10 Buah dengan Kalori Tinggi yang Efektif untuk Naikkan Berat Badan

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Konsumsi buah tinggi kalori rupanya juga bisa meningkatkan berat badan. Bagi sebagian orang, meningkatkan berat badan sama sulitnya dengan orang yang berusaha menurunkan berat badannya, lho!

Oleh karena itu, perlu untuk memikirkan nutrisi dengan baik agar tujuan meningkatkan berat badan tercapai. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan bulking, olahraga terarur, dan mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Buah yang memiliki kalori tinggi juga menjadi salah satu menu diet yang bisa membantu kamu yang ingin menaikan berat badan. Namun, saat ini masih banyak orang yang beranggapan konsumsi buah hanya untuk menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.

Sebelum kita cari tahu buah apa saja yang tinggi kalori, mari cari tahu dulu manfaat konsumsi buah secara rutin!

Manfaat Konsumsi Buah untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Buah untuk Kesehatan - freepik.jpg

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Dengan adanya nutrisi di dalamnya tentu buah memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat yang akan kamu rasakan ketika mengonsumsi buah-buahan secara rutin:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Salah satu manfaat untuk kesehatan yang diberikan buah-buahan adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Salah satu serat yang larut bernama pektin diketahui mampu menurunkan 10% kadar kolesterol tubuh.

Serat ini bisa ditemukan dalam buah-buahan seperti; apel, anggur, jeruk, dan stroberi.

2. Mencegah dan Mengatasi Masalah Pencernaan

Apabila mengalami masalah pencernaan, biasanya salah satu makanan yang dicari adalah buah-buahan. Ya, buah-buahan yang kaya akan serat dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Bahkan apabila kamu rutin konsumsi buah-buahan tentu kamu bisa mencegah permasalahan tersebut. Beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan rutin konsumsi buah-buahan adalah susah buang air besar dan sembelit.

3. Menjaga Berat Badan

Konsumsi rutin buah-buahan dapat menjaga berat badan yang ideal. Hal ini disebabkan adanya serat pada buah-buahan membuat lebih lama diproses, hingga kamu merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi buah-buahan tinggi kalori juga dapat membuat berat badan naik dengan sehat.

10 Buah Tinggi Kalori untuk Meningkatkan Berat Badan

10 Buah Tinggi Kalori untuk Meningkatkan Berat Badan - freepik.jpg

Setelah mengetahui manfaat utama konsumsi buah bagi tubuh, tentu sekarang kamu lebih tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin bukan? Selain bisa bermanfaat untuk kesehatan, ada beberapa buah yang bisa bantu keinginanmu untuk meningkatkan berat badan.

Menurut Medicine Net, berikut ini adalah 10 buah yang mengandung kalori tinggi sehingga dapat bantu kamu menaikan berat badan!

1. Kelapa

Khusus untuk buah ini yang membantu menaikan berat badan adalah daging dari buah kelapa. Daging dari buah kelapa dinilai memiliki kalori yang tinggi.

Selain itu, di dalam daging kelapa terdapat kandungan fosfor, tembaga, serat dan lemak sehat. Jadi, kamu nggak perlu khawatir walaupun berat badan meningkat karena tetap mendapatkan nutrisi yang menyehatkan.

2. Alpukat

Alpukat juga salah satu buah yang tinggi kalori. Disebut-sebut dalam buah alpukat dengan berat 100 gram terdapat 160kkal kalori. Alpukat juga memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mangga

Mangga adalah salah satu buah tinggi kalori yang juga sering dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan makanan. Beberapa di antaranya yang menggunakan buah mangga di dalamnya adalah es krim, milkshake, smoothie, dan yoghurt.

Dalam satu buah mangga terdapat beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh yaitu pektin dan vitamin C.

4. Pisang

Pisang juga masuk dalam salah satu buah yang tinggi kalori dan bisa membantu untuk menaikkan berat badan. Pisang disebut sebagai salah satu buah sumber karbohidrat kompleks yang memiliki manfaat membuat kenyang lebih lama.

5. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah tinggi kalori yang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Tidak hanya dapat meningkatkan berat badan, dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi, pepaya bisa membantu jaga imunitas tubuh.

6. Kurma

Kurma memiliki rasa manis dan disebut tinggi kalori sehingga dapat menaikan berat badanmu. Dalam sebuah kurma dengan berat 24 gram terdapat kalori sebanyak 66 kkal.

Apabila bulan Ramadan tiba, kurma disebut salah satu buah yang sering disantap karena bisa membantu menambah energi.

7. Leci

Walaupun kecil, ternyata buah leci mengandung kalori yang tinggi. Memiliki rasa yang manis, ternyata leci juga memiliki banyak serat sehingga menjaga sistem pencernaan pada tubuh tetap baik.

Dalam 100 gram buah leci terdapat kalori sebanyak 66 kkal.

8. Nangka

Buah lainnya yang mengandung kalori tinggi adalah nangka. Dalam daging nangka dengan berat 100 gram memiliki kalori sebanyak 95 kkal dan 1,2 protein.

Selain itu, ada juga nutrisi lain yang baik untuk tubuh antara lain; tembaga, seng, beta karoten, dan vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

9. Jambu

Jambu memiliki serat yang tinggi serta kalori yang juga tinggi sehingga baik untuk menaikkan berat badan. Selain itu, buah jambu juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah vitamin.

Beberapa vitamin yang ada di dalam buah jambu adalah vitamin A, B6, C, dan mineral.

10. Belimbing

Belimbing juga menjadi salah satu buah tinggi kalori. Diketahui dalam satu sendok buah belimbing terdapat 155 kalori. Selain itu juga terdapat nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh yaitu vitamin C, A, dan potasium.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat buah-buahan untuk kesehatan dan apa saja buah yang bisa bantu menaikkan berat badan?

Perlu diingat untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar badan tetap sehat. Jangan sampai berat badan naik tetapi kamu juga jadi punya masalah kesehatan, ya!

Selain menjaga nutrisi, untuk meningkatkan berat badan kamu juga perlu melakukan olahraga yang sesuai. Salah satunya adalah olahraga latihan beban yang bisa kamu lakukan di rumah atau pusat kebugaran.

Kalau kamu tertarik latihan di pusat kebugaran, FIT HUB sedang memiliki penawaran khusus yang bisa kamu coba, lho.

Ada free trial khusus kamu yang pertama kali ingin mencoba olahraga. Dalam sesi free trial kamu bisa konsultasi dengan membership consultant tentang kebutuhan olahragamu dan mendapatkan penawaran yang paling sesuai.

Tertarik mencoba olahraga untuk bantu dapatkan berat badan ideal? Yuk klik untuk klaim free trial mu di link ini!