8 Manfaat Push Up untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Push up adalah salah satu jenis gerakan olahraga atau latihan yang efisien dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Biasanya push up dikaitkan dengan latihan untuk meningkatkan kekuatan tubuh hingga dilakukan pada circuit training dengan intensitas tinggi.

Tidak sedikit orang yang juga memasukkan push up sebagai gerakan latihan rutin setiap hari, karena efektif dan sederhana.

Nah, sebenarnya apa saja manfaat push up dan bagaimana cara melakukannya yang benar? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Cara Melakukan Push Up yang Benar

Cara Melakukan Push Up yang Benar - freepik.jpg

Push up adalah olahraga yang berfokus pada tubuh bagian bawah dan core strength atau kekuatan inti tubuh. Walaupun banyak modifikasi dari push up, tapi gerakan ini masih sangat beginner friendly dan kamu bisa melakukannya secara bertahap.

Seorang Exercise Physiologist, Katie Lawton, MED dikutip dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa gerakan push up yang benar mirip seperti 'military' push up. Selain manfaatnya akan lebih terasa, push up jenis ini lebih aman dan tidak terlalu berisiko untuk bahu kamu.

  1. Diawali dengan berlutut di lantai, pastikan tangan, lutut dan telapak tangan rata dengan lantai dan jari-jari menghadap lantai. Selanjutnya, buka tangan selebar bahu dan pastikan posisi tangan sejajar dengan bahu.

  2. Selanjutnya, angkat lutut dari lantai dan luruskan kaki kamu seperti posisi plank saat kamu melakukan yoga.

  3. Pastikan posisi siku tetap ada di samping tubuh, tekuk siku untuk menurunkan tubuh secara perlahan hingga dada atau dagu menyentuh lantai. Kamu juga harus memperhatikan posisi kepala dan perut sejajar dengan tulang belakang.

  4. Lanjutkan gerakan dengan mengangkat tubuh dari lantai ke posisi atas. Perhatikan posisi kepala, tubuh bagian tengah, dan tulang belakang tetap sejajar saat kamu mengangkat tubuh. Pastikan juga pinggul dan punggung tidak jatuh ke lantai.

  5. Lanjutkan gerakan dan ulangi beberapa kali.

Saat melakukan gerakan push up, kamu juga harus memperhatikan tekanan pada bokong dan perut untuk hasil yang lebih efektif.

Kamu juga bisa melakukan gerakan push up dengan variasi lainnya selain basic push up. Variasi push up bisa disesuaikan dengan tujuan yang ingin kamu capai dan kemampuan tubuh kamu.

8 Manfaat Push Up

8 Manfaat Push Up - freepik.jpg

Ada alasan mengapa push up menjadi salah satu latihan kebugaran yang umum dilakukan. Hal ini karena gerakan yang dilakukan sepadan dengan manfaat yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa manfaat dari push up untuk tubuh kamu:

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau push up memang bagus untuk tubuh bagian atas atau upper body. Push up membantu membangun otot dan meningkatkan kekuatan dari tubuh bagian atas kamu.

Gerakan push up menargetkan bagian dada, lengan, dan bahu yang bagus untuk stabilitas dan keseimbangan tubuh.

2. Meningkatkan Stabilitas Tubuh

Otot-otot yang berada pada bagian inti tubuh akan aktif saat kamu melakukan push up sehingga gerakannya akan membantu membuat tubuh lebih stabil atau seimbang.

Jika kamu juga melakukan variasi push up lain yang berfokus pada keseimbangan misalnya menggunakan bola atau balance board, hasilnya juga akan lebih terlihat.

3. Memperbaiki Postur serta Meningkatkan Fleksibilitas

Saat push up kamu akan menurunkan tubuh ke lantai dan meregangkan otot punggung, setelah itu otot bisep kamu juga ikut bergerak pada saat mengangkat kembali tubuh.

Gerakan ini berperan besar untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu. Selain itu, mengaktifkan otot inti dan otot punggung saat push up juga membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk.

4. Meningkatkan Kinerja Olahraga

Push up umumnya dilakukan untuk membantu rehabilitasi bagian bahu, meningkatkan proprioception atau kesadaran bergerak tubuh, dan penggabungan kembali otot stabilitas. Stabilitas terutama pada bagian inti tubuh akan membuat kamu lebih optimal dalam berolahraga.

5. Berpengaruh untuk Beberapa Bagian Tubuh Sekaligus

Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk pergi ke gym, latihan sederhana seperti push up dan disertai dengan latihan lainnya akan sangat bermanfaat dan efisien. Pasalnya, akan berdampak langsung pada banyak otot di bagian tubuh secara bersamaan.

6. Mendukung Healthy-aging

Latihan dan olahraga secara teratur tentu penting seiring pertambahan usia. Melakukan variasi push up seperti wall push up dapat membantu menjaga dan meningkatkan kekuatan tubuh seiring bertambahnya usia kamu.

Kekuatan tubuh perlu diperhatikan seiring bertambahnya usia untuk mencegah risiko terjatuh dan tetap bisa mengandalkan diri sendiri.

7. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Latihan kekuatan atau resistance training telah terbukti efektif untuk menjaga massa tulang dan otot terutama pada wanita yang memiliki risiko osteoporosis lebih besar. Salah satu latihan kekuatan bisa dilakukan dengan rutin melakukan push up.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Push up yang dilakukan secara rutin setiap hari juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan sekaligus membantu meningkatkan metabolisme tubuh, lho.

Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan ketahanan tubuh selama 10 minggu membantu meningkatkan laju metabolisme serta mengurangi lemak tubuh.

Kesimpulan

Push up adalah gerakan latihan untuk kekuatan tubuh yang efektif dan umum dilakukan. Push up yang dilakukan secara benar dan rutin dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh utamanya meningkatkan kekuatan tubuh, stabilitas, serta metabolisme tubuh.

Untuk memulai latihan yang benar, kamu bisa bergabung dengan FIT HUB dan menjadi member. Kamu akan mendapatkan fasilitas gym terbaik, akses dengan PT, juga kelas-kelas yang bermanfaat lainnya!