Olahraga Angkat Beban: Manfaat dan Cara yang Benar untuk Pemula

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Olahraga angkat beban atau weight lifting merupakan salah satu jenis latihan kekuatan/strength training yang memiliki banyak manfaat.

Olahraga ini juga termasuk weight training yang melibatkan alat juga besaran kekuatan dari luar, yaitu beban yang kamu angkat.

Alat atau beban yang digunakan untuk angkat beban juga memiliki bentuk yang beragam. Contohnya, dumbbells, barbells, dan kettlebells. Ketiga alat/beban tersebut adalah yang paling sering ditemukan di tempat gym dan paling sering digunakan.

Sebenarnya apa saja manfaat dari olahraga angkat beban dan bagaimana cara melakukannya yang benar, khususnya untuk pemula? Simak penjelasan selengkapnya melalui artikel di bawah ini, ya!

Olahraga Angkat Beban/ Weight Lifting

Olahraga angkat beban atau weight lifting sering kali dianggap sebagai olahraga yang mengintimidasi dan hanya bisa dilakukan oleh seorang yang sudah profesional, mengingat banyaknya referensi datang dari angkat beban di Olimpiade.

Namun, angkat beban juga bisa dilakukan oleh para pemula dan menjadi salah satu jenis latihan dengan banyak manfaat. Self mengatakan latihan angkat beban memiliki banyak gerakan dasar yang meniru aktivitas sehari-hari sampai dengan gerakan angkat beban tingkat lanjut atau yang lebih professional.

Sebagai pemula, kamu tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang terlalu kompleks dan sulit tapi mulai dengan gerakan dasar terlebih dahulu dan fokus dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.

7 Manfaat Olahraga Angkat Beban

7 Manfaat Olahraga Angkat Beban - freepik.jpg

Weight lifting dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan mental dan fisikmu. Dikutip One Peloton, berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa kamu dapatkan jika melakukan olahraga angkat beban atau weight lifting:

1. Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Angkat beban sudah terbukti memiliki manfaat yang efektif untuk membangun kekuatan tubuh serta meningkatkan massa otot. Peningkatan ini juga bisa berpengaruh kepada peningkatan imunitas/daya tahan tubuh, metabolisme, dan memperkecil risiko penyakit seperti diabetes dan jantung.

2. Memperkuat Tulang

Kekuatan tulang akan terus berkurang dengan bertambahnya usia. Kerusakan tulang juga ditemukan sangat tinggi, utamanya untuk perempuan di atas 50 tahun.

Latihan kekuatan seperti angkat beban ini bisa membantu menjaga massa tulang dan otot juga mengurangi risiko osteoporosis.

3. Mengurangi Risiko Cedera

Olahraga angkat beban terlihat seperti latihan yang berisiko tinggi, tapi perlu diingat selama kamu memperhatikan postur tubuh dengan benar serta rutin, gerakan angkat beban ini bisa membantu mencegah risiko cedera saat workout/latihan.

4. Membantu Membakar Lemak dalam Tubuh

Melansir dari Healthline, latihan kekuatan seperti angkat beban ini bisa membantu kamu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat kamu tidak sedang olahraga, lho.

Kamu akan mendapatkan manfaat "after burn" di mana tubuh kamu akan terus menggunakan banyak kalori setelah olahraga, sehingga lemak yang terbakar juga akan lebih banyak dan efektif.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Bukan hanya manfaat fisik, dari beberapa studi yang dilakukan, terlihat hubungan yang kuat antara latihan kekuatan termasuk weight lifting untuk mencegah dan meningkatkan fungsi kognitif, terutama untuk orang dewasa dan older adult.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kesulitan tidur dan masalah kualitas tidur juga bisa coba kamu atasi dengan olahraga weight lifting. Dari beberapa studi yang dilakukan dan dirilis oleh Sleep Medicine Reviews menunjukkan bahwa latihan ketahanan tubuh dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur kamu.

7. Mengurangi Kecemasan dan Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat terakhir olahraga angkat beban juga bisa kamu rasakan untuk kesehatan mental. Sebuah studi dari Study Reports menunjukkan bahwa melakukan latihan kekuatan selama 8 minggu secara konsisten dapat membantu mengurangi gejala kecemasan akut pada orang dewasa. Olahraga ini juga dipercaya bisa membangun kepercayaan diri.

Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban untuk Pemula

Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban untuk Pemula - freepik.jpg

1. Mulai dengan Personal Trainer

Memulai olahraga ini dengan bantuin PT adalah hal dasar yang akan sangat membantu kamu nantinya. Bagaimana dasar-dasar yang diperlukan sebelum rutin melakukan olahraga angkat beban akan kamu dapatkan dengan dibantu oleh profesional seperti personal trainer.

Memiliki personal trainer dari awal akan membantu kamu memiliki dasar yang kuat sebelum masa transisi melakukan rutinitas olahraga angkat beban sendiri.

2. Jangan Lupa Pemanasan

Pemanasan merupakan tahapan penting sebelum memulai olahraga apapun, tidak terkecuali angkat beban. Pemanasan akan membantu kamu untuk menyiapkan otot dan sendi dan membantu mengurangi risiko cedera. Pemanasan juga membantu meningkatkan aliran darah ke otot yang akan menaikkan suhu tubuh sebelum olahraga angkat beban.

3. Gunakan Postur Tubuh dan Teknik yang Tepat

Sebelum mulai angkat beban, kamu harus belajar bagaimana postur tubuh yang baik dan benar terlebih dahulu. Postur tubuh dalam olahraga ini merupakan hal krusial agar tidak terjadi kesalahan gerakan yang menyebabkan cedera.

4. Mulai dengan Beban yang Ringan

Dalam olahraga angkat beban, kamu harus menyesuaikan beban yang kamu angkat dengan kemampuanmu. Jangan memaksakan untuk langsung menggunakan beban yang berat dan mulailah dengan beban-beban ringan. Kamu bisa meningkatkan beban secara berkala setelah memulai latihan

Kesimpulan

Olahraga angkat beban adalah salah satu weight training yang populer dan memiliki banyak manfaat efektif untuk tubuh kamu. Manfaat ini juga tidak terbatas pada manfaat fisik melainkan juga kesehatan mental.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga ini, kamu bisa memulainya dengan mendapatkan bantuan dari PT atau personal trainer seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Menjadi member FIT HUB dapat membantu kamu memulai olahraga ini dengan lebih efektif. Yuk, gabung menjadi member!