Puasa Kok Naik Berat Badan?

Mungkin dari beberapa Fit Friends disini ada yang mengalami atau pernah mendengar, bahwa ketika berpuasa dan bulan Ramadhan, kok berat badan malah naik?

Sebenarnya yang menyebabkan berat badan kamu naik adalah bukan puasanya loh! Ini dia yang bisa menjadi penyebab berat badan kamu naik:

1. Metabolisme tubuh melambat

Berkurangnya asupan kalori dan durasi olahraga yang berubah secara drastis yang biasanya terjadi saat puasa dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat, akibatnya pembakaran kalori dalam tubuh pun menjadi lambat dan hal ini dapat menyebabkan berat badan naik.

2. Makan berlebihan

Makan secara berlebihan adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan selama puasa, hal ini bisa terjadi karena saat berpuasa, tubuh akan beradaptasi dengan cara menahan nafsu makan namun setelah berbuka nafsu makan cenderung kembali meningkat, ada kebiasaan melampiaskan rasa lapar saat waktu berbuka tiba. "Pesta makan berlebihan" ini memiliki efek kontraproduktif yang membuat asupan kalori menjadi meningkat dan membuat berat badan naik.

3. Konsumsi makanan yang tidak sehat

Mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang terlalu manis, berlemak atau makanan cepat saji yang digoreng, menjadi salah satu kebiasaan kurang baik karena makanan-makanan tersebut memiliki nilai kalori yang tinggi tetapi nilai nutrisi rendah. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, berbagai makanan tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan di bulan puasa.

4. Berkurangnya aktivitas fisik

Kondisi tubuh yang lemas karena menahan lapar dan haus selama berpuasa sering menjadi alasan yang membuat orang menjadi malas untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga, padahal aktif secara fisik adalah salah satu cara untuk menjaga agar badan tetap bugar, sehat dan berat badan pun bisa terkendali. Jadi, jika saat puasa pola makan tidak diperhatikan dan ditambah tidak aktif secara fisik, maka bukan tidak mungkin kenaikan berat badan akan terjadi.

1140-bellyfattapemeasure.jpg

Walaupun kenaikan berat badan saat puasa adalah hal yang jarang terjadi, tetapi teman-teman bisa mengevaluasi keempat faktor di atas.

Beberapa hal yang bisa diperhatikan agar kenaikan berat badan selama puasa bisa dihindari dan berat badan ideal :

  • Hindari makan secara berlebihan saat waktu berbuka dan sahur. Sebaliknya, konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori.

  • Saat sahur dan berbuka, pilihlah makanan yang tinggi akan kandungan serat dan protein, agar rasa kenyang bisa bertahan bertahan lebih lama.

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi gula, tinggi garam, dan makanan berlemak atau makanan cepat saji.

  • Minum air putih minimal 8 gelas per hari, dengan pembagian 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas di waktu sahur.

  • Pastikan waktu tidur cukup.

  • Lakukan olahraga dengan intensitas ringan 30 menit sebelum waktu berbuka atau 1 jam setelah berbuka.

Selamat berpuasa guys!

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/berat-badan-malah-naik-saat-puasa-ini-penyebabnya https://www.alodokter.com/berat-badan-naik-selama-puasa-bagaimana-bisa https://academic.oup.com/jpubhealth/article/34/3/377/1555362 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6412279/