Masa Recovery Latihan Selama Bulan Puasa

Saat berolahraga kita memberikan stress kepada tubuh, maka dari itu olahraga harus dibarengi dengan recovery yang optimal. Recovery mencakup tidur, istirahat (rest day), dan nutrisi.

Kualitas tidur harus diperhatikan, usahakan kamu mendapatkan cukup tidur selama setidaknya 6-7 jam. Ketika ramadhan, kamu harus bangun lebih pagi karena sahur, jadi atur waktu kamu sebaik mungkin untuk tidur dengan optimal. Coba hindari hal-hal yang akan mengganggu waktu dan kualitas tidur kamu.

why-is-sleep-important.jpg

Rest day, atau hari dimana kamu tidak melakukan olahraga seperti biasanya. Rest bisa dilakukan secara aktif atau pasif. Aktif artinya kamu tetap melakukan olahraga dengan intensitas rendah. Pasif artinya kamu tidak melakukan olahraga sama sekali. Selama bulan ramadhan pasokan energi dan cairan kamu akan berkurang , maka dari itu kamu bisa menambah rest day aktif ketika bulan ramadhan.

Pilih menu sahur dan berbuka kamu dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Selalu konsumsi makro nutrisi dengan jumlah yang cukup setiap kamu sahur dan berbuka, serta selalu konsumsi air dengan jumlah yang cukup agar kamu terhindar dari dehidrasi saat kembali berpuasa terlebih ketika kamu berolahraga

Referensi: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20460259/ https://brieflands.com/articles/intjssh-136775