11 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Untuk merasakan manfaat tidur secara maksimal, kamu harus tidur minimal 7 jam setiap harinya. Menurut Healthline, tidur yang cukup akan melengkapi gaya hidup sehat lain seperti diet, konsumsi makanan bernutrisi, hingga olahraga.

Tidur selalu dipercaya menjadi “obat” mengatasi kelelahan, kekesalan, dan bahkan kesedihan. Manfaat yang ditimbulkan dari tidur 7-8 jam pun berkaitan pada kesehatan fisik dan mental.

Bayangkan saja, hanya lewat tidur cukup, kamu dapat meningkatkan kualitas hidup. Lantas, apa saja manfaat tidur cukup untuk kesehatanmu? Yuk, temukan jawabannya di artikel berikut ini!

Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan

1. Membantu proses diet

Sebuah studi pada 2020 tentang hubungan durasi tidur dan berat badan yang diterbitkan di PubMed menemukan bahwa tidur 7-8 jam akan menurunkan risiko obesitas. Studi tersebut menyebut bahwa kamu yang kekurangan dan kesulitan tidur berpotensi untuk memproduksi hormon ghrelin.

Hormon tersebut dipercaya jadi salah satu penyebab rasa lapar pada malam hari. Dengan meningkatnya kadar hormon tersebut, kamu akan lebih sulit mengontrol rasa lapar di tengah malam. Makanya, untuk kamu yang sedang dalam proses diet, wajib hukumnya untuk tidur minimal 7 jam setiap harinya.

2. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas -freepik.jpg

Dengan tidur 7-8 jam setiap harinya, kamu akan bangun dengan kondisi yang lebih segar. Otak pun akan terasa “diperbarui” dan siap menerima informasi baru.

Hal tersebut tentunya berkaitan dengan kemampuanmu berkonsentrasi dan beraktivitas. Dengan otak yang segar, kemampuan untuk memecahkan masalah serta membuat keputusan juga meningkat.

3. Meningkatkan performa latihan

Tidur yang cukup adalah kunci dari pemulihan tubuh setelah aktivitas seharian. Sleep Foundation menyebut bahwa kamu yang aktif berolahraga harus punya waktu yang cukup untuk pemulihan setelah latihan.

Saat berolahraga, otot dan beberapa bagian tubuh kamu mungkin cedera ringan akibat gerakan baru atau beban yang bertambah. Maka dari itu, manfaat tidur 7-8 jam adalah kamu memberikan waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan hingga 100%.

Dengan badan yang segar setelah tidur cukup, kamu akan punya energi baru untuk beraktivitas. Kamu akan merasakan perubahan saat berolahraga seperti lebih kuat, tahan lama, beban yang diangkat bertambah, hingga napas semakin teratur.

4. Meningkatkan imun tubuh

Berkaitan dengan kesehatan tubuh yang meningkat, kamu juga akan jarang sakit. Imun tubuh diproduksi selama proses pemulihan tubuh saat tidur pulas. Bertambahnya imun tubuh inilah yang akan membuat kamu segar saat bangun di pagi hari.

Melansir Institusi Jantung, Paru-paru, dan Darah (NHLBI) di Amerika Serikat, selama tidur tubuh akan memproduksi cytokines yang membantu sistem imun tubuh menghadapi infeksi atau penyakit. Apabila tidurmu kurang, imun tubuh tidak akan bisa melindungimu dari penyakit meskipun paparannya kecil.

5. Membuat mood bagus

membuat mood bagus.jpg

Jadwal tidur yang teratur serta durasi 7-8 jam akan memengaruhi mood atau perasaan di pagi hari. Kamu pasti pernah merasa kesal atau mudah marah setelah kekurangan tidur di malam sebelumnya.

Perasaan kepada semua orang dan aktivitas jadi tidak menyenangkan. Kamu jadi mudah tersinggung hingga marah-marah. Hal tersebut diakibatkan dari kurang tidur.

Makanya, dengan tidur cukup, manfaat yang kamu rasakan tidak hanya pada fisik, tapi juga pada pikiran.

6. Menjaga kondisi mental

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kurang tidur dipercaya dapat mendorong stres, depresi, hingga kecemasan. Hal tersebut tentunya akan membuat kehidupan sehari-harimu terganggu. Ketika kamu tidur, otak akan beristirahat dan memproses semua memori atau pengalaman yang terjadi selama satu hari.

Ketika otak memproses hal tersebut dengan tepat, kamu akan bangun dengan energi dan pikiran yang lebih segar. Kamu juga tidak akan merasa kesal dan marah seperti hari sebelumnya.

7. Mengurangi stres

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidur dipercaya jadi “obat” untuk mengurangi stres. Selama tidur, otak akan berusaha keras untuk membantu tubuhmu rileks. Proses tersebut termasuk melepas rasa stres yang dirasakan seharian.

8. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung - freepik.jpg

Saat tidur, detak jantungmu juga akan menurun. Dengan tidur 7-8 jam setiap malam, kamu akan membantu jantung untuk berdetak secara normal. Terlebih, setelah stres pada pagi hingga sore hari.

Berkaitan dengan pemaparan di poin tujuh, otak akan membantu tubuh rileks. Hal tersebut juga membantu jantung serta otot sepanjang tubuhmu lebih tenang. Aliran darah pada jantung akan jadi lebih tenang. Dengan begitu, kesehatan sistem peredaran darahmu juga akan terjaga.

9. Menjaga peredaran gula darah

Mengutip CDC, tidur juga akan berdampak pada produksi hormon insulin. Hormon tersebutlah yang membantu gula darah untuk masuk dalam sel-sel tubuhmu. Gula darah akan dimanfaatkan sel tubuh untuk menghasilkan energi baru.

Maka, tidur 7-8 jam memberikan kesempatan bagi peredaran gula darah dan sel-sel tubuh untuk menggunakannya. Tidak heran, kamu akan merasa energi baru yang membantu aktivitas di hari berikutnya.

10. Meningkatkan fungsi otak

Seperti yang telah kami paparkan sebelumnya, otak butuh istirahat dan selama tidur akan membantu tubuh lebih rileks. Tak hanya dipakai di siang hari, otak memainkan peran penting dalam menjalankan peredaran darah serta sel-sel dalam tubuhmu.

11. Mendukung metabolisme

Tidur cukup, makanan bernutrisi, banyak minum air putih, dan olahraga teratur akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan kombinasi tersebut, badan punya waktu serta sumber daya untuk mendorong metabolisme tubuh. Nantinya akan berdampak pada berat badan dan energi yang diproduksi.

Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Pusat informasi kesehatan Amerika Serikat menjabarkan penyebab kamu susah tidur:

  • stres dan kecemasan
  • sakit atau luka
  • masalah kesehatan seperti asma dan GERD
  • pengaruh kafein dan obat-obatan
  • sleep apnea dan insomnia

Untuk mengatasinya, coba lakukan beberapa hal berikut:

  • Mengubah kebiasaan dan jadwal kegiatanmu, contohnya ganti jadwal olahragamu dari setelah kerja jadi sebelum berangkat kerja.
  • Membuat suasana tidur yang nyaman buatmu, contohnya kamar yang gelap dan dingin dengan kasur empuk.
  • Buat dan jalani jadwal tidur rutin, contohnya tidur jam 10 malam setiap hari, maka hindari paparan smartphone 30 menit sebelum tidur.

Kesimpulan Mungkin kualitas tidur masing-masing orang berbeda, tapi setidaknya coba untuk memaksimalkan tidur selama durasi yang dianjurkan.

Tidur yang cukup, selama 7-8 jam akan memberikan manfaat bagi fisik dan mental. Manfaat tersebut juga akan semakin maksimal dengan dukungan asupan nutrisi yang tepat dan olahraga teratur.

Yuk, lengkapi usahamu untuk punya gaya hidup sehat dengan olahraga di FIT HUB! Saat ini ada penawaran khusus untuk kamu berupa free trial di pusat kebugaran FIT HUB yang cabangnya ada di banyak kota.

Selama free trial, kamu bisa konsultasikan kebutuhan olahragamu dengan membership consultant kami.

Tertarik? Klaim free trial-mu sekarang pada di link ini.