Kenali Penyebab Lutut Sakit saat Ditekuk dan Cara Mengobati yang Tepat

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Pernah merasakan lutut sakit saat ditekuk? Jika iya, ada kemungkinan bahwa kamu mengalami cedera atau memiliki masalah kesehatan lainnya, lho.

Tergantung dengan seberapa besar dan parah rasa sakitnya, jika terjadi terus menerus, rasa sakit saat lutut ditekuk tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Walaupun gejalanya ini umum dirasakan, penyebabnya sangat beragam. Hal itulah yang harus kamu pahami terlebih dulu sebelum mengobatinya.

Nah, agar kamu lebih paham, yuk simak penyebab lutut sakit saat ditekuk dan bagaimana cara mengobatinya yang tepat di bawah ini!

Apa Itu Knee Pain atau Sakit pada Lutut?

Dikutip Cleveland Clinic knee pain atau rasa sakit pada lutut adalah rasa tidak nyaman atau nyeri yang kamu rasakan pada bagian lutut atau knee joint yang menjadi pertemuan dua tulang terutama saat ditekuk.

Lutut adalah pertemuan dua tulang yang paling besar pada tubuh kamu dan menghubungkan tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia).

Karena lutut adalah pertemuan tulang paling besar, maka ia juga menjadi bagian yang paling sering terluka atau cedera. Rasa sakit pada lutut dapat berlangsung sementara, jangka pendek, hingga bisa menjadi masalah kronis.

Penyebab Lutut Sakit saat Ditekuk

Penyebab Lutut Sakit saat Ditekuk - freepik.jpg

Lutut adalah salah satu bagian tubuh yang selalu digunakan. Contohnya, kegiatan sehari-hari tidak terlepas dari lutut yang menekuk karena gerakan ini memang diperlukan dalam keseharian. Misalnya saat kamu duduk atau naik tangga.

Jika kamu olahraga dengan rutin, menekuk lutut juga jadi bagian saat latihan seperti saat kamu melakukan squats dan lunges. Penggunaan inilah yang juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa lutut kamu bisa sakit saat ditekuk.

Ditambah lagi menurut Healthline pada area lutut juga terdapat ligamen, tendon, otot, dan tulang. Jika ada masalah dengan salah satu struktur ini, tentu kamu akan merasakan sakit atau nyeri saat lutut kamu ditekuk.

Berikut adalah beberapa penyebab umum rasa sakit saat lutut kamu ditekuk:

1. Terlalu Sering Digunakan

Salah satu penyebab rasa sakit saat lutut ditekuk adalah intensitas penggunaan yang terlalu berat dan sering.

Dalam keseharian, kamu pasti melakukan banyak aktivitas fisik, belum lagi ditambah dengan rutinitas olahraga. Aktivitas fisik tambahan seperti ini jika dilakukan terlalu sering bisa mengakibatkan stres pada knee joint. Itulah mengapa jadwal olahraga juga penting untuk kamu.

Contohnya, melakukan gerakan berulang yang menggunakan lutut seperti melompat secara terus menerus akan mengakibatkan rasa sakit di lutut kamu.

Banyak ahli juga menjelaskan bahwa rasa sakit saat lutut ditekuk adalah gejala umum dari intensitas penggunaan lutut yang terlalu sering. Beberapa gejala di antaranya:

- Patellofemoral pain (PFPS) atau biasa disebut juga runners knee.

- Osgood-Schlatter disease atau jumper's knee, hanya terjadi pada anak-anak dan remaja.

- Tendonitis yang mengakibatkan rasa sakit di bagian depan dan belakang lutut bahkan sampai paha.

- Bursitis yang berupa pembengkakan, panas, dan nyeri di bagian lutut.

2. Radang Sendi (Arthritis)

Arthritis menyebabkan rasa sakit karena peradangan pada bagian persendian kamu. Gejala arthritis ini berupa sakit di bagian lutut, bengkak, dan terasa kaku.

Ada beberapa gejala arthritis yang menyebabkan rasa sakit saat lutut ditekuk seperti osteoarthritis. Biasanya area lutut akan membengkak dan terasa sangat kaku sehingga akan terasa sakit saat ditekuk.

3. Cedera

Semua jenis cedera yang merusak atau sendi lutut dapat menyebabkan rasa sakit saat lutut ditekuk. Banyak jenis cedera lutut yang mengakibatkan rasa sakit ini, di antaranya:

- cedera otot di bagian knee joint

- cedera karena olahraga

- kecelakaan dan jatuh

- keseleo lutut

- kerusakan tulang

- dislokasi

Cara Mengobati dan Mengatasi Lutut Sakit saat Ditekuk

Cara Mengobati dan Mengatasi Lutut Sakit saat Ditekuk - freepik.jpg

Perlu diingat juga bahwa bagaimana cara mengobati dan mengatasi rasa sakit ini tergantung dengan tingkat keparahan rasa sakit dan gejala yang dirasakan.

Berikut adalah cara mengobati gejala lutut sakit saat ditekuk yang bisa kamu lakukan:

1. Perhatikan Aktivitasmu

Langkah pengobatan pertama yaitu dengan memperhatikan aktivitasmu sehari-hari dan mengubahnya.

Saat kamu beraktivitas, coba perhatikan aktivitas mana yang membuat lutut kamu sakit. Nah, jika sudah tahu gerakan apa yang membuat lutut sakit, cobalah untuk berhenti melakukannya sampai rasa sakitnya hilang.

Jika kamu tidak bisa menghentikannya secara langsung, cobalah untuk bergerak dengan lebih perlahan. Kamu juga bisa menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih low-impact.

2. Metode RICE

Metode RICE untuk mengobati lutut yang sakit yaitu Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Berikut adalah detail penggunaan metode RICE:

- Rest (istirahat): menghentikan sementara aktivitas berat yang menyebabkan rasa sakit timbul atau bertambah parah.

- Ice (kompres es): kamu bisa mengompres bagian yang sakit selama 15-20 menit setiap jam di hari pertama kamu merasakan sakit. Setelah satu hari berlalu dan masih terasa sakit, kamu bisa mengurangi durasinya menjadi 2-3 jam sekali. Gunakan kain atau ice pack untuk mengompresnya.

- Compression (kompresi): kompresi atau memberikan tekanan akan membantu mengurangi aliran darah ke lutut yang cedera dan mengurangi pembengkakan. Kamu bisa membalut lutut menggunakan bandage atau perban, namun pastikan tata caranya sesuai agar tetap aman.

- Elevation (posisi kaki diangkat): saat lutut sakit, pastikan posisi kaki selalu lebih tinggi. Kamu bisa gunakan bantal atau tatakan lain untuk mengangkat posisi kaki.

3. Pijat dan Latihan Lutut atau Knee Exercise

Kamu juga bisa melakukan pijat untuk mengobati lutut yang sakit saat ditekuk. Namun, cara ini akan lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh terapis.

Selain pijat, latihan lutut atau knee exercise juga sering dilakukan untuk mengatasi rasa sakit di lutut. Latihan ini termasuk penguatan otot-otot yang menopang lutut.

4. Perawatan Medis

Pengobatan selanjutnya yaitu medical treatment atau pengobatan medis. Saat rasa sakit lutut kamu sudah tidak bisa teratasi dengan cara-cara di atas, maka itu adalah tanda untuk menemui dokter.

Beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa kamu harus segera mendapatkan perawatan medis yaitu rasa sakit yang parah, tidak bisa menekuk lutut sama sekali, tidak bisa digerakkan, bengkak, dan demam.

Kesimpulan

Lutut sakit saat ditekuk adalah gejala yang umum terjadi jika kamu memiliki aktivitas fisik yang rutin. Memperhatikan aktivitas sehari-hari termasuk jadwal olahraga menjadi salah satu cara mencegah cedera juga membantu mengatasi terjadinya knee pain atau sakit di area lutut.

Nah, agar kamu tidak berakhir mendapatkan cedera lutut saat beraktivitas fisik seperti berolahraga, kamu bisa bergabung member FIT HUB dan menggunakan jasa PT sehingga olahraga lebih terarah dan menghindari cedera. Daftar sekarang, ya!