15 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Sumber Energi

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Mencukupi asupan nutrisi secara berkelanjutan merupakan suatu hal yang esensial agar tubuh dapat berfungsi normal. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat.

Dikutip dari situs MedlinePlus, karbohidrat adalah komponen pangan yang merupakan bagian dari tiga makronutrien selain protein dan lemak, di mana karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh.

Dalam prosesnya, karbohidrat akan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa yang merupakan sumber energi bagi sel, jaringan, dan organ-organ di dalam tubuh.

Pada dasarnya, tidak ada aturan tetap mengenai jumlah kebutuhan karbohidrat yang harus dikonsumsi.

Asupan karbohidrat tiap individu dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor tertentu seperti jenis kelamin, usia, kondisi kesehatan, atau program pengelolaan berat badan yang sedang dijalani.

Lantas jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi? Simak terus artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Daftar Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Berikut adalah 15 rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang wajib kamu ketahui:

1. Beras Merah

beras merah - freepik.jpg

Berbeda dengan beras putih, beras merah merupakan varietas padi yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Kandungan karbohidrat pada beras merah adalah sekitar 23-25 gram per 100 gram nasi matang. Selain itu, beras merah juga kaya akan vitamin B, magnesium, dan tinggi serat.

2. Pisang

Buah pisang adalah salah satu makanan yang menyehatkan karena mengandung serat dan berbagai jenis vitamin yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, B, serta B6.

Melansir Healthline, buah pisang umumnya mengandung 10-35 gram karbohidrat, di mana jumlah karbohidrat pada pisang berukuran sedang dapat mencakup sekitar 25 gram.

3. Kurma

Kurma yang merupakan buah khas daratan Timur Tengah ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Buah kurma mengandung 75 gram karbohidrat per 100 gram, membuat buah yang satu ini sebagai pilihan yang tepat untuk meningkatkan energi dengan cepat.

4. Oatmeal

Oatmeal - freepik.jpg

Oatmeal adalah jenis olahan makanan yang berbahan dasar dari tanaman oat (avena sativa). Makanan ini umumnya disajikan dengan cara direbus dan dicampur dengan susu, yogurt, serta potongan buah.

Selain tinggi karbohidrat, oatmeal juga kaya akan kandungan vitamin dan magnesium yang penting untuk menjaga sistem metabolisme.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar yang banyak tumbuh di daerah tropis adalah jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang diet.

Ubi jalar sendiri mengandung 20 gram karbohidrat per 100 gram. Selain itu, makanan ini juga kaya akan senyawa antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya di dalam sel-sel tubuh.

6. Sereal Gandum

Sereal yang terbuat dari olahan gandum utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks, di mana 100 gram produk kering sereal gandum mengandung 60-70 gram karbohidrat.

Selain sebagai sumber energi stabil bagi tubuh, sereal gandum yang kaya serat juga bermanfaat untuk membantu memperlancar proses pencernaan.

7. Quinoa

Quinoa - freepik.jpg

Meskipun sebagian orang mungkin tidak terlalu familiar dengan makanan ini, ternyata quinoa merupakan jenis makanan yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan lho!

Quinoa merupakan biji-bijian utuh yang dapat menjadi sumber serat, protein, antioksidan, serta karbohidrat yang baik bagi tubuh. Makanan ini mengandung 34 gram karbohidrat bersih per 185 gram atau per cangkirnya.

8. Apel

Buah yang terkenal dengan kombinasi rasa manis, asam, dan teksturnya yang renyah ini juga patut dimasukkan ke dalam daftar makanan mengandung karbohidrat yang tinggi.

100 gram apel atau satu buah apel berukuran sedang memiliki kandungan karbohidrat sebesar 28 gram, di mana mayoritas karbohidrat ini berupa fruktosa yang juga disebut sebagai gula buah.

9. Jagung

Bukan sebuah rahasia jika jagung merupakan salah satu makanan menyehatkan yang disukai oleh banyak orang. Selain kaya akan nutrisi, jagung juga dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat

Sebagian besar kandungan karbohidrat pada jagung berasal dari pati atau karbohidrat kompleks, di mana 100 gram jagung mengandung sekitar 19-21 gram karbohidrat.

10. Kentang

Kentang - freepik.jpg

Kentang merupakan jenis makanan yang memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan sistem imun, mengontrol kadar gula darah, menangkal radikal bebas, hingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kentang yang berukuran sedang dengan berat 5,3 ons termasuk kulitnya, dapat mengandung sebanyak 26 gram karbohidrat.

11. Pasta

Selain mudah didapat dan praktis untuk diolah, pasta juga dapat menjadi makanan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Pasta yang telah matang mengandung 25 gram karbohidrat per 100 gram. Untuk konsumsi pasta yang lebih sehat, tambahkan sayuran hijau dan hindari topping yang digoreng.

12. Kacang Polong

Makanan mengandung karbohidrat yang selanjutnya adalah kacang polong. Jenis kacang ini merupakan biji tanaman yang termasuk ke dalam keluarga legume. Kacang ini juga merupakan sumber protein, serat, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan. 100 gram kacang polong mengandung sekitar 15-20 gram karbohidrat.

13. Madu

Madu - freepik.jpg

Di samping rasanya yang manis, madu juga bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin memenuhi asupan karbohidrat. Pasalnya, 100 gram madu mengandung 82 gram karbohidrat yang baik untuk tubuh.

14. Kismis

Kismis adalah produk olahan dari buah anggur yang mengandung sekitar 70-75 gram karbohidrat per 100 gram.

Sebagian besar karbohidrat dari makanan ini berasal dari gula alami, terutama glukosa dan fruktosa.

15. Beetroot

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang terakhir dalam daftar ini adalah beetroot. Dikenal juga sebagai bit merah, merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga tanaman umbi-umbian.

Selain menyediakan energi yang baik karena adanya karbohidrat yang terkandung di dalamnya, beetroot juga kaya akan serat sehingga mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Kesimpulan

Itulah 15 rekomendasi makanan mengandung karbohidrat yang bisa mulai kamu konsumsi mulai dari sekarang. Pastikan juga untuk tetap mengontrol asupan nutrisi lainnya, ya!

Selain memperhatikan asupan nutrisi secara berkala, kamu juga perlu melakukan latihan fisik agar kebugaran tubuh dapat diperoleh secara lebih optimal.

Segera daftarkan dirimu menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan beragama benefit seperti fasilitas gym yang lengkap, kelas-kelas pelatihan yang beragam, hingga pendampingan dari personal trainer profesional.

Klik di sini untuk mendaftar program free trial dari FIT HUB dan memiliki tubuh yang lebih bugar!