Mengenal Pickleball, Olahraga Menyenangkan yang Sedang Naik Daun

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Pernah bermain tenis, bulu tangkis, atau pingpong? Jika kamu pernah memainkan cabang-cabang olahraga tersebut, sebaiknya coba juga satu olahraga unik bernama pickleball.

Dikutip dari laman LTA UK, pickleball pertama kali ditemukan pada tahun 1965 di Amerika Serikat oleh Joel Pritchard, Bill Bell, dan Barney McCallum.

Ketiga tersebut mengembangkan olahraga ini ketika mereka ingin mencari permainan mengasyikkan yang bisa dilakukan bersama anak-anaknya.

Olahraga ini juga sangat cocok dimainkan dari segala kalangan dan usia. Penasaran dengan olahraga unik yang satu ini? Simak serta pahami aturan dan cara bermainnya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Pickleball?

Seperti yang telah disinggung, pickleball merupakan salah satu olahraga yang sedang naik daun, di mana olahraga ini menyatukan beberapa unsur dari tenis, bulu tangkis, dan juga pingpong.

Paddles atau dayung yang digunakan dalam olahraga ini tersedia dalam beberapa bentuk, ukuran, dan material, disesuaikan dengan tingkat keterampilan dan preferensi pemain. Sementara bola yang digunakan terbuat dari bahan plastik yang berlubang di setiap sisinya.

Umumnya, ukuran lapangan yang digunakan untuk bermain pickleball sama seperti lapangan bulu tangkis, namun tinggi jaring dipasang lebih rendah.

Permainan ini bisa dimainkan baik secara tunggal (satu lawan satu) atau ganda, di mana kamu juga bisa membentuk tim berjumlah 2 orang.

Peraturan Pickleball

Peraturan Pickleball - freepik.jpg

Seperti olahraga pada umumnya, pickleball juga memiliki aturan yang perlu diikuti. Untuk lebih lengkapnya, berikut di antaranya:

1. Paddles (Dayung)

Secara umum, paddle yang digunakan mirip dengan paddle pingpong, namun memiliki berat dan ukuran yang lebih besar.

Material utama yang paling umum digunakan biasanya terdiri dari grafit, komposit, serat karbon, dan hibrida.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ukuran, berat, dan material paddle memiliki karakteristiknya masing-masing. Jadi pilih yang sesuai dengan kemampuan dan preferensimu, ya!

2. Bola

Bola pickleball terbuat dari bahan plastik yang berongga, lubang-lubang yang ada di setiap sisi bola berfungsi untuk meningkatkan hambatan saat bola di udara.

Dengan semakin besarnya hambatan udara, kecepatan atau laju bola dapat dibatasi, menimbang ukuran lapangan yang digunakan tidak dibuat terlalu luas.

Perlu diketahui juga bahwa game ini dapat dimainkan di dalam lapangan indoor maupun outdoor, sehingga juga memengaruhi bola yang digunakan.

Bola untuk outdoor cenderung memiliki bobot lebih berat, yang mana jumlah lubang untuk outdoor lebih banyak dengan memiliki 40 lubang, sedangkan untuk indoor berjumlah 26 lubang.

3. Lapangan dan Jaring

Mengacu pada aturan yang dirilis oleh Asosiasi Pickleball Amerika Serikat, lapangan pickleball berukuran 20 x 44 kaki, baik itu digunakan untuk permainan tunggal maupun ganda.

Garis yang digunakan juga mirip dengan lapangan tenis pada umumnya, di mana terdiri dari area servis kanan dan kiri dengan garis pembatas di tengah.

Untuk zona non-volley, tepat berada di depan jaring dengan panjang 7 kaki dari arah jaring. Sementara, tinggi jaring adalah 36 inci dari samping, dengan 34 inci di bagian tengah.

Cara Bermain Pickleball

Scoring (Penilaian Poin)

Suatu poin hanya dapat dicetak oleh pihak yang melakukan servis, dengan catatan bahwa bola melewati net dan masuk di area permainan.

Perlu diketahui bahwa tidak dibolehkan untuk melakukan voli saat melakukan kontak dengan garis dan zona non-volley. Voli sendiri adalah pukulan sebelum bola memantul dari permukaan lapangan.

Suatu pertandingan biasanya dimainkan hingga 11 poin, dengan syarat pihak yang menang memiliki selisih 2 poin.

Jumlah poin ini bisa berbeda di beberapa kasus. Dalam suatu turnamen, pertandingan bisa dimainkan hingga 12 atau 21 poin, tapi tetap harus menang dengan selisih 2 poin.

Cara Melakukan Servis

Untuk servis, harus dilakukan dengan posisi tangan di bawah, dan server harus memukul bola secara diagonal melintasi jaring ke area servis lawan.

Saat servis dilakukan, bola harus memantul sekali terlebih dahulu, sebelum pemain dapat melakukan voli dengan memukul bola sebelum bola memantul.

Dalam permainan ganda, setiap tim memiliki dua servis per rotasi. Jika satu poin hilang, servis diberikan kepada rekan setim.

Sementara itu, jika server kedua kehilangan poin, servis diberikan ke tim lawan. Sebagai pengecualian, hanya satu pemain yang melakukan servis pada awal permainan.

Karena poin hanya didapat oleh pihak yang melakukan servis, pihak yang tidak melakukan servis tapi memenangkan reli tidak akan memperoleh poin, melainkan mendapat kesempatan untuk servis.

Tips Bermain Pickleball

Tips Bermain Pickleball - freepik.jpg

Jika kamu sudah tahu aturan dan cara bermain pickleball, selanjutnya ketahui juga tips-tips penting supaya kamu bisa lebih mudah menguasai olahraga ini. Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Jaga Konsistensi

Servis yang konsisten adalah kunci untuk mendapatkan poin. Fokus untuk memasukkan bola ke dalam area permainan dengan memvariasikan servis dalam dan pendek agar lawan susah menebak.

2. Sempurnakan Dink Shot

Dink shot sendiri merujuk pada pukulan lembut (soft) yang mendarat di zona non-volley lawan, pukulan ini dapat memaksa lawan susah menebak pergerakan bola.

Dengan menguasainya, kamu bisa mengendalikan permainan dengan memaksa lawan melakukan kesalahan.

3. Manfaatkan Zona Non-Volley

Belajar untuk bermain di area dekat dengan zona non-volley tanpa harus melangkah masuk. Ini sangat penting dalam keadaan menyerang dan bertahan, terutama untuk memaksimalkan voli.

4. Latih Gerak Kaki

Kecepatan dan kekuatan kaki punya peran vital dalam pickleball. Kaki kamu harus gesit bergerak untuk meningkatkan mobilitas dan selalu berada dalam posisi yang siap untuk melakukan pukulan.

5. Perkuat Komunikasi

Dalam permainan ganda, komunikasi tentu sangat penting agar suatu tim dapat bekerja sama dengan baik.

Berkomunikasilah secara jelas dan sering dengan rekan setim, terutama saat akan memutuskan siapa yang akan melakukan pukulan. Ini penting supaya tim dapat menguasai permainan.

Kesimpulan

Selain simple dan mudah dipelajari, pickleball juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin berolahraga dengan cara yang menyenangkan.

Bermain pickleball punya banyak manfaat untuk kesehatanmu, lho! Mulai dari baik untuk meningkatkan kekuatan otot, melatih keseimbangan, hingga menyehatkan sistem kardiovaskular.

Jika kamu berencana untuk memulai perjalan fitness dengan optimal, FIT HUB adalah partner yang tepat untukmu.

Melalui kelas-kelas fitness yang beragam di FIT HUB, kamu bisa mendapatkan berbagai benefit yang tentunya akan membantu mencapai tujuan fitness-mu menjadi lebih maksimal. Yuk, bergabung dengan FIT HUB! Coba juga program free trial-nya di sini!