12 Manfaat Workout bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Meskipun di tengah hiruk pikuk kehidupan modern yang serba cepat, sudah ada banyak orang yang menyadari betapa pentingnya manfaat workout untuk menjaga kesehatan fisik dan kesejahteraan mental.

Workout atau serangkaian aktivitas fisik yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, telah menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin meningkatkan kualitas hidup mereka.

Berbagai variasi workout, mulai dari latihan kardiovaskular seperti berlari, hingga latihan kekuatan seperti angkat beban, menjadi jenis latihan yang sering dipilih untuk menjaga kesehatan tubuh.

12 Ragam Manfaat Workout bagi Kesehatanmu

12 Ragam Manfaat Workout bagi Kesehatanmu - freepik.jpg

Tujuan dari workout bisa bermacam-macam. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, hingga mencapai tujuan spesifik seperti mengikuti kompetisi olahraga, mengurangi berat badan, atau membangun massa otot.

Melakukan workout secara teratur bukan hanya tentang mencapai tujuan tertentu, tetapi juga untuk memperoleh manfaat kesehatan yang signifikan. Selain dengan pergi ke gym, kamu juga bisa melakukan workout di rumah dan tetap mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal.

Apa saja manfaat workout yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara teratur? Berikut ini adalah 12 manfaat workout yang bisa kamu peroleh jika rajin melakukannya.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat kamu melakukan workout, jantungmu bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Latihan yang teratur dapat membuat jantungmu lebih kuat dan efisien.

Ini berarti risiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke dapat berkurang karena jantungmu menjadi lebih kuat. Selain itu, dengan jantung yang sehat, tentu akan lebih baik dalam menangani tekanan darah dan kadar kolesterol.

2. Meningkatkan Kekuatan dan Kesehatan Otot

Ketika berolahraga, otot-ototmu bekerja keras untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu. Ini tidak hanya membuat otot lebih kuat, tetapi juga membantu mereka tetap sehat dan fleksibel.

Dengan latihan yang benar, kamu dapat membangun massa otot yang lebih baik, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan daya tahan tubuhmu.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan

Kamu pasti sudah tahu bahwa salah satu manfaat workout adalah untuk membakar kalori. Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ. Hal yang satu ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu, yang artinya kamu akan terus membakar kalori bahkan setelah latihan selesai.

Ini membantu kamu untuk mengendalikan berat badanmu, baik itu untuk meningkatkan, mempertahankan, atau menurunkan berat badan sesuai dengan tujuanmu.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Workout bukan hanya tentang membangun otot, tetapi juga bermanfaat untuk memperkuat tulang. Latihan beban, seperti angkat beban, membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Dengan tulang yang kuat, kamu dapat mempertahankan mobilitas dan kesehatan tulang yang baik seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Saat kamu berolahraga, tubuhmu melepaskan endorfin, hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Salah satu manfaat workout juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk melepaskan ketegangan dan kecemasan yang kamu rasakan sepanjang hari.

Hasilnya, kamu merasa lebih baik secara mental dan emosional. Dengan kesehatan mental yang terjaga, kamu dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat kamu berolahraga, tubuh melepaskan energi yang telah menumpuk dan meningkatkan kualitas tidurmu. Latihan yang teratur dapat membantu menyeimbangkan siklus tidur serta membuat lebih mudah tertidur dan lebih nyenyak.

Ketika kamu tidur dengan baik, kamu bangun dengan perasaan lebih segar dan siap menghadapi hari yang baru.

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika bergerak, tubuhmu juga memompa lebih banyak darah dan oksigen ke otak. Salah satu manfaat workout ini membantu meningkatkan fungsi kognitifmu, seperti memori, fokus, dan pemecahan masalah.

Selain itu, workout juga merangsang pelepasan hormon dan faktor pertumbuhan yang membantu melindungi otak dari kerusakan dan memperkuat jaringan saraf.

8. Meningkatkan Kesehatan Metabolisme

Dengan rajin workout, maka metabolisme tubuhmu meningkat untuk memenuhi kebutuhan energi tambahan. Ini berarti kamu membakar lebih banyak kalori bahkan saat sedang istirahat.

Dengan metabolisme yang sehat, kamu lebih mampu mengelola berat badanmu dan menjaga energi tinggi sepanjang hari.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat workout yang selanjutnya adalah mampu memberikan dampak positif bagi kulit. Saat kamu berolahraga, aliran darah ke kulitmu meningkat sehingga akan membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit,yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Selain itu, workout juga membantu mengeluarkan toksin dari tubuh melalui keringat, yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat.

10. Meningkatkan Kesehatan Sistem Imun

Workout yang teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Aktivitas fisik yang moderat telah terbukti dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, membuat kamu lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Sebagai hasilnya, kamu mungkin akan mengalami lebih sedikit flu atau pilek dan lebih cepat pulih jika sakit.

11. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Melakukan workout secara teratur dapat meningkatkan kesehatan seksualmu. Aktivitas fisik membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk organ seksual.

Hal ini dapat menghasilkan peningkatan gairah seksual, fungsi seksual yang lebih baik, dan orgasme yang lebih kuat. Selain itu, workout juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan body image, yang dapat mempengaruhi kepuasan dalam hubungan seksualmu.

12. Meningkatkan Kualitas Hidup secara Keseluruhan

Dengan melakukan workout secara teratur, kamu tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, tetapi juga meningkatkan kualitas hidupmu secara keseluruhan.

Menjalankan workout membuatmu merasa lebih bertenaga, lebih bahagia, dan lebih mampu menghadapi tantangan hidup dengan percaya diri.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, selain meningkatkan kualitas hidup, workout juga mampu meningkatkan angka harapan hidup. Hal ini dikarenakan workout bukan hanya tentang menjaga tubuh tetap sehat, tetapi juga tentang menciptakan gaya hidup yang lebih baik dan memuaskan.

Kesimpulan

Jadi, itu dia beberapa manfaat workout bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Jangan ragu lagi untuk memulai workout untuk kesehatanmu sendiri.

Yuk, mulai olahraga di rumah atau dengan mengikuti kelas-kelas fitness di gym seperti yang tersedia di FIT HUB. Cek informasi selengkapnya di sini dan segera gabung dengan FIT HUB!