10 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kebugaran Tubuh

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Telur ayam kampung merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan kandungan nutrisi. Maka dari itu, tidak mengherankan jika manfaat telur ayam kampung sangat beragam bagi kesehatan.

Mengutip Pets.ie, telur ayam kampung disebut memiliki lebih sedikit kolesterol dan kandungan lemak jenuh dibandingkan telur ayam konvensional atau telur ayam negeri.

Lantas kandungan nutrisi dan manfaat apa saja yang bisa didapat dari mengonsumsi telur ayam kampung? Baca terus artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya!

Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung

Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung - freepik.jpg

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi pada telur ayam kampung, angka di bawah ini dihitung per 100 gram beserta informasi nilai AKG (Angka Kecukupan Gizi).

  • Protein: 10.80 gram (18% AGK)
  • Fosfor: 268 mg (38.29% AKG)
  • Kalsium: 68 gram (6.18% AKG)
  • Lemak Total: 14 gram ( 20.90% AKG)
  • Vitamin A: 203 mcg ( 33.83% AKG)
  • Vitamin B1: 0.78 mg (78% AKG)
  • Vitamin B2: 0.62 mg (62% AKG)
  • Vitamin B3: 0.20 mg (1.33 % AKG)
  • Energi: 174 kkal (8.09% AKG)
  • Karbohidrat Total: 1.20 gram (0.37% AKG)
  • Natrium: 190 mg (12.67% AKG)
  • Zat Besi: 4.90 mg (22.27% AKG)
  • Zinc: 1.50 mg (11.54% AKG)
  • Tembaga: 600 mcg (75% AKG)
  • Kalium: 141 mg (3% AKG)

Manfaat Telur Ayam Kampung

Manfaat Telur Ayam Kampung - freepik.jpg

Telur ayam kampung memiliki banyak manfaat untuk mendukung kesehatan, ini karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya.

Lantas apa saja manfaat dari mengonsumsi telur jenis ini? Intip 10 manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selayaknya jenis telur pada umumnya, telur ayam kampung juga kaya akan omega-3 yang berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Omega-3 merupakan jenis lemak esensial yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, mengurangi peradangan, menjaga tekanan darah, serta mengurangi risiko detak jantung tidak teratur (aritmia).

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Kuning telur ayam kampung adalah sumber alami dari vitamin D, jenis vitamin yang juga dikenal dengan nama kalsiferol ini merupakan senyawa yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D memiliki fungsi untuk penyerapan kalsium yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang, sehingga risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dapat dihindari.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lain yang juga dapat dirasakan dari mengkonsumsi telur ayam kampung adalah perannya dalam menjaga kesehatan mata.

Kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang dimiliki telur ayam kampung dapat berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel mata dari paparan sinar UV dan cahaya biru perangkat elektronik.

4. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Jika kamu sedang menjalani program diet, telur ayam kampung adalah salah satu bahan pangan yang cocok dikonsumsi untuk membantu pengelolaan berat badan.

Hal ini dikarenakan telur ayam kampung memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatur nafsu makan dengan memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Selain penting dalam mendukung kesehatan tulang, vitamin D yang terkandung pada telur ayam kampung juga sangat baik untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Di sisi lain, kandungan mineral seperti selenium pada telur ayam kampung juga dapat meningkatkan fungsi tiroid, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur sistem metabolisme.

6. Mengoptimalkan Fungsi Sistem Saraf

Sistem saraf merupakan jaringan kompleks yang memiliki peran penting untuk menjaga tubuh dapat berfungsi secara normal.

Salah satu jenis nutrisi yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi sistem saraf adalah vitamin B12 yang terkandung di dalam telur ayam kampung.

7. Sebagai Sumber Energi yang Baik

Mengonsumsi telur ayam kampung juga efektif untuk mendapatkan asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Telur ayam kampung sendiri mengandung riboflavin (vitamin B2) dan asam panotenat yang penting untuk menjaga metabolisme energi.

Kedua nutrisi tersebut memiliki peran dalam mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

8. Meningkatkan Kesehatan Hati

Telur ayam kampung merupakan salah satu makanan yang mengandung senyawa kolin, yaitu senyawa yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi hati.

Dengan mengonsumsi telur ayam kampung, fungsi hati dapat bekerja lebih optimal. Hal ini karena kolin berperan dalam detoksifikasi tubuh melalui hati yang berfungsi untuk membersihkan darah dari zat-zat berbahaya.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Mencukupi kebutuhan nutrisi melalui konsumsi telur ayam kampung juga dapat membantumu dalam menjaga kesehatan otak, lho!

Selain berperan dalam meningkatkan kesehatan hati, kandungan kolin pada telur ayam kampung juga berfungsi untuk mengoptimalkan produksi membran sel-sel otak.

10. Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan protein di dalam telur ayam kampung merupakan nutrisi penting yang juga dapat berperan dalam memperbaiki kerusakan pada kulit dan rambut. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung vitamin A, vitamin E, serta Biotin.

Vitamin A dan vitamin E pada telur ayam kampung dapat membantu proses regenerasi kulit dan berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Sementara biotin dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk mencegah rambut rontok dan menjaga pertumbuhan rambut yang sehat.

Kesimpulan

Itulah 10 manfaat telur ayam kampung yang perlu diketahui, pastikan untuk memerhatikan asupan nutrisi secara rutin, ya!

Di samping mencukupi asupan nutrisi harian melalui pola makan yang dijaga dengan seimbang, kamu juga tetap perlu berolahraga agar kesehatan fisik dan mental dapat dicapai secara lebih optimal.

Oleh karena itu, daftarkan diri menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan beragam benefit berupa akses kelas gratis, fasilitas gym yang lengkap, hingga pendampingan dari personal trainer profesional.