11 Rekomendasi Jogging Track di Jakarta yang Patut Dikunjungi

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Untuk kamu pecinta lari yang sedang mencari jogging track di ibu kota. Jangan khawatir, di artikel ini kita telah merangkum beberapa jogging track Jakarta yang nyaman dan patut untuk dikunjungi.

Latihan fisik seperti jogging merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari karena banyak manfaat untuk kesehatan. Selain mudah diakses, jogging juga bisa jadi pilihan yang efektif untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Dikutip dari laman Healthline, jogging dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat sistem imun, menurunkan berat badan, hingga mengurangi stres.

Jogging bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik pagi, sore, atau malam hari. Kamu juga bisa memanfaatkan ruang-ruang publik yang tersedia untuk melakukan jogging.

Yuk, intip 11 rekomendasi jogging track di Jakarta selengkapnya berikut ini.

11 Rekomendasi Jogging Track di Jakarta

Menimbang Jakarta adalah kota yang ramai dan padat, penting untuk memperhatikan pilihan tempat jogging yang tepat agar olahraga menjadi lebih nyaman dan aman.

Pilih jogging track Jakarta yang memiliki lintasan rata, udara yang segar, sekaligus jauh dari jalan raya atau lalu-lalang kendaraan.

1. Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK) - Senayan

Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK) - Jawa Pos.jpg Sumber: Jawa Pos

Kawasan GBK sendiri memiliki area yang cukup luas, ditambah dengan banyaknya pohon yang membuat suasana rindang dan sejuk selama melakukan jogging.

Fasilitas di Komplek GBK juga lengkap, terdapat beberapa minimarket dan tenant-tenant yang menyediakan makanan atau minuman. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika merasa haus atau lapar.

Karena lokasinya yang terletak di tengah kota, kamu bisa menuju GBK dengan memanfaatkan beragam transportasi umum, mulai dari KRL, Transjakarta, hingga MRT.

2. Taman Suropati - Menteng

Terletak di Jakarta Pusat, Taman Suropati bisa jadi pilihan yang tepat untukmu yang ingin merasakan pengalaman jogging dengan suasana taman yang asri.

Selain memiliki lintasan yang ideal untuk jogging, Taman Suropati juga banyak ditumbuhi rumput hijau dan fasilitas air mancur yang menambahkan sensasi sejuk dan nyaman.

3. Taman Menteng - Menteng

Masih berada di kawasan Menteng, lokasi jogging track yang juga patut untuk dipertimbangkan adalah Taman Menteng yang beralamat di Jl, HOS. Cokroaminoto, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

Dengan suasana yang asri dan hijau, Taman Menteng bisa jadi tempat yang cocok untuk berolahraga atau sekadar melepas penat dari hingar-bingar kehidupan metropolitan.

Fasilitas yang tersedia di taman ini juga cukup beragam, mulai dari lapangan futsal dan basket, taman bermain untuk anak-anak, hingga jogging track.

4. Kawasan Monumen Nasional (Monas) - Gambir

Dilansir dari situs Jakarta Tourism, kawasan Monas memiliki jalan beraspal sepanjang 5 kilometer yang mengelilingi monumen.

Areanya yang luas ditambah dengan hamparan tanaman hijau yang membentang juga menjadikan kawasan ini sebagai lokasi yang cocok untuk melakukan jogging.

Selain itu, kawasan Monas juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang ditawarkan, mulai dari taman yang asri, museum, air mancur, serta fasilitas olahraga seperti lapangan futsal dan basket.

5. Tebet Eco Park - Tebet

Tebet Eco Park - Tebet Eco Park.jpg Sumber: Tebet Eco Park

Salah satu fasilitas ikonik yang menjadi daya tarik dari Tebet Eco Park adalah infinity bridge yang merupakan sebuah jembatan fungsional di mana kamu bisa memanfaatkannya sebagai jogging track.

Jembatan ini juga cukup estetik, berwarna terang dengan dihiasi lampu interaktif yang menambahkan unsur keindahaan dan cocok untuk dijadikan sebagai sport berswafoto.

Kamu juga akan dimanjakan dengan panorama kawasan terbuka hijau yang penuh dengan pepohonan dan tumbuhan hias yang tentunya memberikan pengalaman menyenangkan ketika jogging di tempat ini.

6. Eco Park Ancol - Pademangan

Eco Park Ancol adalah tempat jogging berikutnya yang juga perlu untuk dipertimbangkan. Dengan luas hampir 34 hektar, kamu bisa mengeksplorasi kawasan ini untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga.

Menawarkan kombinasi antara wahana edukasi dan olahraga, kamu bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap sembari disuguhkan dengan lingkungan hijau yang menyegarkan.

7. Lapangan Banteng - Sawah Besar

Setelah direvitalisasi dan dibuka kembali pada tahun 2018 silam, Lapangan Banteng bertransformasi menjadi salah satu tempat jogging yang terkenal dan terbaik di kawasan ibu kota.

Selain menyediakan lintasan yang ideal untuk melakukan jogging, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas lainnya seperti lapangan basket, lapangan voli, hingga area piknik untuk keluarga.

8. Taman Waduk Pluit - Pluit

Jika kamu ingin merasakan sensasi melakukan jogging sekaligus menikmati udara yang segar di area terbuka, maka Taman Waduk Pluit adalah jawabannya.

Seperti namanya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas jogging track di taman ini sembari disuguhkan dengan keindahan waduk dan hamparan tanaman hijau yang asri.

9. Banjir Kanal Timur - Duren Sawit

Banjir Kanal Timur - Duren Sawit - tribun Jakarta.jpg Sumber: Tribun Jakarta

Selain kanal-kanalnya yang berfungsi sebagai penangkal banjir, kawasan Banjir Kanal Timur yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur ini juga merupakan kawasan yang terkenal sebagai lokasi rekreasi yang ramah untuk berolahraga.

Dengan jarak lintasan yang mencapai 1.4 kilometer, kamu bisa melakukan jogging dengan suasana alam yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang sehingga menambahkan kenyamanan saat berolahraga.

10. Taman Tabebuya - Jagakarsa

Taman Tabebuya merupakan taman yang berdiri di atas lahan seluas 9.626 meter persegi, menjadikannya cocok untuk dijadikan lokasi untuk melakukan jogging.

Selain track jogging yang panjang, Taman Tabebuya juga menyediakan banyak kursi atau fasilitas duduk untuk bersantai. Jadi jangan khawatir jika kamu ingin rehat sejenak ketika berolahraga.

11. Taman Cattleya - Kemanggisan

Menimbang lokasinya yang jauh dari keramaian jalanan padat Jakarta, Taman Cattleya bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin jogging dengan tenang dan nyaman.

Selain menawarkan suasana taman yang luas dan hijau, lokasi Taman Cattleya juga terbilang strategis karena dekat dengan fasilitas transportasi umum dan pusat perbelanjaan.

Kesimpulan

Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat, sepatu olahraga, serta lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum maupun sesudah jogging. Dengan persiapan yang matang, maka manfaat jogging dapat diperoleh secara lebih optimal.

Selain jogging, kamu juga bisa menjaga kebugaran fisik dengan rajin berlatih di gym, seperti FIT HUB. Terdapat personal training yang profesional di bidangnya yang akan memandu dan membantumu meraih tujuan kebugaran.

Yuk, daftarkan diri kamu menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan menu latihan yang tepat!