18 Sayuran Terbaik untuk Diet: Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Ada banyak sayuran untuk diet yang punya kandungan serat tinggi dan rendah kalori. Bahkan, beberapa sayur untuk diet ini bukan hanya untuk mengecilkan perut, tapi juga mampu mengurangi lemak di wajah.

Penasaran apa saja? Yuk, cek 18 sayuran untuk diet yang kami rekomendasikan berikut ini!

18 Jenis Sayuran untuk Diet

Daftar ini kami rangkum dari Food Network, Farm Fresh, dan The Health Site.

1. Mentimun

Mentimun - freepik.jpg

Mentimun adalah sayuran untuk diet yang rendah karbohidrat, tapi kaya akan kandungan air. Satu buah mentimun dipercaya dapat memberikan asupan 1 gram serat.

Selain bernutrisi, sayuran ini juga menyegarkan jika dimakan dalam kondisi dingin. Sayuran ini cocok untuk dijadikan camilan diet yang mengenyangkan.

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran bernutrisi tinggi yang tepat untuk diet. Dalam 1 cup brokoli matang (sekitar 19 gram), ada kandungan 6 gram karbohidrat dan serat. Brokoli juga sumber vitamin C dan potassium terbaik.

Brokoli bahkan dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah orang-orang yang terkena diabetes.

3. Bayam

Sayuran untuk diet satu ini kaya akan Vitamin K, serat, dan antioksidan. Bayam dipercaya dapat menjadi sumber gula harian, karena saat dimasak kandungan karbohidratnya akan menjadi gula.

Bayam juga disebut oleh Pusat Pencegahan Penyakit Amerika Serikat sebagai super food karena dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti masalah jantung dan diabetes.

4. Jamur

Dalam 70 gram jamur yang dimasak matang memiliki 15 kalori dengan kandungan 3 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Jamur juga dipercaya punya efek antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sayuran ini juga disebut dapat membantu menurunkan gula darah bagi orang yang mengidap diabetes.

5. Kubis brussel

Kubis brussel - freepik.jpg

Kubis brussel memiliki kandungan dan nutrisi mirip brokoli, yaitu kaya serat, potassium, dan vitamin C. Kandungan tersebut pun membuat kubis brussel dipercaya dapat membantu mengurangi lemak di wajah.

Dalam 1 cup kubis brussel juga hanya memiliki 38 kalori dan bisa dimasak dengan ditumis hingga dipanggang.

6. Kacang polong (green peas)

Sayuran untuk diet ini kaya akan serat yang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Kacang polong juga merupakan bahan makanan yang mudah digunakan untuk berbagai menu. Dalam satu cup kacang polong terkandung 9 gram serat.

7. Kembang kol

Kembang kol hanya mengandung 27 kalori dan menjadi sumber serat terbaik selanjutnya. Selain membantu melancarkan pencernaan, kembang kol juga membantumu kenyang lebih lama. Hal tersebut tentunya akan sangat membantumu selama diet.

8. Ubi

Ubi dapat menjadi karbohidrat pengganti nasi ketika diet. Dibandingkan nasi, ubi punya kandungan serat lebih tinggi. Rekomendasi menu untuk memaksimalkan asupan serat selama diet adalah ubi, kale, dan kacang hitam.

9. Kubis/cabbage

Berbeda dari kubis brussel, kubis satu ini lebih mudah ditemukan di pasar atau supermarket sekitarmu. Kubis mengandung vitamin A, C, E, K, dan asam folat. Kalori kubis juga terhitung rendah, yakni 25 kalori per 100 gram.

10. Kacang hitam (black beans)

Kacang hitam (black beans) - freepik.jpg

Selain kaya akan serat, kacang hitam juga sumber protein dan magnesium terbaik. Meski harganya cukup mahal, kacang hitam dapat menjadi alternatif ketika bosan makan telur atau ayam.

Untuk mengonsumsi kacang hitam, kamu harus memasaknya hingga matang terlebih dahulu.

11. Zucchini

Berbeda dari mentimun yang biasa kamu makan, kulit zucchini dapat dikupas dan dijadikan sumber sayuran untuk diet tambahan. Satu zucchini ukuran sedang, terkandung 4 gram karbohidrat dan serat. Selain itu zucchini juga sumber vitamin C yang baik.

12. Buncis

Buncis mengandung 10 gram karbohidrat dan 4 gram serat, tak heran sayuran ini jadi pilihan utama untuk diet. Buncis juga salah satu kacang-kacangan yang mengandung chlorophyl.

Kandungan tersebut adalah jenis antioksidan yang menjaga imunitas dan dipercaya dapat membantu menghindari penyakit jantung.

13. Selada

Selada mengandung 1 gram karbohidrat dan 34 gram serat. Dengan hanya 47 kalori per 100 gram, selada juga menawarkan vitamin A, C, dan K. Sayuran ini cocok untuk dikonsumsi saat diet, terutama dalam kondisi mentah. Selada juga dipercaya dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

14. Kale

kale.jpg

Sayuran untuk diet satu ini dapat ditemukan di supermarket. Kale dapat dikonsumsi secara mentah atau dimasak, kamu tetap bisa mendapatkan antioksidan quercetin dan kaempferol.

Kedua antioksidan tersebut dipercaya dapat menurunkan level kolesterol dan mencegah masalah jantung. 1 cup kale mengandung 7 gram karbohidrat dan vitamin A serta C.

15. Lobak

Lobak juga dapat dimakan dalam kondisi mentah atau dimasak. Kamu akan tetap mendapatkan nutrisi terbaik seperti vitamin C, karbohidrat, dan serat. Kandungan tersebut memenuhi 29% kebutuhan vitamin C harian kamu.

16. Seledri

Dalam 15 gram seledri, kamu akan mendapatkan 2 gram serat serta vitamin K. Sayuran untuk diet ini juga mengandung luteolin, senyawa yang dipercaya dapat membantu mencegah penyakit kronis. Seledri dapat dikonsumsi secara mentah dan dimasak dalam berbagai menu.

17. Paprika

Paprika punya nutrisi tinggi dengan kandungan 9 gram karbohidrat, 4 gram serat, serta kaya akan vitamin A dan C. Paprika juga punya kalori rendah, yaitu 20 kalori per 100 gram.

Kandungan tersebut dapat ditemukan pada segala jenis paprika dari hijau, merah, dan kuning. Paprika pun dipercaya sebagai sumber protein yang dibutuhkan saat diet, dengan jumlah kira-kira 8 gram.

18. Terong

Terong - freepik.jpg

Terong jadi sayuran untuk diet yang dapat dikonsumsi dengan dicampur dengan sayur atau daging, serta direbus. Dalam satu cup terong mengandung 8 gram karbohidrat, 2 gram serat, dan antioksidan nasunin. Jenis antioksidan tersebut dapat membantu menangkal radikal bebas.

Kesimpulan

Selain konsumsi sayuran tinggi serat dan bernutrisi untuk diet, kamu harus melengkapinya dengan olahraga. Salah satunya adalah latihan beban di pusat kebugaran FIT HUB.

Dengan alat-alat fitness paling baru dan terbaik, kamu bisa melatih otot-otot dan membakar kalori secara maksimal. FIT HUB juga menyediakan 40+ kelas-kelas menarik seperti bodycombat, zumba, poundfit, hingga pilates.

Semua itu bisa kamu akses dengan mengikuti program free trial dari FIT HUB! Yuk, konsultasikan kebutuhan olahragamu dengan membership consultant dan dapatkan panduan latihan dari personal trainer kami dengan klik di sini!