Pentingnya Latihan Kardio Saat Puasa

Banyak orang memilih untuk tidak berolahraga pada saat bulan puasa tiba, kamuikata latihan tetap dijalankan biasanya latihan kardio menjadi salah satu aktivitas latihan yang dihindari, oleh karena latihan kardio cenderung menguras energi dan dampak langsung yang bisa dirasakan adalah rasa haus yang muncul dengan cepat.

Pertanyaannya apakah kita yang menjalankan ibadah puasa lebih baik “skip” latihan kardio ataukah justru latihan kardio penting dilakukan bahkan di saat berpuasa sekalipun, yuk kita simak sama-sama.

Salah satu dari 5 komponen kebugaran adalah Kardiovaskular, dimana arti dari kata kardiovaskular adalah jantung dan pembuluh darah yang mana komponen ini sangat penting diperhatikan karena kesehatan jantung, pembuluh darah dan juga paru-paru adalah kunci hidup yang sehat . Oleh sebab itu latihan kardiovaskular tidak hanya penting dilakukan ketika tidak puasa tetapi tetap penting dilakukan ketika berpuasa.

Tidak menutup kemungkinan, terkadang ada saja yang tidak mau atau bahkan menghindari melakukan latihan ini karena mungkin belum tahu manfaat dari kita melakukan latihan kardiovaskular pada saat berpuasa, jadi yuk coba kita lihat apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari latihan kardiovaskular yang rutin

DSC05215.JPG

1. Meningkatkan metabolisme

Sama dengan jenis olahraga lainnya, kardio juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh. Dengan melakukannya secara rutin, maka sistem kerja metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

2. Menyehatkan kesehatan jantung

Olahraga kardio dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membuat jantung kuat karena tidak perlu bekerja ekstra untuk memompa darah.

3. Mengurangi stres

Olahraga kardio mampu membantu tubuh memproduksi hormon yang membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Karena dapat mengurangi rasa stres yang biasa dirasakan banyak orang.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Sistem imun dan daya tubuh penting untuk dijaga terutama saat puasa. Olahraga kardio yang dilakukan rutin diketahui mampu meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh. Ini merupakan hal baik sebab sel darah putih termasuk komponen yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Menguatkan otot

Jenis olahraga kardio seperti berenang, berlari, dan bersepeda bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh bagian bawah (lower body) terutama kekuatan otot kaki, otot core, bahkan otot tubuh secara keseluruhan.

Nah, setelah mengetahui besarnya manfaat latihan kardiovaskular maka tentunya latihan ini tidak bisa diskip ya, latihan kardio yang baik di bulan Ramadhan disarankan dilakukan 40-30 menit sebelum saat berbuka puasa tiba dengan intensitas rendah. Latihan kardio di gym tidak harus dengan treadmill, bisa juga dilakukan dengan sepeda statis atau bahkan menggunakan berat badan saja (body weight training).

Durasi istirahat ketika latihan dapat dibuat menjadi lebih panjang dibandingkan ketika sedang tidak puasa. Meskipun pada dasarnya latihan kardio mudah dilakukan, tetap kedepankan aspek keamanan latihan agar manfaat dari latihan kardiovaskular dapat dicapai dengan optimal.