Lakukan 8 Cara Efektif Ini untuk Mengecilkan Lengan Atas

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Tidak jarang banyak orang yang kurang merasa percaya diri dengan bentuk lengannnya yang terlalu besar, sehingga mereka mencari cara mengecilkan lengan atas yang efektif.

Bentuk lengan yang besar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu penyebab utamanya adalah adanya penumpukan lemak berlebih yang terkonsentrasi di bagian lengan.

Lalu usaha apa yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan lengan atas? Yuk, baca terus artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya!

Penyebab Lengan Atas yang Berlemak

Penyebab Lengan Atas yang Berlemak - freepik.jpg

Perlu dipahami bahwa kondisi kelebihan berat badan akibat komposisi lemak berlebih tidak semata-mata terdistribusi di seluruh badan saja.

Dalam kasus tertentu, komposisi lemak berlebih juga dapat terjadi hanya di beberapa bagian tubuh tertentu, seperti bagian paha, bokong, perut, dan lengan.

Pada kasus lengan bagian atas, lemak dapat menumpuk karena berbagai macam penyebab. Apa saja itu? Yuk, intip penyebab-penyebabnya berikut ini:

1. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga merupakan salah satu penyebab umum yang membuat lengan bagian atas menyimpan lemak yang berlebih.

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik juga bisa membuat kekuatan dan massa otot pada lengan menjadi menurun.

Jika massa otot menurun, metabolisme tubuh akan ikut melambat yang pada gilirannya memengaruhi tubuh dalam menimbun lebih banyak lemak.

2. Pola Makan yang Tidak Seimbang

Pola makan yang tidak diatur secara tepat, terutama untuk konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula dapat menyebabkan tubuh menyerap kalori daripada yang dibutuhkan.

Jika kebiasaan pola makan yang tidak seimbang ini tidak diubah, kadar insulin dalam tubuh akan mengalami peningkatan.

Insulin yang tinggi dapat memicu penumpukan lemak di dalam tubuh, termasuk di area lengan yang akan membuat lengan terlihat besar.

3. Kurangnya Waktu Tidur

Tidak jarang banyak orang yang menyepelekan manfaat tidur yang cukup. Padahal, kurangnya waktu tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah mengganggu sistem metabolisme.

Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon yang berperan memengaruhi respon tubuh terhadap stress dan penyimpanan lemak di beberapa area tubuh.

8 Jenis Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Lengan Atas

Seperti yang telah disinggung, salah satu cara mengecilkan lengan atas adalah dengan berolahraga. Berikut adalah gerakan-gerakan olahraga yang patut untuk dicoba:

1. Push Up

Push Up - freepik.jpg

Gerakan push up yang dilakukan secara konsisten dapat membantu mengurangi lemak yang menumpuk di bagian lengan, sehingga membuatnya nampak lebih ramping.

Alasannya, karena gerakan push up melibatkan otot tricep, yaitu otot yang terletak di bagian atas lengan belakang dan samping.

Push up juga termasuk bentuk latihan yang melibatkan banyak otot di dalam gerakannya, membuatnya sangat efektif untuk membakar sejumlah besar kalori khususnya bagian lengan.

2. Plank

Ketika melakukan plank, tubuhmu akan ditopang oleh bahu dan lengan, yang pada gilirannya otot-otot di area tersebut akan bekerja untuk menahan berat badan.

Keterlibatan otot-otot di atas akan mendorong pengeluaran energi melalui proses pembakaran kalori.

Jika dilakukan secara rutin, plank dapat membantu mengecilkan lengan sekaligus baik untuk pengelolaan berat badan.

3. Tricep Dips

Tricep dips adalah gerakan yang ditujukan untuk melatih kekuatan otot triceps, sehingga efektif untuk meningkatkan kekencangan otot dan mengurangi tampilan lengan yang terlihat lembek.

Gerakan ini juga cukup sederhana untuk dilakukan, yaitu dengan posisi duduk sembari lengan diletakkan di belakang tubuh untuk menopang berat badan.

4. Bicep Curls

Bicep Curls - freepik.jpg

Berbeda dengan tricep, bicep merupakan otot yang terletak di bagian depan lengan atas. Untuk melatih otot bicep, dapat dilakukan melalui gerakan olahraga yang disebut sebagai bicep curls.

Bicep curls sendiri merupakan latihan angkat beban yang menggunakan alat seperti dumbell atau barbell, latihan ini menargetkan otot biceps secara langsung sehingga efektif untuk mengecilkan lengan.

5. Bench Dip

Sesuai namanya, bench dip adalah jenis gerakan olahraga yang ditujukan untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dengan bantuan bangku atau kursi.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengkombinasikan gerakan bench dip dengan program latihan kardiovaskular sehingga kalori dalam tubuh dapat dibakar dengan lebih optimal.

6. Scissors

Dapat dilakukan tanpa menggunakan alat bantu, scissors merupakan gerakan dengan gestur tubuh menggunting yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh jika dilakukan dengan intensitas yang cukup.

Scissors bisa membantu membentuk lengan menjadi lebih proporsional, karena otot-otot lengan yang aktif selama latihan akan mempercepat pembakaran kalori.

7. Arm Slide

Arm Slide - freepik.jpg

Gerakan arm slide merupakan salah satu bentuk latihan yang sangat efektif untuk mengaktifkan otot-otot tricep.

Selain untuk melatih kekuatan, arm slide juga cocok untuk meningkatkan stabilitas, koordinasi, dan keseimbangan tubuh.

Alat yang digunakan untuk melakukan arm slide juga cukup sederhana, kamu dapat menggunakan roller atau serbet untuk memudahkan tangan bergeser saat latihan.

8. Arm Circles

Meskipun sederhana, arm circles dapat menjadi cara untuk melatih otot di bagian bahu, tricep, dan bicep, lho!

Arm circles sendiri adalah gerakan memutarkan kedua tangan yang direntangkan membentuk lingkaran kecil.

Jika dilakukan secara rutin, arm circles dapat membantu mengurangi penumpukan lemak berlebih di area lengan.

Kesimpulan

Demikian adalah cara mengecilkan lengan atas, lakukan secara secara tepat dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk memerhatikan pola makan dan mencukupi waktu tidur agar semua usahamu dapat terbayar.

Jika kamu ingin mendapatkan pendampingan selama berolahraga, bergabung dengan FIT HUB adalah solusinya.

Di FIT HUB, ada personal trainer profesional yang siap untuk membantu usahamu dalam mengecilkan lengan bagian atas.

Yuk, bergabung dengan FIT HUB! Coba sekarang program free trial-nya.