American Grip dalam Olahraga Badminton: Arti, Kelebihan dan Kekurangannya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Olahraga badminton atau juga dikenal dengan bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga populer di Indonesia. Meski begitu, mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa cara memegang raket dalam bulu tangkis punya teknik tersendiri, lho. Salah satunya adalah teknik memegang raket american grip.

Ada banyak teknik yang bisa digunakan pada permainan badminton atau bulu tangkis. Mulai dari teknik paling dasar yaitu memegang raket, sikap atau posisi tubuh, gerakan kaki, servis, hingga smash.

Agar olahraga tetap nyaman, kamu bisa mulai belajar teknik-teknik dasar badminton sebelum mulai rutin melakukannya. Dengan begitu, kamu akan mengurangi risiko cedera dan olahraga jadi aman.

Melalui artikel ini, kamu akan memahami salah satu teknik memegang raket dalam olahraga badminton yaitu american grip. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Jenis Pegangan Raket pada Badminton

Jenis Pegangan Raket pada Badminton - freepik.jpg

Banyak orang yang memilih badminton sebagai olahraga baik untuk mengisi waktu luang saja, atau memang memiliki tujuan untuk membakar lemak.

Bagaimana kamu memegang raket akan memengaruhi ayunan raket saat main badminton. Tentunya ini juga bisa berpengaruh dengan intensitas permainan badminton kamu.

Secara general ada empat jenis grip atau pegangan dalam badminton, yaitu:

  • forehand grip
  • backhand grip
  • american grip
  • panhandle grip.

Masing-masing jenis pegangan ini digunakan untuk pukulan yang berbeda-beda. Jika kamu ingin menekuni badminton dengan lebih serius, kamu harus bisa mempelajari dan melatih kemampuan untuk melakukan beberapa jenis pegangan tersebut.

Mempelajari bagaimana cara memegang raket yang benar dalam badminton akan membantu permainan kamu lebih mudah dan enjoyable.

Cara Memegang Raket American Grip

Dalam badminton, raket merupakan alat utama dalam permainan, sehingga penting untuk memahami bagaimana cara yang nyaman dan benar untuk memegang raket yang sesuai untuk kamu.

Dilansir Kompas, american grip adalah teknik memegang raket yang digunakan oleh pemain bulu tangkis yang bertujuan untuk melakukan pukulan sekeras mungkin.

American grip memang tidak sepopuler teknik memegang raket lain seperti forehand grip atau backhand grip. Namun, bukan berarti american grip adalah teknik memegang raket yang buruk.

Lantas, bagaimana cara memegang raket american grip? Secara sederhana, dalam posisi raket telentang, ibu jari dan jari telunjuk kamu menempel pada batang raket yang memiliki permukaan gepeng dan sebaliknya ada pada telapak tangan.

Berikut adalah cara memegang raket dengan teknik american grip yang benar:

  1. Agar tidak salah, letakkan dulu raket pada permukaan mendatar seperti di atas lantai dengan menghadap atas.
  2. Ambil dan pegang raket dengan posisi antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan raket yang lebar.
  3. Letak jari ini mirip dengan letak jari saat kamu mengambil alat gebuk kasur dan melakukan pukulan.

Ciri khas dari american grip adalah bertemunya ibu jari dan jari telunjuk pada permukaan pegangan raket yang lebih luas.

Biasanya gaya pukulan ini digunakan untuk mendapatkan pukulan yang sekeras-kerasnya seperti smash. Dengan begitu, shuttlecock akan melaju ke wilayah lawan dengan lebih cepat dan akurat. Beberapa manfaat dari penggunaan teknik american grip adalah sebagai berikut:

  • efektif untuk melakukan pukulan keras seperti smash di depan net.
  • mudah dilakukan saat kamu ingin melakukan pukulan dari atas.
  • cara memegang american grip memudahkan pemain untuk mengarahkan shuttlecock.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Teknik American Grip

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Teknik American Grip - freepik.jpg

Mengutip Badminton Insight, salah satu kesalahan umum yang memengaruhi kesuksesan pemain dalam badminton adalah pemilihan cara memegang raket.

Kesalahan dalam memegang raket akan mengurangi performa, kekuatan, dan kontrol permainan kamu. Ini akan berakibat pada keseluruhan permainan dan meningkatkan risiko cedera.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan teknik american grip sebagai pertimbangan untuk kamu.

Kelebihan American Grip

Biasanya, seorang pemain bulu tangkis/badminton akan memilih menggunakan american grip karena dinilai memberikan pukulan yang keras.

Bukan hanya itu, walaupun menghasilkan pukulan-pukulan yang cenderung keras, teknik memegang raket ini mengurangi kemungkinan membentur ujung raket. Itulah mengapa, teknik american grip ini cocok untuk digunakan dalam pukulan dari atas.

Selain dari atas, american grip juga efektif digunakan untuk melakukan smash dari depan. Teknik memegang raket american grip ini juga memudahkan kamu untuk mengarahkan shuttlecock baik ke arah kiri maupun ke arah kanan.

Penggunaan teknik memegang raket yang tepat akan memaksimalkan permainan kamu. Namun, tetap perhatikan juga pergantian grip saat permainan berlangsung agar menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kekurangan American Grip

Ada kelebihan tentu juga ada kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk menggunakan teknik memegang raket american grip ini.

Jika american grip memudahkan pukulan keras dari atas dan depan, sebaliknya american grip lemah saat digunakan untuk pukulan backhand.

Saat memegang raket dengan american grip dan ingin melakukan pukulan backhand, kamu harus memindahkan posisi ibu jari yang letaknya ada pada sisi lebar dari pegangan raket.

Saat shuttlecock datang dari kanan atau kiri, maka akan sulit untuk melakukan pukulan dengan teknik memegang raket american grip ini.

Itulah mengapa kamu harus memperhatikan pergantian posisi dan pegangan pada raket dalam permainan badminton. Walaupun tidak mudah, dengan latihan yang konsisten, kamu pasti bisa memaksimalkan permainan badminton.

Kesimpulan

American grip adalah salah satu cara/teknik memegang raket di mana posisi ibu jari dan jari telunjuk bertemu pada pegangan raket yang memiliki permukaan luas.

American grip sering kali dipilih oleh pemain untuk melakukan pukulan-pukulan keras dan smash secara efektif, baik untuk pukulan dari atas maupun dari depan. Namun, untuk pukulan backhand akan lebih sulit dilakukan.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang american grip. Untuk bisa mulai olahraga rutin, kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal olahraga/jadwal gym.

Menjadi member FIT HUB akan sangat membantu kamu untuk scheduling olahraga rutin, lho. Dapatkan banyak penawaran dan fasilitas terbaik untuk olahraga di FIT HUB. Yuk, daftar sekarang!