Apa Itu Gerakan Squat dan Cara Melakukannya dengan Benar

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Masih banyak orang yang mengabaikan gerakan squat saat datang ke gym. Gerakan dasar yang sederhana ini punya banyak manfaat untuk membantu mengencangkan otot tubuh bagian bawah.

Di samping itu, memasukkan gerakan squat dalam menu latihan di gym juga bisa menurunkan risiko cedera pada paha, panggul, dan kaki. Squat juga bisa membantu tubuh lebih nyaman saat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti berjalan, naik tangga, dan mengangkat beban. Nah, sudah tahu tentang squat dan cara melakukannya belum?

Mengenal Gerakan Squat

Mengenal Gerakan Squat - freepik.jpg

Squat adalah gerakan mendorong tubuh bagian atas ke bawah dengan menurunkan bagian panggul ke bagian belakang kaki. Gerakan ini akan berfokus pada tubuh bagian bawah, seperti kaki, paha, panggul, dan punggung bagian bawah.

Sangat disarankan melakukan squat saat melakukan gerakan pemanasan. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak otot yang terlatih hanya dalam satu gerakan sederhana saja. Hal ini yang membuat waktu olahraga menjadi lebih cepat sehingga kamu bisa melakukan lebih banyak latihan otot lainnya.

Gerakan ini akan melatih banyak otot dalam setiap gerakannya. Berikut semua otot yang bisa kamu latih dengan squat.

  • Paha depan (quads)
  • Paha belakang (hamstring)
  • Bokong (glutes)
  • Otot inti (core)
  • Betis (calves)

Jika menambahkan beban saat melakukannya, kamu bisa melatih otot bahu dan bisep.

Cara Melakukan Squat yang Benar

Cara Melakukan Squat yang Benar - freepik.jpg

Melakukan gerakan dengan benar bisa menurunkan risiko cedera atau nyeri pada bagian punggung bawah. Gerakan squat yang benar juga tidak membuat lutut terbebani dan menjadi sakit. Berikut cara melakukan squat yang benar.

  1. Mulai dengan berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu
  2. Pertahankan posisi dada ke arah depan dan otot core dikunci
  3. Turunkan badan dengan mendorong bagian bokong ke arah bawah seperti akan duduk
  4. Tetap jaga mata dan dada untuk terus menghadap ke depan
  5. Cobalah untuk membuat paha sejajar dengan bokong atau bokong yang lebih rendah
  6. Saat tubuh sedang turun, tangan bisa berada di depan dada atau lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan
  7. Angkat kembali tubuh kembali ke posisi semula
  8. Ulangi gerakan di atas.

Cara Tahu Gerakan Squat yang Dilakukan Sudah Benar

Cara Tahu Gerakan Squat yang Dilakukan Sudah Benar - freepik.jpg

Meminta personal trainer atau orang lain untuk mengoreksi gerakan squat memang jadi jalan yang paling mudah. Namun, kamu tetap bisa menilai sendiri gerakan yang dilakukan sudah tepat atau belum. Berikut cara mengetahui gerakan squat yang dilakukan sudah tepat.

  1. Posisi kaki sudah cukup nyaman dan tidak berubah atau bergeser saat melakukan gerakan squat.
  2. Bagian dada tetap terbuka dan punggung cukup lurus sehingga tidak muncul rasa tidak nyaman di bagian punggung dan pinggang
  3. Lutut tidak menekuk dan maju melebihi ujung kaki sehingga memunculkan rasa nyeri saat melakukannya.
  4. Kamu bisa membuat paha sejajar dengan bokong untuk di awal gerakan dan membuatnya lebih rendah lagi di gerakan berikutnya.
  5. Kamu merasa sudah melatih otot yang benar dengan munculnya sensasi pada bagian paha, bokong, perut, dan punggung.

Variasi Gerakan Squat

Variasi Gerakan Squat - freepik.jpg

Kamu bisa melakukan gerakan squat dengan memanfaatkan bobot tubuh saja. Di sisi lain, ada banyak variasi yang bisa dilakukan dalam latihan yang satu ini. Kamu hanya perlu memilih variasi gerakan yang paling sesuai dengan target yang ingin disasar.

Sebagai contoh, kamu bisa melebarkan kaki dalam posisi awal squat. Bisa juga mencoba dengan menurunkan badan lebih dalam dari biasanya. Langkah ini membuat kamu bisa menyasar otot yang lebih luas lagi.

Variasi yang juga bisa dilakukan adalah menambah beban saat melakukan gerakan squat. Kamu bisa membawa dumbbell, barbell, atau kettlebell saat melakukan squat.

Kesimpulan

Squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang bisa bermanfaat untuk menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah. Cara melakukannya juga sangat mudah dan ada banyak variasi latihannya. Jadi, kamu tidak bosan saat melakukan gerakan squat, deh.

Nah, kamu yang mau melakukan gerakan squat dengan tambahan beban, bisa banget langsung datang ke gym. Daftar dulu jadi member FIT HUB yang bisa kasih pilihan harga paket gym yang terjangkau. Sudah gitu, alat-alatnya juga lengkap banget!