Tertarik Mencoba Olahraga Bela Diri? Cek 11 Pilihannya di Sini!

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Setelah menonton film action, kamu pasti pernah membayangkan ikut melakukan gerakan berkelahi dari film tersebut? Jika iya, mungkin kamu dapat mencoba beberapa olahraga bela diri yang telah kami siapkan.

Beberapa olahraga bela diri ini dapat membakar lemak dalam jumlah banyak dan membuat otot semakin kuat. Kamu yang sedang diet pun dapat mencoba olahraga ini sebagai pilihan untuk semakin aktif bergerak.

Yuk, pahami secara mendalam tentang olahraga yang satu ini dan ketahui ragam jenisnya berikut.

Pengertian Olahraga Bela Diri

Olahraga atau seni bela diri adalah seluruh aktivitas dan teknik yang berkaitan dengan gerakan perkelahian dan upaya melakukan perlawanan atau pertahanan diri.

Selain itu, olahraga bela diri tidak hanya soal pertahanan diri dan membakar lemak, tapi juga untuk kesehatan mental hingga terlibat dalam kompetisi. Masing-masing olahraga bela diri datang dari budaya atau teknik dasar yang berbeda.

Seni bela diri biasanya dilakukan dengan tangan kosong, tapi beberapa teknik menggunakan senjata. Bela diri juga punya filosofi dan nilai-nilai yang mengutamakan disiplin, respek, kemanusiaan (rendah hati), kegigihan, dan kontrol diri.

Teknik dasar bela diri

Olahraga bela diri datang dari beragam budaya serta teknik, tapi ada beberapa teknik dasar yang sama, yakni:

  • kuda-kuda yang kuat dan tepat
  • kekuatan dan teknik menendang
  • teknik menangkis
  • teknik menyerang dengan tangan kosong
  • teknik menyerang dengan siku dan lutut
  • kekuatan dan teknik pukulan
  • teknik dan taktik mengelak atau menghindar
  • kekuatan dan teknik membanting
  • teknik mengunci lawan
  • kekuatan dan teknik bergulat

Jenis Olahraga Bela Diri

Merangkum Gym Desk, berikut adalah 11 jenis olahraga bela diri yang bisa kamu coba:

1. Pencak silat

Pencak silat - freepik.jpg

Pencak silat adalah salah satu olahraga bela diri asal Indonesia yang sudah jadi warisan budaya dan menjadi perlombaan tingkat internasional. Pencak silat juga disebut sebagai seni budaya dan mengutamakan aspek spiritual.

Beberapa teknik dasar pencak silat antara lain; kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, guntingan, dan kuncian. Manfaat dari pencak silat adalah menambah massa otot dan stamina tubuh.

2. Karate

Karate adalah olahraga bela diri tradisional dari Jepang yang bertujuan untuk pertahanan diri. Teknik dasar yang digunakan dalam karate adalah memukul, menendang, serangan dengan lutut, dan serangan siku.

Beberapa aspek penting melakukan karate adalah untuk perlindungan diri, olahraga, dan budaya tradisional. Karate dikembangkan lewat disiplin, respek, dan tenaga dalam. Metode latihannya antara lain; postur, keseimbangan, koordinasi, kecepatan, kekuatan, dan fokus.

3. Muay thai

Muay thai adalah seni bela diri asal Thailand yang merupakan jenis perkelahian jarak dekat. Latihan muay thai meliputi daya tahan, keseimbangan, dan presisi. Muay thai adalah salah satu olahraga bela diri yang sering dipraktikkan di luar Thailand. Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan ketahanan mental.

4. Tinju (boxing)

Tinju (boxing) - freepik.jpg

Tinju adalah olahraga bela diri yang terkenal di seluruh dunia. Bahkan tinju sering menjadi kompetisi tingkat internasional. Teknik dasar dari tinju adalah pukulan dan kekuatan tubuh.

Tinju dibagi dalam kelas berdasarkan berat atletnya, antara lain:

  • flyweight (51 kg)
  • bantamweight (53.5 kg)
  • featherweight (57 kg)
  • lightweight (61 kg)
  • welterweight (67 kg)
  • middleweight (72.5 kg)
  • light heavyweight (79 kg)
  • cruiserweight (91 kg)
  • heavyweight (>91 kg)

5. Kickboxing

Kickboxing adalah seni bela diri full-contact yang melibatkan pukulan dan tendangan. Kickboxing mengutamakan kemampuan memukul, daya tahan fisik, tendangan, serangan lutut, dan kadang serangan siku. Metode latihannya antara lain akurasi, kecepatan, dan waktu.

6. Brazilian jiu-jitsu

Brazilian jiu-jitsu berfokus pada gerakan menangkap dan mengunci lawan. Teknik dasar dari brazilian jiu-jitsu adalah posisi dan kuda-kuda yang kuat, mengandalkan kekuatan badan, dan memanfaatkan kelemahan lawan. Brazilian jiu-jitsu dipopulerkan oleh atlet judo (judoka) asal Jepang yang berimigrasi ke Brasil.

7. Taekwondo

Taekwondo - freepik.jpg

Taekwondo adalah seni bela diri dengan kecepatan tinggi yang berasal dari Korea Selatan. Taekwondo mengutamakan tendangan yang tinggi dan cepat, serta posisi tangan yang akurat. Tujuan utama taekwondo adalah untuk meningkatkan disiplin, respek, dan kekuatan mental.

Metode latihan dalam taekwondo antara lain; teknik pertahanan diri, pola bertarung, serangan cepat, dan menangkis. Olahraga ini juga sering jadi ajang lomba internasional.

8. Judo

Judo adalah olahraga bela diri lain asal Jepang, dengan fokus utama pada teknik menangkap, melempar, dan mengunci lawan. Judo memanfaatkan kekuatan dan momentum lawan untuk menghasilkan gerakan pertahanan lalu serangan. Metode latihan judo mengutamakan pengulangan teknik/gerakan, kuda-kuda yang kuat, dan kekuatan tubuh.

9. Kung fu

Kung fu adalah kelompok seni bela diri yang terdiri dari shaolin kung fu, wing chun, tai chi, dan masih banyak lainnya. Teknik asal Tiongkok ini mengutamakan kekuatan tubuh, disiplin, keseimbangan, respek, dan tenaga dalam. Kung fu bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan mental. Metode latihan kung fu ada pada kuda-kuda yang kuat, gerakan kaki, pukulan, tendangan, dan senjata.

10. Wushu

Wushu - depositphotos.jpg

Wushu juga sama-sama berasal dari Tiongkok, dan sering disebut sebagai seni bela diri versi modern dari kung fu. Perbedaan utama antara wushu dan kung fu adalah tujuannya. Kung fu bertujuan sebagai olahraga yang menyeimbangkan tubuh dan membela diri, sementara wushu berfokus pada kekuatan menyerang, fleksibilitas, dan daya tahan tubuh.

11. Kendo

Kendo mengandalkan senjata yang disebut shinai. Shinai adalah pedang bambu yang mengambil inspirasi dari bela diri Jepang kuno, kenjutsu. Dasar gerakan kendo adalah gerakan kaki dan badan yang mengutamakan kelincahan dan keseimbangan. Tujuan dari kendo adalah meningkatkan teknik menggunakan pedang, fokus, daya tahan tubuh, dan kelincahan.

Kesimpulan

Selain belajar seni bela diri di tempat khusus seperti dojo atau sekolah bela diri, kamu juga dapat melakukan olahraga bela diri di pusat kebugaran FIT HUB. Terdapat kelas body combat yang dapat menjadi olahraga bela diri dasar untuk kamu para pemula untuk seni bela diri.

Tertarik? Yuk, ikuti program free trial yang dapat kamu gunakan untuk gabung dan mengikuti kelas body combat di FIT HUB. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan membership consultant untuk memahami tujuan olahragamu.

Yuk, klik di sini untuk pahami dan daftar program free trial FIT HUB sekarang!