7 Cara Membentuk Otot Perut yang Mudah dan Efektif

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Cara membentuk otot perut yang benar bukan hanya dilakukan dengan melakukan olahraga saja. Banyak faktor yang bisa ikut berpengaruh pada pembentukan otot perut, terutama nutrisi makanan hingga gaya hidup

Sebagai bagian dari inti tubuh, otot perut memiliki peran yang cukup krusial dalam membentuk postur dan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, penting untuk memiliki otot perut yang kuat dan bukan hanya semata karena tuntutan penampilan saja.

Namun, dengan memiliki otot perut yang rata dan kuat, tentunya bisa menunjang penampilan dan meningkatkan kepercayaan dirimu, kan?

Nah, supaya bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari memiliki otot perut yang kuat dan bonus penampilan yang lebih menarik, ketahui dulu cara membentuk otot perut yang benar. Yuk, baca penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Membentuk Otot Perut yang Benar

Cara Membentuk Otot Perut - freepik.jpg

Otot perut sering kali tertutup oleh lapisan lemak yang membuat perut buncit. Karena itulah, banyak orang yang berlatih untuk menghilangkan lemak di perut.

Dalam menjalankan rutinitas hidup sehat, berikut ini cara membentuk otot perut yang bisa dilakukan.

1. Mengendalikan makronutrien tubuh

Penting untuk dapat mengendalikan asupan makronutrien untuk membantu menentukan lemak tubuh yang ingin dikurangi.

Makronutrien terdiri atas protein, lemak, dan karbohidrat yang menjadi sumber kalori dan harus diseimbangkan dengan kebutuhan diri seseorang.

Pola makan berbasis makronutrien ini biasanya terkait dengan peningkatan komposisi tubuh, tingkat energi, suasana hati, dan pengendalian nafsu makan.

Namun, secara umum dapat diasumsikan bahwa asupan protein yang lebih tinggi daripada karbohidrat biasanya lebih berhasil pada banyak orang.

2. Siapkan meal prep

Istilah meal prep mungkin sudah populer kamu dengar sehari-hari. Hal ini bukan hanya berlaku untuk persiapan masakan, tapi juga untuk mengendalikan nutrisi.

Jika sudah disipakan dengan takaran nutrisi yang tepat, meal prep untuk satu atau beberapa hari saja dalam seminggu bisa menjadi game changer dalam membentuk otot perutmu, loh!

3. Lakukan olahraga yang membakar lemak

Pilihan rutinitas olahraga kamu juga bisa lebih fokus pada latihan kardio.

Kamu bisa memilih kombinasi latihan dan aktivitas olahraga seperti lari, bersepeda, atau latihan di kelas aerobik.

Selain itu, strength training juga akan membantu mempertahankan massa otot tanpa lemak pada otot perut.

Kamu juga bisa menjaga metabolisme tetap optimal agar dapat mencapai penampilan yang memang diidam-idamkan dengan otot perut yang kencang.

4. Kurangi alkohol dan gula

Jika ingin menurunkan lemak di dalam tubuh, kurangi alkohol dan tambahan gula.

Kalori dari gula dan alkohol bukan hanya meningkatkan lemak, tapi juga nafsu makan. Biasanya, hal ini membuat kamu lebih sulit menjalankan pola makan sehat.

Selain itu, alkohol juga bisa mengacaukan metabolisme dan pembakaran lemak tubuh yang efisien.

5. Disiplin dengan gaya hidup baru

Setiap transformasi yang penting harus dilakukan dengan adanya konsistensi dan pola pikir yang lurus.

Hal ini akan mempertahankan motivasi sehingga kamu lebih menikmati proses jangka panjangnya.

Karena itu, healthy habit yang kamu bangun harus didasarkan pada suatu tujuan yang bisa dipertahankan bahkan saat sedang kehilangan motivasi.

6. Istirahat dengan cukup

Kurang tidur dapat merusak tujuan baik kamu, termasuk keinginan untuk membentuk otot perut. Hal ini juga bisa mengacaukan suasana hati, nafsu makan, dan kemauan.

Saat merasa keleahan, akan lebih sulit untuk makan makanan sehat atau melakukan rutinitas olahraga.

Beberapa penelitian mengaitkan peningkatan penyimpanan lemak perut dengan kualitas tidur yang buruk.

Artinya, kurang tidur juga dapat meningkatkan penyebab meningkatnya penyimpanan lemak di dalam tubuh.

7. Mengelola tingkat stress

Seperti rasa lelah yang bisa mengganggu keinginan atau motivasi, stress juga bisa menyebabkan nafsu makan perlebihan.

Respons stres juga bisa melepaskan hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan.

Meski kortisol juga mendorong pemecahan otot untuk mendapatkan energi lebih cepat, kelebihan nutrisi yang dilepaskan dari respons stres malah bisa disimpan sebagai lemak perut.

Kesimpulan

Cara membentuk otot perut adalah dengan beberapa hal di atas. Misalnya, menerapkan rutinitas hidup sehat dengan menendalikan makronutrien, olahraga kardio, mengurangi gula dan alkohol, berisitrahat dengan cukup, dan mengendalikan stres.

Rutinitas hidup sehat kamu juga harus didukung dengan konsistensi dan kesabaran untuk memberi waktu pada tubuh merespons gaya hidup baru.

Agar lebih konsisten dan termotivasi, daftarkan diri kamu menjadi member FIT HUB untuk mendapatkan pilihan latihan dengan alat gym yang lengkap dan akses gratis ke berbagai kelas yang seru!