4 Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari yang Efektif dan Aman Dicoba

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Olahraga lari tidak hanya berbicara tentang kekuatan dan ketahanan fisik, tetapi juga tentang latihan untuk meningkatkan kecepatan lari.

Dengan latihan untuk meningkatkan kecepatan lari yang tepat, kamu bisa membuka potensi penuh dirimu. Jika kamu siap untuk latihan untuk meningkatkan kecepatan lari, kamu berada di tempat yang tepat!

Di artikel ini, kita akan membahas tentang apa saja jenis latihan yang bisa dicoba agar dapat menjadi pelari yang lebih cepat.

Cara Meningkatkan Kecepatan Lari

Cara Meningkatkan Kecepatan Lari - freepik.jpg

Untuk meraih tujuan dalam meningkatkan kecepatan lari, diperlukan latihan yang tepat. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Lari Lebih Sering

Berlatih lari secara teratur adalah kunci untuk agar kamu bisa berlari lebih cepat. Jika kamu biasanya berlari 1-2 kali dalam seminggu, mulailah untuk berlari menjadi 3-4 kali dalam seminggu.

Meningkatkan jarak tempuh dan intensitas lari mingguan akan membantu dalam latihan untuk meningkatkan kecepatan lari secara lebih komprehensif.

Usahakan untuk konsisten dalam melakukan latihan setiap minggunya. Apabila cuaca tidak mendukung, maka manfaatkan fasilitas treadmill untuk berlatih di dalam ruangan. Semakin terlatih tubuh untuk dibiasakan berlari, maka semakin baik untuk peningkatan performa larimu.

Variasikan juga jarak dan intensitas latihan agar tidak monoton. Hal ini juga baik agar porsi latihan dapat disesuaikan dengan preferensi dan kemampuan fisik.

2. Sempurnakan Postur saat Berlari

Postur tubuh yang tepat selama berlari dapat membantu mengurangi cedera.

Selain itu, dengan postur yang tepat juga berfungsi agar lari dapat dilakukan secara lebih efisien. Oleh sebab itu, hindari gestur-gestur berlebihan yang justru dapat menghambat potensi fisik untuk dikerahkan secara maksimal.

Kemampuan diri untuk mempertahankan postur tubuh yang ideal selama latihan untuk meningkatkan kecepatan lari sangat bergantung pada beberapa faktor. Contohnya, jarak lari, bentuk atau tipe tubuh, cedera, hingga kendala fisik lain yang mungkin dialami.

Fokuslah untuk menjaga postur tetap tegak dan rileks dengan sedikit condong ke depan. Hindari melangkah dan mengangkat kaki secara berlebihan. Jaga ayunan lengan secara alami pada sudut 90 derajat.

3. Lakukan Beberapa Sesi Latihan Kecepatan

Melakukan beberapa sesi latihan untuk meningkatkan kecepatan lari bisa melatih tubuhmu beradaptasi dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Jika kamu berniat melatih tubuhmu agar dapat berlari lebih cepat dan lama, kamu bisa mencoba latihan kecepatan dengan intensitas lari yang tinggi dengan durasi yang lebih lama.

Salah satu cara paling efektif adalah dengan mempertimbangkan beberapa latihan kecepatan.

Untuk memberikan penjelasan lebih lanjut, berikut adalah beberapa pilihan latihan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan lari menjadi lebih cepat:

1. Sprint

Sprint merupakan jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan lari berintensitas tinggi. Untuk melakukannya, diperlukan usaha yang besar untuk mengerahkan seluruh tenaga agar dapat berlari secepat mungkin dalam jarak dan waktu yang pendek.

Latihan sprint efektif untuk membangun otot-otot pada kaki, di antaranya adalah otot quadricep, hamstring, betis, dan glutes yang semuanya esensial untuk menambah daya dan kecepatan lari.

2. Lari Interval

Secara umum, lari interval dipahami sebagai metode lari yang menggabungkan antara intensitas lari yang tinggi dan rendah dalam periode waktu tertentu.

Jika dilakukan secara rutin, metode lari yang mengandalkan pergantian dari lari cepat ke lambat, maupun sebaliknya ini sangat bermanfaat. Sebagai contoh, untuk meningkatkan kekuatan, stamina, dan meningkatkan kecepatan berlari secara signifikan.

3. Hill Training

Untuk kamu yang ingin mencoba jenis latihan yang lebih menantang, melakukan latihan dengan menaiki dan menuruni bukit adalah opsi yang tepat.

Beban yang harus ditopang oleh kaki juga akan terasa lebih berat ketika lari naik turun bukit dilakukan secara berulang.

Latihan ini sangat sangat baik untuk membangun basis ketahan otot dan fleksibilitas sendi yang berdampak pada kecepatan lari yang meningkat.

4. Perkuat Otot Inti dan Kaki

Otot inti dan otot kaki yang kuat adalah faktor yang sangat penting untuk menunjang kecepatan berlari menjadi lebih optimal.

Latihan otot inti atau juga disebut sebagai core exercise merupakan bentuk latihan yang berfokus pada penguatan otot-otot pada inti tubuh. Contohnya, otot perut, otot bagian bawah dada, sekitar panggul, dan punggung.

Kuatnya otot inti dan kaki sangat berpengaruh pada kemampuan fisik untuk mempertahankan postur, fleksibilitas, keseimbangan, dan tentunya kecepatan pada saat berlari.

Beberapa jenis latihan yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat otot inti adalah plank, sit-up, russian twist, quadruped, hingga reverse curl.

Sementara itu, untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan kaki, kamu bisa melakukan beberapa gerakan seperti squat, step-up, bridge, deadlift, hingga leg press.

Tips Meningkatkan Kecepatan Lari

Tips Meningkatkan Kecepatan Lari - freepik.jpg

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya usaha yang kamu lakukan dapat berjalan secara maksimal. Ingat untuk selalu percaya pada kemampuan diri dan yakin pada potensi yang kamu miliki.

1. Tetap Konsisten dan Bersabar

Bagi sebagian orang, untuk memiliki kemampuan berlari cepat mungkin akan terasa berat dan penuh dengan tantangan.

Sebuah kemajuan membutuhkan waktu, oleh karena itu dibutuhkan kemampuan fisik dan mental yang matang agar kamu dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, meningkatkan kecepatan lari tentu juga membutuhkan kesabaran dan juga dedikasi. Usahakan untuk tetap konsisten dengan latihan yang sedang kamu jalani dan pertahankan pola pikir yang positif.

2. Prioritaskan Pemulihan dan Istirahat yang Cukup

Jangan berasumsi bahwa melakukan latihan lari setiap harinya akan secara otomatis membuatmu berlari lebih kencang. Berikan kesempatan bagi tubuh untuk pulih.

Untuk mempercepat kemampuan transisi tubuh agar dapat pulih lebih cepat, lakukan gerakan cooling down seperti peregangan statis secara rutin setelah latihan.

Selama masa recovery, tubuhmu akan memiliki waktu untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot yang rusak. Hal ini juga termasuk mengisi kembali simpanan energi, serta mencegah terjadinya cedera sehingga kamu bisa melakukan latihan secara berkelanjutan.

Di sisi lain, kamu juga harus memperhatikan waktu istirahat setiap harinya. Pastikan bahwa kamu mencukupi waktu tidur minimal 7 jam setiap harinya.

3. Buat dan Ikuti Rencana Latihan

Untuk mempermudah mengelola rutinitas latihanmu, atur rencana dan tujuan latihan secara detail dan jelas. Dengan begitu, kamu bisa dengan lebih mudah mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Menetapkan tujuan yang jelas sangatlah penting untuk membuatmu tetap termotivasi. Selain itu, kamu juga bisa menjadi lebih konsisten, fokus, dan memastikan untuk tetap berada pada jalur yang tepat.

Penting juga untukmu agar menetapkan rencana latihan yang realistis, karena bagaimanapun sebuah kemajuan membutuhkan waktu.

Pahami kemampuan fisik yang kamu miliki, lalu mulai dengan meningkatkan program latihan secara bertahap sembari disesuaikan dengan preferensi dan tujuan yang telah kamu tentukan.

4. Cukupi Asupan Nutrisi

Seperti yang diketahui, latihan secara teratur bukanlah satu-satunya faktor yang mendorongmu untuk meningkatkan kecepatan lari. Namun ini juga ditopang dengan nutrisi yang diserap oleh tubuh.

Mencukupi asupan nutrisi yang tepat sangat penting dalam mendukung latihan untuk meningkatkan kecepatan lari.

Oleh karena itu, mencukupi asupan nutrisi dan pemilihan nutrisi yang tepat punya peran vital untuk memaksimalkan kinerja dalam berlari. Untuk hasil yang maksimal, batasi konsumsi junk food seperti soda, teh manis, gorengan, dan jenis-jenis makanan instan lainnya.

Mulai untuk mengonsumsi makanan menyehatkan dan bergizi seimbang yang kaya akan protein rendah lemak. Contohnya meliputi biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan, yogurt, dan ikan laut seperti tuna.

Kesimpulan

Meningkatkan kemampuan fisik sebagai salah satu cara latihan untuk meningkatkan kecepatan lari memang dapat menjadi sebuah tantangan yang tidak selalu mudah untuk dilakukan.

Maka dari itu, konsistensi dan kesabaran adalah kuncinya. Berikan tubuh waktu untuk beradaptasi dan berprogres secara alami.

Selain itu, jangan segan untuk mencari dan mendapatkan bimbingan dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Karena mereka dapat memberikan tips dan saran yang berguna untuk memaksimalkan usaha yang kamu lakukan.

Di FIT HUB, kamu bisa mendapat bimbingan dari personal trainer profesional, lho! Tentunya ini merupakan kabar baik untuk kamu yang sedang berusaha meningkatkan kecepatan lari.

FIT HUB juga menyediakan berbagai fasilitas dan peralatan lengkap untuk membantu mencapai berbagai tujuan fitnessmu.

Buruan daftar sekarang juga untuk menikmati layanan gym premium di FIT HUB. Klik di sini untuk mencoba program free trial dari FIT HUB.