Apa Itu Hatha Yoga, Arti, Cara Melakukan dan Manfaatnya bagi Tubuh

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Hatha yoga bisa dikatakan sebagai jenis yoga yang sangat populer dan menjadi payung dari jenis-jenis yoga lainnya.

Saat kamu mengikuti kelas yoga, bukan tidak mungkin sebenarnya kamu sudah mempraktikkan Hatha yoga, namun tidak menyadarinya.

Memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental, tidak ada salahnya jika kamu mulai tertarik untuk mengikuti kelas Hatha yoga.

Yuk, pelajari lebih dalam terkait Hatha yoga, apa saja yang dipelajari dan manfaatnya untuk tubuh kamu. Simak sampai selesai penjelasan di bawah ini, ya!

Apa Itu Hatha Yoga?

apa itu Hatha Yoga - freepik.jpg

Dikutip dari Business Insider, kata Hatha berarti "discipline of force" atau disiplin dalam kekuatan dalam bahasa Sansekerta. Tujuan dari Hatha yoga sendiri adalah memperkuat otot dan membentuk koneksi yang baik dengan tubuh kamu.

Selain istilah "discipline of force" Hatha juga memiliki arti yang berbeda. Menurut Shape, berdasarkan praktik Hatha pada tahun 1200 sebelum masehi, kata 'Hatha' dipenggal menjadi dua bagian kata yaitu 'Ha' yang berarti sun atau matahari dan ‘Ta’ yang berarti moon atau bulan.

Kemudian kata 'yoga' adalah padanan kata dari 'yug' yang berarti union atau bersatu. Sehingga Hatha yoga dapat diartikan sebagai yoga yang mengutamakan keseimbangan energi antara matahari dan bulan (sun and moon) atau siang dan malam.

Pada intinya, Hatha yoga adalah latihan yoga yang menyeimbangkan postur fisik (asanas) dengan menggunakan teknik pernapasan (pranayama).

Jika kamu merasa memang seperti itulah latihan yoga, benar adanya bahwa Hatha yoga adalah payung dari latihan yoga lainnya dengan postur-postur umum seperti child's pose.

Latihan dan Gerakan dalam Hatha Yoga

Latihan dan Gerakan dalam Hatha Yoga - freepik.jpg

Menurut Neha Gote, PhD, Direktur dari Exercise Psychology Lab di Universitas Illinois, Hatha yoga terdiri dari tiga latihan utama, yaitu:

- Postur tubuh (asanas).

- Teknik pernapasan (pranayama).

- Relaksasi dan meditasi (dyana).

Jika dilihat dari definisinya yang bertujuan untuk menyeimbangkan, berbagai bentuk postur fisik dalam yoga setidaknya memiliki pondasi Hatha di dalamnya.

Dilansir Ekhart Yoga postur utama dari Hatha yoga dalam The Hatha Yoga Pradipika terdiri dari 15 postur fisik. Lalu, 7 di antaranya adalah duduk dan 8 gerakan tidak duduk, serta penggabungan postur-postur tambahan yang berjumlah 84 asana (duduk meditasi).

Jika kamu mengikuti kelas Hatha yoga saat ini, beberapa gerakan berikut adalah yang paling mungkin kamu temui:

Vinyasa: vinyasa adalah gerakan yang menekankan transisi di antara gerakan-gerakan asana. Yin: yin adalah gerakan yoga yang slow-paced atau bertempo lambat, kamu akan menahan gerakan ini selama 45 detik sampai 5 menit untuk mendorong peregangan yang jauh ke dalam jaringan otot. Ashtanga: ashtanga adalah gerakan yoga yang melibatkan serangkaian pose tertentu dan memerlukan lebih banyak kekuatan dan fleksibilitas. Power: gerakan yoga ini berasal dari gerakan ashtanga. Power menekankan pembentukan postur tubuh tingkat lanjutan, serta mengencangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Inyegar: gaya yoga Hatha ini berfokus pada ketepatan dan keselarasan saat melakukan gerakan-gerakan yoga lainnya.

Alat yang Dibutuhkan untuk Hatha Yoga

Alat yang Dibutuhkan untuk Hatha Yoga - freepik.jpg

Peralatan untuk Hatha yoga tidak akan sama pada setiap orang atau kelas karena bergantung dengan kebutuhan.

Jika kamu mengikuti kelas yoga, biasanya studio akan menyediakan peralatan selama sesi berlangsung. Namun, jika kamu ingin membeli peralatan yoga sendiri untuk praktik di rumah, berikut adalah peralatan yang mungkin kamu butuhkan untuk Hatha yoga:

Yoga mat/matras yoga: secara umum, kamu tentu membutuhkan matras yoga sebagai peralatan sebelum memulai latihan. Standar matras yoga biasanya memiliki tebal 1/8 inch atau 3 mm dengan tekstur yang sedikit grippy agar kamu tidak mudah terpeleset saat melakukan gerakan yoga.

Yoga blok: jika kamu masih kesulitan menyentuh matras/lantai pada saat melakukan gerakan tertentu seperti triangle pose, kamu bisa menggunakan yoga blok. Yoga blok akan membantu peregangan tanpa menyakiti tulang belakangmu.

Yoga strap: yoga strap dapat membantu kamu untuk memberi ruang di antara bahu agar peregangan terasa lebih baik saat kamu yoga.

Yoga blanket: yoga blanket atau juga disebut cushion ini bisa digunakan untuk mendukung kamu saat melakukan gerakan-gerakan duduk atau yang menyentuh lantai seperti butterfly pose.

Manfaat Hatha Yoga untuk Tubuh

Manfaat Hatha Yoga untuk Tubuh - freepik.jpg

Manfaat Hatha yoga bagi tubuh kamu bukan hanya lebih rileks karena gerakan-gerakan peregangan. Lebih dari itu, manfaat Hatha yoga juga termasuk membantu pencernaan hingga meningkatkan fleksibilitas.

Sebuah studi juga menyebutkan bahwa melakukan Hatha Yoga tiga kali dalam seminggu akan membantu meningkatkan kekuatan otot juga fleksibilitas untuk wanita paruh baya, lho.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Hatha yoga yang baik untuk kesehatan kamu:

1. Memperkuat Otot Inti

Gerakan Hatha yoga seperti plank dan warrior pose akan membantu kamu untuk memperkuat otot inti atau core muscles termasuk otot-otot perut, panggul, dan punggung.

Otot inti yang kuat ini sangat penting untuk tubuh karena memengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah nyeri di punggung bawah, meningkatkan keseimbangan, dan membuat kamu tidak mudah terkena cedera otot.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Hatha yoga membantu kamu mengurangi level kortisol dalam tubuh, yaitu hormon yang berpengaruh pada siklus tidur.

Kortisol yang terlalu rendah adalah tanda bahwa tubuh kamu membutuhkan tidur. Jadi, dengan melakukan Hatha yoga sebelum tidur akan membantu kamu tidur lebih cepat.

Beberapa ahli mengatakan bahwa yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur karena terkait dengan meditasi juga latihan pernapasan sehingga tubuh lebih rileks.

3. Membantu Mengatasi Gejala Depresi

Para ahli mengatakan bahwa Hatha yoga dapat membantu meringankan gejala depresi karena yoga memengaruhi neurotransmitter di otak dengan cara yang sama dengan antidepresan.

Contohnya, yoga dapat meningkatkan level neurotransmitter seperti serotonin dan gamma-aminobutyric acid (GABA) di otak. GABA berfungsi untuk menenangkan gejala gugup juga cemas yang biasanya timbul dan membantu meregulasi emosi.

4. Membantu Manajemen Stres

Hatha yoga membantu kamu merasa lebih rileks dan menenangkan rasa stres. Sebuah studi pada tahun 2017 menjelaskan bahwa orang-orang yang melakukan Hatha yoga sebelum melakukan sebuah tugas berat memiliki level kortisol dan tekanan darah lebih rendah dibandingkan yang tidak yoga.

Kesimpulan

Hatha yoga adalah payung dari gerakan-gerakan dan latihan yoga yang biasa kamu temui. Fokus pada pernapasan dan keseimbangan tubuh, Hatha yoga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulai dari manfaat fisik.

Misalnya untuk memperkuat inti otot hingga manfaat kesehatan seperti meningkatkan kualitas tidur, mengatasi stres, dan mengurangi gejala depresi.

Tertarik untuk mulai yoga? Kamu bisa daftarkan diri menjadi member FIT HUB agar bisa menikmati fasilitas olahraga yang dibutuhkan dan mengikuti berbagai macam kelas yoga yang sesuai dengan kebutuhan kamu.