain health atau kesehatan otak. Latihan seperti berenang dapat mengakibatkan perubahan struktural di otak seperti peningkatan hipokampus yang berpotensi meningkatkan fungsi kognitif.

18. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menguasai olahraga renang ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu secara signifikan, lho. Peningkatan rasa percaya diri ini utamanya terlihat pada anak-anak. Untuk orang dewasa sendiri rasa percaya diri meningkat seiring berkembangnya kemampuan berenang dan mencoba gaya atau trik baru.

Kesimpulan

Renang adalah olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Latihan renang secara rutin akan memberi banyak keuntungan untuk kondisi tubuh kamu.

Untuk mulai olahraga secara rutin, kamu bisa mulai dengan latihan ringan yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan pelatihan dari PT dan fasilitas gym terbaik sebelum memulai olahraga rutin kamu yang lain seperti berenang.

Yuk, daftar sekarang!