Memahami Weight Training dan Cara Melakukannya yang Benar

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Weight training adalah salah satu jenis olahraga yang biasa dilakukan di pusat kebugaran. Jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk kebugaran tubuh sehingga tak heran jika weight training atau latihan beban begitu populer.

Kebanyakan yang melakukan jenis latihan ini adalah laki-laki karena mereka ingin memiliki otot yang kuat dan membuat penampilan lebih menarik. Namun, sebenarnya weight training adalah latihan fisik yang bisa dilakukan untuk semua orang dan semua usia, lho.

Weight training atau angkat beban tidak hanya bisa membentuk otot tetapi juga memiliki banyak manfaat lain yang baik untuk tubuh.

Nah, apakah kamu tertarik mencoba melakukan latihan weight training? Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk memahami dan memulai latihannya dengan cara yang benar!

Apa Itu Weight Training?

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, weight training adalah latihan fisik yang melibatkan beban. Secara singkat, manfaat yang diberikan adalah membantu menguatkan dan membentuk otot.

Menurut American Council on Exercise, sebagian orang mulai usia 30 tahun kehilangan hampir setengah pon per tahun massa ototnya. Kehilangan massa otot sejumlah ini rata-rata dialami oleh orang yang tidak aktif bergerak dan tidak melakukan latihan fisik sehari-hari.

Kehilangan massa otot dan melambatnya metabolisme tubuh adalah kombinasi yang membuat kenaikan berat badan serta masalah kesehatan lain pada tubuh. Oleh karena itu, apabila kamu saat ini masih belum melakukan olahraga secara rutin, inilah waktu yang tepat untuk memulainya.

Salah satu latihan fisik yang bisa kamu lakukan adalah weight training di pusat kebugaran atau di rumah apabila memiliki alat-alat yang memadai.

Manfaat Weight Training

Manfaat Weight Training - freepik.jpg

Tidak sebatas menguatkan otot dan menurunkan berat badan, weight training adalah jenis latihan fisik yang memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat yang dirasakan apabila kamu rutin melakukan weight training dengan benar:

1. Melatih Otot Menjadi Lebih Kuat

Secara garis besar weight training membantu untuk menguatkan otot serta membentuknya. Akan tetapi, pembentukan tersebut tidak akan terjadi secara tiba-tiba.

Dibutuhkan latihan dan juga nutrisi yang tepat untuk mendapatkan tubuh berotot seperti binaragawan. Weight training termasuk latihan yang fleksibel karena bisa dilakukan sendiri maupun dibantu personal trainer.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan sendiri fokus bagian otot yang ingin kamu latih. Menarik bukan?

2. Menurunkan Berat Badan

Apakah weight training bisa menurunkan berat badan? Tentu bisa! Weight training adalah latihan fisik yang membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

Massa otot akan bertambah serta secara otomatis kapasitas tubuh dalam pembakaran lemak juga akan meningkat.

3. Cegah Penurunan Massa Otot

Seperti yang sebelumnya disebutkan, penurunan massa otot akan terjadi pada orang yang tidak aktif bergerak dan melakukan latihan fisik. Dengan melakukan weight training, otot akan lebih kuat dan elastis.

Hal ini berdampak pada sistem peredaran darah yang membawa nutrisi ke otot menjadi lebih lancar. Pada akhirnya tubuhmu akan lebih kuat dan sehat walaupun usia terus bertambah.

4. Melatih Fokus

Khusus untuk kamu yang memiliki target mengangkat beban yang cukup berat saat weight training, tentu fokus sangat diperlukan. Oleh karena itu latihan weight training juga akan melatih fokus sehingga lebih tenang dan tidak mudah terdistraksi saat berkegiatan sehari-hari.

5. Mengurangi Kecemasan

Weight training juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental, lho. Salah satunya adalah mengurangi kecemasan.

Pasalnya, saat kamu mengangkat beban, latihan ini juga meningkatkan rasa percaya diri. Tentunya dengan kurangnya rasa cemas, hidup bisa jadi lebih bahagia.

Cara Melakukan Weight Training dengan Benar

Cara Melakukan Weight Training dengan Benar - freepik.jpg

Supaya otot bisa terbentuk dengan lebih maksimal dan menghindari cedera, kamu harus tahu bagaimana cara melakukan weight training dengan benar. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan Beban Sesuai Kemampuan

Dalam weight training, kamu perlu memulai dengan beban yang sesuai kemampuanmu. Lalu, ulang gerakan sebanyak 12 hingga 15 repetisi.

Jika kamu merasa sudah lebih kuat, tingkatkan beban secara bertahap agar tubuh tidak kaget apalagi sampai mengalami cedera saat latihan.

2. Lakukan Teknik yang Benar

Untuk mengurangi risiko cedera saat weight training, pastikan kamu melakukan tekniknya dengan benar. Saat mengangkat beban, pastikan punggung dalam posisi netral atau lurus dan lakukan gerakan penuh pada persendian.

Apabila belum bisa mempertahankan bentuk tubuh saat melakukan tekniknya dengan benar, kurangi terlebih dahulu beban yang akan kamu angkat saat latihan. Kamu juga bisa menggunakan beban yang sama tetapi mengurangi repetisinya.

3. Bernapas

Hal yang paling sering dilupakan orang saat berolahraga adalah bernapas. Dalam weight training sebagai pemula, mungkin kamu berpikir untuk menahan napas saat mengangkat beban.

Sebaiknya lakukan hembusan napas saat mengangkat beban dan tarik napas saat menurunkan beban. Pastikan kamu juga memerhatikan caramu bernapas agar latihan lebih maksimal.

Kesimpulan

Weight training adalah sebuah latihan fisik yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Teknik yang dilakukannya pun cukup mudah diikuti dan memiliki banyak manfaat kesehatan fisik maupun mental.

Oleh karena itu, weight training sangat disarankan untuk kamu khususnya yang ingin memiliki tubuh lebih kuat dan melatih fokus.

Ingin coba weight training di pusat kebugaran? FIT HUB adalah salah satu pusat kebugaran yang memiliki fasilitas open gym untuk para member melakukan weight training.

Tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, FIT HUB memiliki fasilitas yang lengkap dan premium. Masih ragu untuk mencobanya? Tenang saja, FIT HUB memiliki penawaran free trial, lho.

Penawaran free trial ini membuat kamu bisa mencoba latihan weight training di salah satu studio olahraga FIT HUB serta konsultasi sebelum memutuskan untuk menjadi member.

Ingin coba free trial di FIT HUB? Segera hubungi kami atau klik link ini, ya!