Jam Berapa ya Enaknya Olahraga di Bulan Puasa?

Waktu olahraga di bulan puasa bisa dibagi tiga, tergantung dari fitness goal kamu dan situasi kamu, apakah sibuk atau tidaknya kamu. Berikut ini rekomendasi waktu olahraga saat puasa:

Kalau fitness goal kamu adalah muscle gain atau hipertrofi, maka direkomendasikan kamu berlatih setelah berbuka puasa, atau setelah shalat tarawih, ketika kamu sudah memiliki asupan tenaga dari karbohidrat. Karena kamu membutuhkan latihan dengan intensitas yang cukup tinggi, dikutip dari The Journal of Biological and Medical Rhytm Research, bahwa latihan dengan intensitas tinggi lebih efektif jika dilakukan setelah berbuka puasa. Pilih menu berbuka puasa dengan kandungan makronutrien yang komplit sebagai bahan bakar kamu saat latihan.

Jika fitness goal adalah fat loss, maka direkomendasikan kamu berlatih menjelang berbuka puasa, karena saat dalam periode berpuasa, lemak akan digunakan oleh tubuh sebagai energi, sehingga tubuh berada dalam fase fat burning. Pilihlah latihan dengan aerobik intensitas rendah.dikutip dari The Journal of Biological and Medical Rhytm Research, latihan sebelum berbuka puasa bisa dilakukan dengan intensitas yang rendah. Ketika waktu berbuka tiba, kamu bergegas hidrasi tubuh kamu dan berbuka dengan kandungan mikronutrien yang komplit.

Opsi lain adalah berolahraga sebelum kamu sahur. Sesaat selesai olahraga kamu bisa langsung sahur, pilih menu sahur dengan makronutrien yang komplit. Namun bagi kebanyakan orang mungkin waktu ini dirasa berat, namun tetap bisa menjadi opsi bagi kamu jika fitness goal kamu adalah muscle gain atau sekedar me maintain massa otot kamu.

Jadi kamu pilih yang mana? Sesuaikan dengan fitness goal kamu ya! Kalau waktunya sudah cocok, tinggal ke FIT HUB aja!

Referensi: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/07420528.2012.708375 https://www.unesa.ac.id/rekomendasi-waktu-durasi-hingga-jenis-olahraga-saat-bulan-puasa https://themusclephd.com/fasted-training/