10 Rekomendasi Makanan untuk Cutting, Efektif Membentuk Tubuh Ideal

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Di samping rutin berolahraga, memerhatikan menu makanan untuk cutting juga diperlukan agar tujuan fitnessmu dapat tercapai secara lebih optimal.

Cutting sendiri merupakan istilah yang merujuk pada upaya mengelola berat badan dengan cara mengurangi lemak tubuh, sembari tetap mempertahankan dan mengoptimalkan massa otot.

Dalam usaha untuk membentuk tubuh yang ideal ini, tentu diperlukan asupan nutrisi yang cukup agar bentuk badan idealmu segera didapatkan.

Lantas makanan seperti apa yang cocok untuk dikonsumsi? Yuk, intip daftar menu makanan untuk cutting selengkapnya berikut ini.

10 Rekomendasi Menu Makanan untuk Cutting

Berikut adalah daftar menu makanan untuk cutting yang patut untuk dicoba:

1. Dada Ayam

Dada Ayam - freepik.jpg

Dada ayam merupakan bagian dari ayam yang sangat kaya akan protein namun mengandung lemak yang rendah.

Sebagai sumber protein berkualitas tinggi, dada ayam sangat cocok dijadikan santapan untuk program cutting.

Selain penting untuk memperbaiki dan membangun massa otot, protein dari dada ayam juga dapat membantu mengontrol nafsu makan dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Telur

Telur yang cenderung mudah didapat juga bisa jadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk mendukung program cutting, lho!

Di samping kaya akan kandungan protein, kamu juga dapat menerima manfaat dari kuning telur sebagai sumber Vitamin D alami yang baik untuk menjaga kesehatan otot.

Jika kamu tidak mau repot, cara paling sederhana dan menyehatkan dalam mengonsumsi telur yaitu dengan merebusnya. Dengan cara demikian, kamu dapat mengurangi komposisi lemak dalam tubuh.

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon - freepik.jpg

Untuk mencukupi kebutuhan asam lemak esensial, salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya yaitu dengan mengonsumsi ikan salmon.

Ikan salmon merupakan menu makanan untuk cutting yang sangat baik karena kaya akan kandungan protein dan omega 3.

Omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh yang menyehatkan sekaligus efektif untuk memangkas berat badan berlebih.

4. Olahan Tahu

Meskipun sederhana, ternyata tahu adalah salah satu makanan yang kaya akan berbagai jenis nutrisi yang penting untuk tubuh.

Makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai ini merupakan sumber protein, kalsium, serta asam amino esensial yang bermanfaat untuk menaikkan massa otot.

Ada berbagai jenis olahan tahu yang dapat dipilih, salah satunya adalah dengan cara menumis tahu menggunakan minyak zaitun, bawang putih, dan saus tiram yang dijamin nikmat untuk disantap.

5. Ikan Tuna

Ikan Tuna - freepik.jpg

Selain salmon, jenis ikan berikutnya yang juga tak kalah menyehatkan sebagai sumber nutrisi yang baik untuk cutting adalah ikan tuna.

Kandungan mineral, vitamin B12, magnesium, serta zat besi di dalam ikan tuna sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan massa otot.

Sama halnya dengan ikan salmon, ikan tuna juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk otot sekaligus dapat menjaga kesehatan jantung.

6. Beras Merah

Menu makanan untuk cutting selanjutnya adalah beras merah. Selain kaya akan serat, beras merah juga mengandung karbohidrat yang tinggi untuk mendukung proses pemulihan otot.

Adapun kandungan serat dalam beras merah juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu memastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Jika kamu menyukai nasi goreng, coba untuk mengganti bahan dasar nasi putih menjadi nasi merah. Selain lezat, kamu juga tetap bisa merasakan olahan nasi goreng yang lebih menyehatkan.

7. Bayam

sayur Bayam - freepik.jpg

Jika kamu sedang mencari bahan makanan yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama, bayam bisa jadi solusinya.

Sayuran hijau ini merupakan sumber alami yang baik untuk menyehatkan sistem pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Untuk meningkatkan kadar nutrisi dalam satu porsi, kamu bisa mengolah bayam dengan tambahan bahan lain seperti telur untuk dijadikan orak arik.

8. Buah-Buahan

Mencukupi nutrisi dengan mengonsumsi buah-buahan juga menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan.

Selain beragamnya pilihan jenis buah yang dapat dikonsumsi, buah juga dapat diolah menjadi beragam hidangan makanan dan minuman menyehatkan.

Buah-buahan yang kaya akan mineral, vitamin, serta antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Nutrisi di atas juga penting untuk mendukung usahamu mengelola berat badan. Buah berry, apel, jeruk, pir, kiwi, dan pepaya adalah contoh jenis buah yang direkomendasikan untuk cutting.

9. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan - freepik.jpg

Mengonsumsi kacang-kacangan dapat menjadi bagian penting dalam upaya cutting, mengingat jenis makanan ini kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga otot dan energi selama defisit kalori.

Selain protein pada kacang yang bermanfaat untuk kesehatan otot, kandungan zat besi yang kaya juga baik untuk program diet.

Beberapa opsi jenis kacang yang bisa kamu pilih adalah kacang tanah, kacang kenari (walnut), kacang mete, kacang polong, buncis, serta almond.

10. Greek Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Selain kaya akan protein, yogurt juga terkenal dengan kandungan probiotik yang dapat membantu penyerapan nutrisi.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang lebih dari mengonsumsi yogurt biasa, coba untuk memilih jenis produk greek yogurt.

Berbeda dengan yogurt biasa, tekstur greek yogurt lebih kental. Greek yogurt juga memiliki kadar protein hingga tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan yogurt biasa.

Meskipun begitu, kandungan protein dalam greek yogurt dapat berbeda-beda, tergantung pada merek dan produsennya.

Kesimpulan

Itulah 10 rekomendasi menu makanan untuk cutting yang patut untuk dicoba, pastikan untuk tetap menghitung asupan kalori dalam tubuhmu, ya?

Selain memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, kamu juga tetap perlu melakukan rutinitas latihan secara tepat.

Untuk mendukung usahamu, segera daftarkan diri menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan berbagai benefit seperti akses kelas gratis, fasilitas gym yang lengkap, hingga pendampingan dari personal trainer profesional.

Klik di sini untuk mencoba program free trial dari FIT HUB!