Mengenal BCAA dan 6 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

BCAA adalah salah satu suplemen yang cukup populer di kalangan pencinta olahraga dan kebugaran. Apakah kamu sudah memahami mengenai hal yang satu ini?

BCAA atau Branched-Chain Amino Acids adalah kumpulan tiga jenis asam amino esensial yang terdiri dari leucine, isoleucine, dan valine. Karena tubuh tidak bisa memproduksi BCAA sendiri, kita harus mendapatkannya dari makanan atau suplemen tambahan.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak soal BCAA dan manfaatnya untuk tubuh, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu BCAA?

Apa Itu BCAA - freepik.jpg

Branched-chain amino acids atau BCAA adalah nutrisi esensial yang sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Jadi, jalan satu-satunya untuk mendapatkan nutrisi ini adalah dari makanan atau suplemen khusus.

Namun, seberapa banyak yang seharusnya kita konsumsi? Diperkirakan bahwa untuk orang dewasa, asupan harian yang dianjurkan adalah sekitar 68 mg/kg (dengan leusin sebanyak 34 mg/kg, isoleusin 15 mg/kg, dan valin 19 mg/kg).

Sementara itu, ada perkiraan lain yang menyatakan bahwa kebutuhan harian akan BCAA bisa mencapai 144 mg/kg. Lalu, untuk anak-anak, jumlah yang direkomendasikan bergantung pada usia mereka.

Selain dari suplemen, BCAA juga dapat diperoleh dari makanan sehari-hari, seperti daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, dan unggas.

Manfaat BCAA untuk Kesehatan dan Kinerja Tubuh

Manfaat BCAA untuk Kesehatan dan Kinerja Tubuh - freepik.jpg

BCAA adalah salah satu suplemen populer yang sering digunakan oleh atlet profesional karena dapat membantu tubuh dalam membangun dan memperbaiki otot.

Meski begitu, suplemen ini tidak hanya populer di kalangan atlet profesional, tetapi juga di antara orang-orang yang peduli akan kesehatan dan kebugaran mereka.

Hal ini dikarenakan suplemen ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan kesehatan dan kinerja tubuh.

Nah, berikut ini beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Salah satu manfaat utama BCAA adalah untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada tiga jenis BCAA yaitu leucine, isoleucine, dan valine. Leucine sangat penting karena dapat membantu tubuh membuat lebih banyak protein otot yang diperlukan untuk membangun otot.

Hal ini didukung oleh salah satu penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi BCAA setelah latihan dapat membantu otot membuat lebih banyak protein.

2. Mengurangi Nyeri Otot

BCAA juga dapat membantu mengurangi nyeri otot yang sering terjadi setelah latihan intens, lho.

Nyeri ini dikenal sebagai DOMS (delayed onset muscle soreness), biasanya muncul 12 hingga 24 jam setelah latihan dan bisa bertahan hingga 72 jam.

DOMS mungkin disebabkan oleh robekan kecil pada otot setelah latihan atau kerusakan pada jaringan yang mendukung otot.

Nah, beberapa penelitian menunjukkan bahwa BCAA dapat mengurangi kerusakan otot dan membantu mengurangi durasi dan keparahan DOMS.

3. Mengurangi Kelelahan Akibat Latihan

Semua orang pasti pernah merasa lelah setelah berolahraga. Namun, tahukah kamu bahwa BCAA bisa membantu mengatasi kelelahan ini?

Saat kamu berolahraga, otot-ototmu menggunakan nutrisi ini sehingga kadar BCAA dalam darah menurun.

Ketika ini terjadi, kadar triptofan yang merupakan asam amino esensial di otak meningkat. Di dalam otak, triptofan diubah menjadi serotonin, zat kimia yang membuatmu merasa lelah.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen BCAA bisa mengurangi kelelahan ini.

4. Mencegah Kehilangan Otot

Selain mengurangi kelelahan, BCAA juga bisa mencegah kehilangan otot, lho. Kehilangan otot bisa terjadi karena berbagai alasan seperti malnutrisi, infeksi kronis, kanker, periode puasa, dan proses penuaan.

Protein otot dalam tubuh terus-menerus dipecah dan dibangun kembali. Kehilangan otot terjadi ketika pemecahan protein lebih banyak daripada pembentukannya.

BCAA sangat penting dalam proses ini karena mereka menyumbang 35% dari asam amino esensial dalam otot dan 40-45% dari total asam amino yang dibutuhkan tubuhmu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BCAA bisa membantu mencegah kehilangan otot ini, bahkan bagi orang-orang yang sudah berusia atau punya masalah kesehatan serius seperti kanker.

5. Sirosis Hati

Sirosis hati adalah kondisi serius di mana hati mengalami kerusakan parah dan jaringan parut menggantikan jaringan hati yang sehat.

Orang dengan sirosis sering menghadapi berbagai komplikasi kesehatan, termasuk penurunan kadar BCAA dalam tubuh.

Namun, penelitian menunjukkan jika BCAA mungkin memiliki peran penting dalam mengatasi masalah ini.

Meski begitu, penting untuk diingat bahwa penggunaan suplemen BCAA haruslah dengan pengawasan dokter, ya.

6. Diskinesia Tardif

Diskinesia tardif adalah kondisi yang ditandai dengan gerakan tubuh tak terkontrol, seringkali akibat efek samping dari beberapa obat seperti antipsikotik.

Namun, ada studi yang mengatakan jika suplemen BCAA dapat membantu mengurangi gejala diskinesia tardif ini.

Artinya, BCAA dapat menjadi solusi atau obat untuk meredakan gerakan tubuh yang tidak terkontrol tersebut.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami secara lebih mendalam tentang bagaimana suplemen BCAA dapat memengaruhi kondisi ini.

Kesimpulan

BCAA adalah nutrisi esensial yang terdiri dari tiga jenis asam amino yaitu leucine, isoleucine, dan valine.

Manfaat BCAA sangat banyak. Mulai dari membantu meningkatkan pertumbuhan otot, mengurangi nyeri otot setelah latihan, hingga mengurangi rasa lelah.

Selain itu, BCAA juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu seperti sirosis hati (kerusakan hati yang parah) dan diskinesia tardif (gerakan tubuh tak terkendali akibat efek samping obat).

Namun, sebelum mulai mengonsumsi suplemen BCAA, sangat penting untuk konsultasi dengan dokter, ya. Terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lainnya.

Nah, jika kamu ingin memiliki tubuh yang lebih bugar, tentunya harus mulai rutin berolahraga. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan seimbang.

Supaya perjalanan mencapai tubuh yang lebih bugar bisa berjalan dengan lancar, kamu bisa bergabung di FIT HUB. Menjadi member FIT HUB, membuat kamu berkesempatan untuk mengikuti kelas dan menggunakan fasilitas gym yang lengkap, lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan dirimu segera melalui link ini, ya!