Yuk Waspadai Hipoglikemia Saat Puasa

FIT HUB

FIT HUB

Marketing Team

Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum dalam waktu yang relatif lama. Akibatnya pasokan gula darah kita pastinya akan berkurang, apalagi ditambah dengan aktivitas kita di luar rumah seperti bekerja, berpergian, ataupun olahraga yang membutuhkan banyak energi. Kamu harus waspada jika level gula darah kamu berkurang hingga dibawah batas normal, kondisi ini disebut sebagai Hipoglikemia.

Memang apa sih Hipoglikemia itu?

hipoglicemia-825x510-1.jpg

Hipoglikemia adalah kondisi natural ketika level gula darah turun. Ini bisa dipengaruhi beberapa hal seperti makanan, minuman, dan olahraga. Dikatakan Hipoglikemia jika level gula darah berada di bawah 70 mg/dL. Sekarang mari kita kenali gejala-gejala Hipoglikemia:

  • Lelah
  • Pusing
  • Pucat
  • Sulit berkonsentrasi
  • Bibir kesemutan
  • Gangguan penglihatan
  • Kejang
  • Mengantuk

Biasanya Hipoglikemia erat kaitannya dengan diabetes baik tipe 1 atau 2. Namun Hipoglikemia bisa terjadi pada orang tidak memiliki kondisi diabetes.

Bagi kamu yang melakukan olahraga sebelum berbuka puasa harus mewaspadai kondisi ini, karena ketika kita masih berpuasa level gula darah sudah rendah. Seperti yang kita tahu kalau olahraga membutuhkan energi yang didapat dari gula darah. Maka Hipoglikemia bisa terjadi saat kamu melakukan olahraga, istilah nya dikenal dengan Exercise-Induced Hypoglycemia.

Berikut ini adalah hal-hal yang kamu harus perhatikan untuk menghindari Hippoglikemia ketika kamu olahraga:

Jika kamu berolahraga sebelum berbuka, pastikan saat sahur kamu mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang cukup. Tidak disarankan sahur dengan karbohidrat simple, karena cepat serap , sehingga tidak bisa memberikan pasokan energi yang cukup untuk kamu olahraga.

Setelah selesai olahraga, makan lah dengan gizi seimbang yang mencakup karbo, protein, dan lemak. Sesaat setelah berbuka, langsung dengan segera konsumsi karbohidrat cepat serap, seperti smoothie atau buah-buahan.

Jika kamu olahraga setelah berbuka, pastikan kamu berbuka dengan gizi seimbang mencakup protein, lemak, dan karbohidrat 1,5 sampai 2 jam sebelum olahraga. Selalu sedia snack disela-sela latihan, khususnya jika kamu berlatih dengan intensitas tinggi. Protein bar atau smoothies bisa menjadi pilihan.

Referensi: https://rarediseases.info.nih.gov/search-result?category=&page=1&letter=&search=