10 Cara Melebarkan Bahu yang Bisa Kamu Coba

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk melebarkan bahu. Apalagi bagi pria, memiliki bahu yang lebar dan kokoh tentu akan membuat penampilan semakin menarik sehingga meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Nah, apabila kamu masih bingung bagaimana cara efektif untuk membentuk otot bahu agar makin lebar dan kuat, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai, ya.

Kami akan membahas beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba lakukan untuk mendapatkan bahu yang lebar dan kokoh. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Melebarkan Bahu dengan Olahraga

Cara Melebarkan Bahu dengan Olahraga - freepik.jpg

Olahraga adalah jawaban untuk mendapatkan bahu yang lebar. Berikut ini adalah 10 cara melebarkan bahu dengan olahraga yang harus kamu coba!

1. Shoulder Press (Military Press)

Shoulder press adalah latihan utama untuk membangun kekuatan dan massa otot di bahu. Latihan ini secara langsung menargetkan otot deltoid bagian depan dan tengah yang sangat penting untuk membentuk bahu yang lebar dan kuat.

Selain itu, shoulder press juga melibatkan otot trapezius dan triceps yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas secara keseluruhan.

2. Lateral Raises

Dikutip dari laman Men’s Heatlh, lateral raises berfokus pada otot deltoid bagian tengah, yang merupakan kunci untuk memperlebar bahu kamu. Dengan rutin melakukan latihan ini, kamu dapat meningkatkan lebar bahu secara signifikan. Sehingga, latihan ini memberikan tampilan bahu yang lebih besar dan proporsional.

Latihan ini juga membantu meningkatkan definisi otot bahu, memberikan tampilan yang lebih tajam dan terdefinisi. Maka dari itu, lateral raises adalah salah satu cara melebarkan bahu paling ampuh yang wajib kamu coba.

3. Front Raises

Front raises sangat efektif untuk melatih otot deltoid bagian depan. Latihan ini membantu memperkuat dan menambah massa otot di bagian depan bahu. Hasilnya, kamu akan mendapatkan bentuk bahu yang lebih kentara dan meningkatkan stabilitas bahu.

Selain itu, latihan front raises juga melibatkan otot dada bagian atas dan otot inti. Hal tersebut bisa membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atasmu secara keseluruhan.

4. Bent Over Lateral Raises

Bent over lateral raises adalah latihan yang menargetkan otot deltoid bagian belakang dan otot trapezius. Dengan melatih otot deltoid belakang, kamu bisa menciptakan bahu yang lebih penuh dan seimbang.

Melakukan latihan ini juga membantu meningkatkan postur tubuh. Hasilnya, kamu akan memiliki otot punggung atas yang kuat. Tidak hanya sebagai cara melebarkan bahu, kamu juga bisa mencegah bahu membungkuk ke depan dengan melakukan bent over lateral raises.

5. Upright Rows

Upright rows adalah latihan yang efektif untuk melatih otot deltoid dan trapezius. Latihan ini membantu meningkatkan ketebalan dan lebar bahu. Dengan latihan upright rows, kamu bisa mendapatkan tampilan bahu yang lebih besar dan kuat.

Upright rows juga melibatkan otot biceps dan otot inti. Sehingga, kamu bisa mendapatkan manfaatnya pada tubuh bagian atas secara komprehensif. Jadi, selain sebagai cara melebarkan bahu, kamu bisa latihan upright rows untuk keseluruhan tubuh bagian atasmu.

6. Beragam Variasi Push-Up

Push-up adalah latihan yang sangat serbaguna dan dapat dilakukan di mana saja. Variasi push-up seperti push-up standar, push-up berlian, dan push-up lebar mampu membantu melatih otot bahu dari berbagai sudut.

Push-up memberikan stimulus yang berbeda untuk pertumbuhan otot. Latihan ini juga melibatkan otot dada, triceps, dan inti. Sehingga, push-up juga mampu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas secara keseluruhan.

7. Plank Shoulder Taps

Plank shoulder taps adalah latihan yang melatih stabilitas, keseimbangan, dan kekuatan otot bahu. Dengan menggabungkan gerakan plank dengan taps bahu, latihan ini menargetkan otot deltoid, inti, dan otot stabilisator lainnya.

Selain sebagai cara melebarkan bahu, kamu juga bisa melakukan latihan ini untuk meningkatkan koordinasi dan kekuatan tubuh bagian atas. Plank shoulder taps sangat mudah dilakukan tanpa alat. Jadi, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

8. Pike Push-Ups

Pike push-ups adalah latihan yang sangat efektif untuk melatih otot deltoid bagian depan. Latihan ini meniru gerakan shoulder press menggunakan berat tubuh sendiri. Maka dari itu, pike push-ups mampu memberikan tantangan yang signifikan pada otot bahu.

Selain itu, kamu tidak hanya mendapatkan bahu yang lebar sebagai salah satu manfaat dari pike push-ups. Latihan pike push-ups ini juga melibatkan otot inti dan meningkatkan fleksibilitas tubuh bagian atas.

9. Handstand Push-Ups

Handstand push-ups adalah latihan yang cukup menantang untuk dicoba. Namun, latihan ini sebetulnya sangat efektif untuk melatih otot deltoid secara keseluruhan. Hasilnya, kamu akan mendapatkan bahu lebar seperti yang diharapkan.

Dengan menggunakan berat tubuh sendiri, latihan handstand push-ups memperkuat otot bahu dan meningkatkan keseimbangan serta koordinasi. Latihan ini juga melibatkan otot triceps dan inti sehingga mampu memberikan latihan tubuh bagian atas yang komprehensif.

10. Face Pulls

Face pulls adalah latihan yang sangat baik untuk melatih otot deltoid bagian belakang dan meningkatkan postur bahu. Latihan ini membantu memperkuat otot punggung atas dan bahu belakang.

Dengan latihan face pulls, kamu juga bisa mencegah bahu membungkuk ke depan. Selain itu, face pulls juga bisa meningkatkan stabilitas bahu dan membantu mengurangi risiko cedera pada sendi bahu.

Kesimpulan

Itulah 10 cara melebarkan bahu dengan olahraga yang bisa kamu coba. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa meningkatkan beban atau intensitas latihan secara bertahap untuk mendorong pertumbuhan otot.

Selain itu, lakukan semua latihan di atas secara rutin, setidaknya 2-3 kali seminggu. Jangan lupa juga untuk atur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein untuk mendukung pertumbuhan otot. Lalu, pastikan kamu memiliki cukup waktu istirahat untuk pemulihan otot yang optimal.

Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa belajar bareng personal trainer di FIT HUB, lho. Yuk, daftar sekarang juga di sini dan mulai perjalananmu untuk mendapatkan otot bahu yang lebih kokoh!