9 Cara Menurunkan Berat Badan secara Sehat. Cobain!

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Siapa sih yang tidak ingin punya berat badan ideal? Berat badan ideal tentu harus diraih dengan cara menurunkan berat badan yang sehat. Sehingga, tidak hanya berat badan impian, namun juga kesehatan tubuh yang lebih terjaga.

Sayangnya, banyak sekali dari kita yang memilih jalan pintas untuk mendapatkan berat badan impian secara instan. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat pelangsing yang sebenarnya kandungan di dalamnya belum jelas apakah benar efektif untuk menurunkan berat badan atau hanya memiliki banyak serat.

Mendapatkan berat badan ideal sebenarnya mengacu pada pola hidup sehat yang berkesinambungan satu sama lain. Kamu tidak bisa hanya melakukan satu step saja. Seperti contohnya mengkonsumsi obat pelangsing saja tanpa menjaga pola makan seimbang. Sehingga hasilnya juga akan nihil dan justru membahayakan.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan yang efektif? Simak 9 cara menurunkan berat badan yang alami di bawah ini!

1. Jangan Pernah Lupa Sarapan

Terdengar sepele memang, namun sarapan memang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Jika kamu tidak pernah melewatkan jadwal sarapan, hal ini merupakan awal yang baik untuk menjaga berat badan atau menurunkan berat badan.

Hal ini karena dengan sarapan, kamu bisa menjaga nafsu makan saat makan siang datang. Jadi, kamu tidak cenderung kelaparan dan makan dengan porsi berlebih saat makan siang karena tubuh kamu masih memiliki energi dari menu sarapan yang kamu konsumsi sebelumnya.

Selain itu, dengan tidak melewatkan sarapan, kamu telah menjaga tubuh kamu untuk mendapatkan energi baik di pagi hari. Energi ini yang nantinya menghindari kamu dari mengantuk saat mulai bekerja, serta meminimalisir rasa ingin ngemil karena perut sudah terisi.

Untuk sarapan, baiknya konsumsilah makanan yang tidak terlalu ‘berat’ untuk dicerna tubuh. Misal oat, buah dengan yogurt plain, susu rendah lemak atau rendah gula, serta biskuit kaya serat. Boleh mengkonsumsi nasi dengan porsi sedikit dan usahakan ada sayur di dalamnya.

2. Minum Cukup

Jika tubuh sudah terhidrasi dengan baik, maka tubuh kita tidak akan mencari asupan energi lagi. Karena seringkali kita merasa lapar, padahal sebenarnya tubuh hanya perlu minum. Sinyal palsu ini yang membuat kita susah menurunkan berat badan karena merasa sering lapar dan harus makan padahal kita hanya kehausan.

Mengkonsumsi air putih dengan cukup juga membantu metabolisme tubuh tetap terjaga. Rutin minum cukup membuat tubuh terasa fit, terhindar dari kulit kering, serta pencernaan yang juga lancar.

Air putih merupakan cairan yang paling baik untuk tubuh. Kamu tidak perlu mengkonsumsi minuman isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh saat kehausan karena air putih mengandung 0 kalori. Sehingga tidak ada dosa jika kamu mengkonsumsi air putih saat program penurunan berat badan.

3. Konsumsi Banyak Serat

Dengan mengkonsumsi serat lebih banyak, maka metabolisme dan pencernaan tubuh juga akan lebih lancar. Mengkonsumsi serat juga membantu tubuh membuang racun-racun yang datang dari makanan tinggi kalori. Sehingga tubuh kamu akan terasa lebih ‘enteng’ dengan banyak makan serat setiap hari.

Selain itu, mengkonsumsi banyak serat juga membuat tubuh menjadi lebih cepat kenyang dan bertahan lebih lama, dibandingkan dengan banyak mengkonsumsi karbo. Jika karbo yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak, maka tubuh justru menjadi cepat lelah dan lesu karena bekerja maksimal menjadikan energi dari karbo.

Kamu bisa menemukan banyak serat untuk dikonsumsi setiap hari. Mulai dari buah, sayur, hingga kacang-kacangan yang baik untuk tubuh. Aneka sayuran hijau sangat enak dan nikmat untuk masuk dalam menu kamu sehari-hari. Selain mudah mendapatkannya, harganya juga relatif murah.

Terlebih lagi, ini merupakan cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat kamu rasakan langsung. Banyak serat yang masuk ke tubuh juga membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda karena kandungan sayur dan buah yang rendah kalori.

4. Tidur Cukup

Percaya atau tidak, tidur yang cukup merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara cepat. Tidur 6-8 jam tiap malam setiap hari menjaga metabolisme tubuhmu tetap baik dan on track.

Dengan tidur secara teratur, badan juga terhindar dari lesu dan letih berkepanjangan. Selain itu, selama tidur di malam hari, sel-sel dalam tubuh juga akan melepaskan racun yang selama ini mengendap. Beberapa detoks ini hanya dapat dilakukan saat kamu rutin tidur di malam hari mulai pukul 23.00 – 04.00.

Tidur di malam hari dan memilih untuk tidak begadang juga menghindari diri dari keinginan ngemil tengah malam. Tentu sangat menggoda bukan untuk mengambil cemilan dan menikmatinya di tengah malam sambil menonton film favorit hingga mengantuk?

Gaya hidup inilah yang membuat kamu susah untuk menurunkan berat badan. Jadi, hal ini yang harus kamu ubah secara maksimal jika ingin mendapatkan berat badan ideal.

Mulai sekarang pasang alarm pengingat untuk segera tidur dan bangun di pagi hari secara teratur. Jauhkan ponsel atau gawai lain dari tempat tidur kamu agar kamu bisa lebih rileks sebelum tidur. Jadi, mata tidak terpapar layar ponsel lagi sebelum kamu terlelap.

5. Hindari Stres

Mungkin ini akan sulit kamu lakukan karena beban hidup dan permasalahan di sekitarmu, hanya kamu yang tahu. Namun, kamu bisa memilah mana yang patut kamu pikirkan dan yang tidak. Sehingga level stres pada pikiran kamu bisa berkurang.

Memiliki pikiran stres membuat sebagian orang cenderung menjadi impulsif saat makan. Sehingga, mereka akan sulit berpikir jernih saat mengkonsumsi makanan. Mereka akan cenderung memakan apapun yang mereka inginkan untuk menutupi rasa stres yang sedang dirasakan.

Sehingga, level stres tinggi tidak heran menjadi faktor utama kenaikan berat badan tubuh. Dan cara menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan menghindari stres atau mengurangi pikiran-pikiran tidak penting yang membuat kamu stres berlebih.

Misalnya, kamu tidak perlu memikirkan perkataan orang yang memang tidak patut didengar. Tujuannya agar kamu bisa lebih fokus menyelesaikan masalah yang memang penting dan berpengaruh dalam hidup kamu.

6. Kurangi Konsumsi Gula

Selain dapat memicu penyakit diabetes, mengkonsumsi gula berlebih juga dapat memicu obesitas tubuh. Sehingga, mengurangi konsumsi gula adalah jalan yang efektif untuk benar-benar menjaga kesehatan kamu.

Mengingat gula memiliki sifat adiktif, tentu saja di awal kamu diet pola makan dengan mengurangi pemakaian gula di makanan dan minuman sangat sulit. Apalagi jika kamu terbiasa minum manis atau makan nasi dengan jumlah besar. Namun, jika sudah terlatih, hal ini menjadi sepele.

Membatasi jumlah gula yang masuk ke tubuh sangat signifikan untuk menurunkan berat badan karena tubuh tidak perlu mengubah gula menjadi energi. Selain itu, kelebihan gula yang ada di tubuh juga tidak mengendap. Jadi. badan kamu terhindar dari penyakit berbahaya juga.

7. Olahraga

Selain menjaga pola makan dengan defisit kalori dan gula, kamu juga tidak boleh melewatkan olahraga. Kardio ringan maupun berat bebas kamu pilih untuk membakar lemak. Kunci dari olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan konsisten melakukannya.

Jika kamu merasa bosan berolahraga sendiri, kamu bisa mencoba alternatif lain dengan bergabung atau menjadi member kelas olahraga. Jadi, kamu bisa menambah teman dan berkonsultasi dengan personal trainer yang ada. Sehingga, goals kamu untuk menurunkan berat badan menjadi cepat tercapai.

8. Kunyah Makanan secara Perlahan

Memang terbukti jika kita makan dengan terburu-buru, kita cenderung tidak menikmati makanan. Hal ini menyebabkan rasa lapar tidak segera hilang dan perut tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Sehingga, rasa lapar yang tidak kunjung hilang dapat menyebabkan kita impulsif dan ingin terus menambah porsi.

Lain ceritanya jika kita mengunyah makanan dengan perlahan. Kita dapat menikmati rasa pada tiap suapan yang kita masukan ke dalam mulut. Mengunyah makanan dengan perlahan juga efektif membuat kita lebih cepat kenyang. Jadi, porsi makan pun terjaga dan terhindar dari kata ‘nambah’ apalagi untuk tambah karbo.

Cara menurunkan badan bagi pemula seperti ini cukup baik untuk kamu terapkan karena simpel dan mudah. Mulailah dengan konsisten dan pantau bagaimana progres dari tubuh kamu setelah melakukan metode ini. Satu yang harus diingat bahwa tidak ada yang instan untuk turun berat badan secara ideal.

9. Hindari Membeli Banyak Cemilan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita sulit menurunkan berat badan karena kegiatan favorit kita adalah ngemil. Membeli stok cemilan di supermarket atau minimarket saat belanja bulanan sudah lumrah kamu lakukan, bukan?

Nah, mulai saat ini batasi yuk membeli cemilan saat belanja! Kamu bisa mengganti stok cemilan yang biasanya mengandung banyak gula dan natrium dengan membeli buah serta sayur untuk salad. Selain lebih sehat dan kaya serat, kamu tentu tidak akan ‘berdosa’ mengkonsumsinya saat lapar melanda.

Kamu juga bisa berkreasi mengolah cemilan dari sayur dan buah dengan menjadikannya smoothies bebas gula atau salad rendah kalori tanpa banyak mayo. Enak dan menyehatkan pastinya.

Kesimpulan

Mendapatkan berat badan ideal bukanlah perkara mudah seperti membalikan telapak tangan. Hasil yang kamu raih nantinya juga bukan hasil instan dan harus terus di-maintain agar berat badan terjaga dan tidak kembali naik. Sehingga, saat kamu sudah mencapai BB tersebut, kamu tidak boleh terlena.

Sembilan cara di atas harus terus kamu lakukan agar postur tubuh terus sama. Memantau indeks massa tubuh juga tak kalah pentingnya agar kamu tahu berapa banyak massa otot dan lemak yang ada dalam tubuh kamu. Jadi, jika memang ada kenaikan berat badan, kamu bisa cek apakah itu dari otot atau lemak.

Dengan mengetahui indeks massa tubuh juga menghindari kamu dari perasaan panik saat berat badan naik atau bahkan saat berat badan stagnan. Karena beda massa tubuh, beda juga bentuk badan meskipun dengan berat badan yang sama. Jadi, ini juga pentingnya memiliki personal trainer untuk bisa berkonsultasi berkala.

Selain itu, kamu juga bisa memberitahu orang terdekat jika kamu sedang menerapkan pola hidup yang lebih baik dan sehat demi mencapai berat badan ideal. Tujuannya agar mereka dapat mengingatkan jika kamu sedang lupa atau impulsif saat makan. Jadi kamu tetap on track selama set goals.

Agar kamu tidak lupa sarapan dan selalu merasa senang saat sarapan, kamu bisa melakukan meal prep untuk menu sarapan esok hari. Selain agar hemat waktu, kamu juga tidak bingung di pagi harinya harus sarapan apa. Misalnya membuat overnight oat atau no-bake low sugar cake.

Jadi, sudah tahu cara menurunkan berat badan secara sehat dan efektif? Kamu bisa bergabung dengan FIT HUB untuk olahraga baik sendiri maupun bersama teman-temanmu agar kegiatan olahragamu semakin seru! Kamu bisa dapatkan free trial juga, lho!