Pengertian dan Sejarah Tai Chi serta Manfaatnya untuk Tubuh!

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Pernahkah kamu mendengar tentang olahraga tai chi yang bisa meredakan stres, meningkatkan keseimbangan, dan bahkan membantu melawan penyakit?

Seni bela diri kuno asal Tiongkok ini telah berkembang menjadi bentuk latihan yang luar biasa bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Mulai dari meredakan nyeri arthritis hingga meningkatkan kualitas tidur, tai chi menyimpan segudang manfaat yang mungkin belum kamu ketahui.

Dalam artikel ini, mari kita jelajahi lebih dalam tentang tai chi dan manfaatnya bagi tubuh!

Pengertian Tai Chi

Tai chi adalah seni bela diri kuno asal Tiongkok yang seiring dengan perkembangan zaman membuatnya menjadi bentuk latihan yang punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari Harvard Health Publishing, tai chi sering digambarkan sebagai "meditasi dalam gerakan". Di mana, kamu akan melakukan serangkaian gerakan lambat dan halus sambil bernapas dalam-dalam.

Gerakan-gerakannya terinspirasi dari seni bela diri dan alam, seperti "bangau mengepakkan sayapnya". Menariknya, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau sedang dalam masa pemulihan pasca operasi.

Manfaat Tai Chi untuk Kesehatan

Manfaat Tai Chi untuk Kesehatan - freepik.jpg

Berikut adalah manfaat luar biasanya untuk kesehatanmu:

1. Meredakan Stres dan Kecemasan

Sebuah studi yang dikutip dari Cleveland Clinic menunjukkan bahwa orang-orang yang mempraktikkan tai chi selama 12 minggu mengalami penurunan tingkat kecemasan yang signifikan.

Bahkan, efeknya mungkin lebih baik daripada bentuk olahraga lainnya. Mengapa demikian?

Karena saat melakukan gerakan tersebut, kamu harus fokus pada pernapasan dan gerakan, sehingga pikiran teralihkan dari hal-hal yang membuatmu stres.

2. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Jatuh bisa jadi masalah serius, terutama bagi orang yang lebih tua. Namun menurut sebuah ulasan yang melibatkan 10 studi tentang tai chi, orang yang mempraktikkan latihan ini memiliki risiko 50% lebih rendah mengalami jatuh dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Bahkan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS mengakui tai chi sebagai cara efektif untuk menurunkan risiko jatuh.

Jadi, jika kamu ingin meningkatkan keseimbangan tubuhmu, latihan ini tentu bisa jadi pilihan yang tepat!

3. Baik untuk Kesehatan Otak

Semakin bertambahnya usia, kemampuan otak untuk beralih dari satu tugas ke tugas lain bisa menurun.

Dilansir dari Healthline, orang berusia 60-an yang mempraktikkan tai chi setiap hari selama 12 minggu lebih mudah beralih antara tugas dibandingkan mereka yang tidak.

Mereka juga memiliki aktivitas lebih tinggi di prefrontal cortex, area otak yang bertanggung jawab atas kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Jadi, jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, coba deh untuk melakukan latihan ini!

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melansir dari Medical News Today, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tai chi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gerakan lembut dan pernapasan dalam yang menjadi ciri khas tai chi dipercaya dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, tubuhmu akan lebih siap menghadapi berbagai ancaman penyakit.

5. Meringankan Nyeri Fibromyalgia

Jika kamu menderita fibromyalgia, tai chi mungkin bisa menjadi solusi alami untuk meringankan gejalanya.

Sebuah studi yang dilansir dari Cleveland Clinic membandingkan efek tai chi dan latihan aerobik pada penderita fibromyalgia.

Hasilnya? Mereka yang mempraktikkan tai chi merasakan pengurangan gejala yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak.

Jadi, jika kamu mencari cara alternatif untuk mengelola gejala fibromyalgia, mungkin sudah saatnya mencoba latihan ini.

6. Membantu Mengatasi Osteoartritis Lutut

Osteoartritis lutut bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, dengan melakukan tai chi mingguan terbukti dapat membantu meringankan rasa sakitnya, lho.

Bahkan, American College of Rheumatology (ACR) dan Arthritis Foundation "sangat merekomendasikan" tai chi sebagai cara untuk mengelola nyeri osteoartritis.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Susah tidur? Latihan tai chi mungkin bisa membantu kamu.

Sebuah studi yang dilansir dari Healthline menemukan bahwa orang yang mengikuti kelas tai chi dua kali seminggu selama 10 minggu mengalami peningkatan signifikan dalam kualitas tidur mereka.

Tidak hanya itu, studi lain juga menunjukkan bahwa latihan ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif.

Jadi, jika kamu ingin tidur lebih nyenyak, coba deh mulai melakukan latihan ini secara teratur.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ingin menurunkan berat badan tapi malas olahraga berat? Tai chi bisa jadi jawabannya.

Meskipun penurunan berat badan mungkin tidak sebanyak olahraga intensitas tinggi, tapi latihan ini bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu mencari cara yang santai namun efektif untuk menjaga berat badan.

9. Aman untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Jika menderita penyakit jantung koroner, kamu mungkin ragu untuk berolahraga.

Namun jangan khawatir! Tai chi adalah bentuk latihan yang aman untuk dicoba jika kamu memiliki penyakit jantung koroner.

Praktik tai chi secara teratur setelah kejadian kardiovaskular dapat membantu meningkatkan aktivitas fisik, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas hidup.

Meski begitu, konsultasikan dahulu dengan dokter, sebelum memulai rutinitas latihan ini, ya.

Kesimpulan

Dengan berbagai manfaat luar biasa ini, tidak heran jika sekarang tai chi semakin populer.

Mulai dari meredakan stres hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tai chi menawarkan banyak keuntungan untuk kesehatan fisik dan mental.

Untuk mengoptimalkan kesehatan dan kebugaran tubuh, kamu juga bisa berolahraga rutin di gym dengan fasilitas lengkap seperti FIT HUB.

Di FIT HUB, kamu bisa menikmati fasilitas olahraga lengkap yang mendukung berbagai jenis latihan.

Yuk, daftar member FIT HUB sekarang!