19 Minuman Sehat Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Minuman sehat tidak melulu harus berbahan dasar sayuran. Berbagai buah, teh, dan susu pun bisa jadi pilihan untuk memenuhi nutrisi sehari-hari.

Akan lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika harus membeli, pastikan minuman tersebut tidak menggunakan pemanis buatan atau gula tambahan.

Dalam artikel ini ada rekomendasi 19 minuman sehat yang bisa kamu konsumsi setiap harinya.

19 Minuman Sehat yang Baik untuk Tubuh

Berikut kami rangkum beragam fakta hingga studi soal minuman sehat dari MedicineNet, Healthline, dan Draxe.

1. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak - freepik.jpg

Susu kemasan yang beredar saat ini menawarkan berbagai jenis rasa. Namun, susu tersebut biasanya sudah ditambah pemanis buatan. Makanya, lebih baik kamu memilih susu murni atau yang rendah lemak.

Susu mengandung kalsium dan vitamin D. Kalsium sendiri dipercaya berfungsi sebagai pembakar lemak dan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

2. Susu kedelai/soya

Susu kedelai kaya akan serat dan protein. Nutrisi tersebut berasal dari bahan utamanya yang merupakan biji-bijian. Susu ini dipercaya dapat membantu mengontrol level kolesterol jahat dalam tubuh. Tentunya hal tersebut harus didukung dengan pola hidup sehat, ya.

Sama seperti susu rendah lemak, lebih baik membeli dan mengonsumsi susu kedelai yang kadar gulanya rendah.

3. Cokelat hangat

Cokelat hangat bisa ditemukan di berbagai cafe dan coffee shop. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan bahwa cokelat tersebut tidak diberi gula tambahan. Cokelat secara alami mengandung polyphenols yang merupakan salah satu jenis antioksidan.

4. Jus semangka

Sama seperti minuman cokelat, jus semangka juga salah satu minuman antioksidan alami. Semangka mengandung vitamin C dan A yang dipercaya dapat menjaga kondisi kulitmu.

5. Jus blueberry

Jus blueberry - freepik.jpg

Blueberry dikenal sebagai buah yang cocok untuk diet. Jus blueberry pun dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Blueberry kaya akan vitamin C dan zat besi.

6. Jus cherry

Jus cherry saat ini sedang banyak dikonsumsi orang-orang yang diet. Cherry sendiri mengandung senyawa phenolic yang berfungsi untuk membantu proses pemulihan otot dan tubuh setelah olahraga.

7. Jus goji berry

Jus goji berry bermanfaat untuk menambah energi, meningkatkan kekuatan fisik, serta mengontrol stres dan kelelahan. Makanya, cocok untuk kamu yang aktif gym. Goji berry juga dapat dinikmati juga dalam versi buah keringnya.

8. Jus jeruk

Jus jeruk adalah minuman yang populer. Namun, pastikan jus jeruk yang kamu minum tanpa gula tambahan, ya. Jus jeruk kaya akan vitamin C yang dipercaya menjaga imun dan meningkatkan kualitas pencernaan.

9. Jus tomat

Untuk memulai hari dengan level energi tinggi, maka kami sarankan kamu minum jus tomat. Minuman sehat ini dapat membantumu terhidrasi di pagi hari karena kandungan air dan vitamin C-nya.

10. Jus bit

Jus bit - freepik.jpg

Jus bit bekerja sebagai antioksidan alami serta sumber serat terbaik. Jus satu ini dipercaya dapat menjaga kualitas pencernaan, meningkatkan imun tubuh, dan memberikan energi tambahan untuk tubuh.

11. Jus lidah buaya

Meski teksturnya banyak tidak disukai, jus lidah buaya dipercaya punya manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, batuk-batuk, hingga sakit kepala.

12. Jus delima

Jus delima adalah salah satu minuman sehat yang memberikan manfaat baik untuk kulit. Delima dipercaya punya ragam senyawa antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit, pencernaan, hingga jantung.

13. Air lemon

Air putih dan potongan lemon adalah minuman antioksidan yang dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit dan kesehatan rambut. Lemon secara alami kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam satu buah lemon sudah dapat memenuhi hampir 51% kebutuhan vitamin C harianmu.

14. Air kelapa tanpa gula tambahan

Air kelapa saat ini dapat ditemukan dalam versi kemasan. Namun, banyak air kelapa kemasan yang sudah diberi gula tambahan. Nutrisinya memang sama, sayangnya gula tambahan tersebut akan berefek buruk bagi kamu. Makanya, lebih baik konsumsi air kelapa tanpa gula.

Secara alami, air kelapa mengandung mineral serta antioksidan yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

15. Teh jahe

Teh jahe - freepik.jpg

Teh jahe adalah salah satu minuman sehat yang sudah sering dikonsumsi. Selain punya efek menghangatkan, teh jahe juga bermanfaat untuk mengatasi mual, menjaga tekanan darah, hingga mengobati nyeri dan pegal-pegal.

Kamu juga dapat menambahkan perasan air lemon untuk menambah nutrisi serta manfaat dari teh jahe.

16. Green tea

Teh hijau sudah dipercaya sebagai minuman sehat dan sumber antioksidan sejak lama. Antioksidan dalam teh hijau, polyphenols disebut-sebut sebagai senyawa yang menjaga kesehatan kulit, peredaran darah, dan metabolisme tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi teh hijau dengan diminum dan kantong tehnya dapat menjadi masker wajah.

17. Teh kunyit

Mungkin kamu lebih sering mendengar kombinasi teh jahe daripada teh kunyit. Minuman sehat ini dipercaya dapat membantu mengobati ragam penyakit fisik seperti sakit gigi, reumatik, keseleo, hingga luka. Semua manfaat tersebut datang dari kandungan utamanya, yaitu kurkumin.

Kamu juga bisa mengkombinasikan teh kunyit dengan merica untuk meningkatkan nutrisi dan manfaatnya.

18. Teh dandelion

Selain teh hijau, dandelion juga jenis daun yang banyak digunakan sebagai bahan utama teh. Dipercaya sebagai sumber detoks yang baik untuk tubuh, teh dandelion dapat mengatasi nyeri sendi, edema (pembengkakan akibat cairan), dan masalah kulit lainnya.

19. Teh mint

mint tea - freepik.jpg

Daun mint sudah dipakai untuk beragam hal, dari minuman, makanan, hingga pasta gigi. Namun, teh mint adalah salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi maksimalnya. Teh mint membentuk senyawa antispasmodic yang dipercaya dapat membantu tubuh rileks dan mengurangi pegal atau nyeri.

Kamu bisa mencampurkan teh mint dengan perasan air lemon untuk memaksimalkan nutrisinya. Selain itu, kombinasi dingin dan asam dapat memberi kesegaran saat cuaca panas.

Kesimpulan

Itulah ragam minuman sehat yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Sehat tidak hanya datang dari sayuran, bukan? Rasa buah, susu, hingga teh dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

Beberapa minuman sehat di atas juga memberikan energi untuk mendukungmu dalam olahraga.

Nah, untuk kamu yang mau mulai aktif olahraga, yuk, coba penawaran khusus berupa free trial di pusat kebugaran FIT HUB yang sudah punya cabang di banyak kota.

Selama free trial kamu bisa konsultasikan kebutuhan olahragamu dan dapatkan program kesehatan dari membership consultant kami.

Klaim free trial-mu sekarang juga di link ini.