Mengenal 10 Nama Alat Gym dan Cara Menggunakanya yang Benar

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Apakah kamu pernah merasa bingung ketika datang ke gym dan melihat begitu banyaknya alat gym di sana? Lalu, kamu bertanya-tanya apa sebenarnya nama alat gym tersebut dan bagaimana cara menggunakanya.

Supaya tidak bingung ketika akan berolahraga di gym, tentu alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja nama-nama alat olahraga yang sering ada di gym. Hal ini berguna agar kamu bisa langsung mencoba alat olahraganya dan melakukan latihan dengan maksimal.

Nah, dalam artikel ini, yuk kita bahas berbagai alat olahraga yang sering ditemui di tempat gym. Mulai dari nama, fungsi, hingga cara menggunakannya.

Yuk, baca penjelasannya sampai selesai, ya!

Nama-nama Alat Gym yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah beberapa nama alat gym yang pasti akan sering kamu temui di tempat gym:

1. Bench Press

Bench Press - freepik.jpg

Bagi kamu yang baru memulai latihan angkat beban, kamu bisa mencoba bench press.

Dalam latihan ini, kamu akan berbaring di atas bangku dan menggunakan barbel untuk melatih otot-otot bagian atas tubuh, seperti dada, punggung, bahu, dan trisep.

Saat menggunakan alat ini, penting untuk menjaga postur tubuh, ya. Perhatikan agar bagian punggung tetap datar agar kamu terhindar dari cedera.

2. Incline Bench Press

Incline bench press hampir sama dengan bench press, perbedaannya adalah incline bench press memungkinkan kamu untuk melakukan dorongan dengan posisi miring.

Latihan ini menargetkan otot-otot seperti dada, bahu, dan biceps dengan lebih intensif karena posisi yang dimiringkan.

Penting untuk diingat agar tidak mengatur sudut miring terlalu tinggi karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko cedera. Terutama jika dilakukan dengan posisi punggung yang melengkung atau siku yang terkunci.

Meskipun tidak dianggap sebagai latihan fungsional, latihan ini sangat berguna bagi kamu yang ingin meningkatkan massa otot atau estetika fisik.

3. Treadmill

Treadmill - freepik.jpg

Treadmill tentunya menjadi salah satu nama alat gym yang sudah tidak asing lagi di telingamu, kan? Ada berbagai jenis treadmill yang bisa kamu pilih, mulai dari yang menggunakan tenaga listrik hingga yang manual.

Treadmill dapat membantu menguatkan dan meningkatkan daya tahan bagian bawah tubuh, seperti kaki dan pinggul.

Namun, ingatlah untuk memakai sepatu olahraga yang nyaman untuk mencegah cedera saat latihan, ya.

Sebelum memulai latihan yang lebih intens, luangkan waktu untuk pemanasan dengan berjalan cepat selama beberapa menit. Hal ini akan membantu mempersiapkan tubuh kamu dan mengurangi risiko cedera.

4. Spin Bike

Salah satu alat gym yang sering ditemukan di tempat gym adalah spin bike. Alat ini menstimulasikan pengalaman bersepeda dengan menggunakan sepeda statis yang hanya memiliki satu roda.

Dengan duduk di kursi berlapis dan mengayuh pedal, kamu dapat menggerakkan cakram berputar dan merasakan sensasi bersepeda. Spin bike terbukti sangat efektif dalam melatih otot inti tubuh, punggung, gluteus, kuadriseps, dan hamstring.

Penting untuk memastikan bahwa kursi spin bike sejajar dengan tinggi pinggul, agar kamu dapat mengayuh dengan efisien.

5. Ellipticals

Ellipticals - freepik.jpg

Alat ellipticals atau yang sering juga disebut cross trainer adalah alat gym yang digunakan untuk merasakan sensasi lari, sepedaan, dan mendaki.

Menariknya, alat ini dapat memberikan latihan ringan bagi lutut dan pinggul sehingga cocok untuk latihan interval yang intens.

Dengan menggunakan mesin ini, kamu bisa melatih berbagai otot, termasuk trisep, biceps, hamstring, gluteus, dada, punggung, dan kuadrisep. Untuk variasi latihan yang lebih baik, coba campur kecepatan dan level resistensi.

6. Rowing Machine

Alat ini didesain untuk memberikan latihan yang mirip dengan sensasi mendayung di perahu sungguhan.

Kamu duduk di atas kursi dengan kaki lurus ke depan, memegang pegangan atau kabel sambil meregangkan tubuh, dan menggeser kaki maju dan mundur.

Alat gym ini melibatkan berbagai otot dalam tubuh, termasuk lengan bawah, punggung atas, lengan atas, kuadrisep, deltoid, gluteus, dan betis.

Untuk menggunakan alat ini dengan benar, pastikan kamu tidak menggenggam pegangan terlalu kencang, biarkan siku rileks, dan gunakan kekuatan kaki untuk menggerakkan.

Penting juga untuk mempelajari teknik yang benar agar latihan kamu lebih efektif.

7. Upright Exercise Bike

Upright Exercise Bike - freepik.jpg

Mungkin nama alat gym satu ini belum begitu terdengar familiar di telinga, tetapi alat gym ini terbukti memiliki banyak manfaat, lho.

Upright exercise bike dapat membantu melatih sejumlah otot, termasuk betis, gluteus, kuadriseps, hamstring, dan inti tubuh.

Untuk menggunakan alat ini dengan baik, penting untuk menghindari posisi membungkuk saat mengayuh pedal, karena hal ini dapat menyebabkan sakit punggung.

Selain itu, pastikan untuk mengatur ketinggian kursi pada tinggi yang sesuai dengan pinggul sehingga memberikan ruang yang cukup untuk gerakan kaki.

8. Abdominal Bench

Abdominal bench merupakan salah satu alat gym terbaik untuk melatih otot inti kamu secara aman.

Alat ini dirancang khusus untuk memperkuat dan membentuk otot-otot perut, oblikus internus, kuadriseps, dan otot perut transversal.

Penting untuk selalu memerhatikan postur tubuh yang benar saat menggunakan alat ini agar terhindar dari cedera.

9. Smith Machine

Smith Machine - freepik.jpg

Smith machine adalah alat fitness yang terdiri dari rangka baja dengan rak dan barbell yang terpasang. Banyak orang menganggap smith machine sebagai versi bench press yang lebih modern dan canggih.

Dalam penggunaannya, alat ini melibatkan berbagai otot, termasuk otot lats, glutes, hamstring, kuadrisep, pectorals, dan trisep.

Smith machine sangat direkomendasikan bagi pemula, orang lanjut usia, atau siapa pun yang tidak ingin menggunakan asisten saat berlatih.

10. Leg Press Machine

Mesin leg press adalah alat yang membantu kamu menguatkan dan membentuk kaki tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa duduk dengan nyaman pada kursi yang empuk sambil mendorong kaki ke atas.

Ketika menggunakan leg press, kamu melibatkan beberapa kelompok otot, termasuk betis, glutes, hamstring, dan kuadrisep.

Aktivitas leg press sangat efektif untuk membangun massa otot dan kekuatan kaki. Namun, penting untuk diingat bahwa latihan ini bisa membuat kaki terasa kaku jika tidak dilakukan dengan benar.

Kesimpulan

Jadi, itulah sepuluh nama alat gym yang biasa ditemui di tempat gym. Setiap alat gym memiliki keunikan dan fungsi yang berbeda-beda, mulai dari melatih otot bagian atas tubuh seperti dada dan bahu, hingga memperkuat dan membentuk otot kaki.

Jika kamu tertarik untuk mencoba dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana alat-alat gym ini dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, yuk segera bergabung jadi member FIT HUB sekarang juga!