Apa Itu Pilates Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Belakangan ini, latihan pilates jadi makin mainstream. Latihan ini berfokus pada penguatan otot dengan intensitas rendah untuk meningkatkan kelenturan, postur, dan mobilitas.

Gerakan pilates mungkin terlihat sederhana, tapi pada praktiknya membutuhkan ketelitian dan kontrol yang tinggi.

Mat pilates bisa menjadi latihan yang bisa dicoba di rumah, gym, atau kelas dengan adanya instruktur yang bisa mengawasi.

Pada beberapa studio pilates, ada alat khusus yang bisa digunakan untuk berlatih. Namun, kamu dianjurkan untuk menguasai teknis dasar dari kelas mat pilates terlebih dahulu.

Apa Itu Pilates?

apa itu pilates - freepik.jpg

Pilates merupakan teknik latihan yang diciptakan oleh Joseph Pilates, seorang atlet dan pelatih fisik pada awal 1900-an.

Teknik latihannya menggunakan sekitar 50 latihan untuk melatih otot, meningkatkan daya tahan, dan meningkatkan keseimbangan, postur, dan fleksibilitas.

Pilates dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada Februari 2019 di PeerJ menemukan bahwa tiga sesi pilates berdurasi satu jam per minggu dapat meningkatkan massa tanpa lemak dan lemak, daya tahan tubuh, dan fleksibilitas pada orang yang kelebihan berat badan.

Pilates adalah latihan yang melatih otot-otot di area batang tubuh termasuk otot perut, bokong, dan otot yang membentang di sepanjang tulang belakang.

Jika baru memulai, pilihlah kelas atau les privat agar kamu bisa berlatih sambil diawasi instruktur untuk mencegah cedera.

Manfaat Pilates untuk Kesehatan

manfaat pilates untuk kesehatan - freepik.jpg

Pilates tidak hanya membantu memperkuat beberapa otot besar dan kecil di seluruh tubuh, tapi juga dapat memberikan beberapa manfaat berikut.

1. Meningkatkan core strenght

Pilates memang sudah terkenal dengan fokus latihan core yaitu tempat semua gerakan tubuh berasal.

Bagian core adalah otot di sekitar batang tubuh yang akan menopang dan menstabilkan tubuh jika dilatih semakin kuat dan lentur.

Core strength juga menjadi faktor kunci untuk mengurangi nyeri punggung dan pinggul. Tak hanya itu, latihan core juga bisa mengurangi disfungsi dasar panggul dan merupakan area asal mula gerakan eksplosif.

2. Memperbaiki postur tubuh

Kebiasaan untuk duduk dengan tegak memang memiliki dampak baik bagi tubuh. Saat berfokus pada keselarasan seluruh tubuh, gerak persendian, dan keseimbangan, otot-otot postural yang terabaikan akan semakin kuat sehingga postur tubuh membaik.

Kamu akan lebih mudah untuk duduk atau berdiri tegak tanpa merasa nyeri bahu atau punggung.

Postur tubuh yang membaik juga mengurangi otot-otot yang lemah dan tidak seimbang atau sakit kepala.

3. Mencegah cedera

Pilates juga akan menyeimbangkan otot-otot tubuh agar tidak kendur dan lemah. Kondisi tersebut membuat tubuh lebih rentan mengalami cedera.

Pilates berfokus pada kekuatan dinamis. Persendian kamu akan ditopang dan lebih stabil saat kamu bergerak.

4. Meningkatkan kesadaran tubuh

Sebagai latihan yang termasuk kategori mind-body exercise, pilates dapat meningkatkan kesadaran tubuh.

Perhatian dan kemampuan untuk fokus pada sensasi di tubuh akan meningkatkan kesadaran terhadap rasa nyaman, rasa sakit, emosi, dan lingkungan sekitar.

Hal ini dikenal sebagai peningkatan proprioception yaitu kemampuan tubuh untuk menjadi lebih responsif terhadap rangsangan.

Kesadaran tubuh yang lebih baik juga mencegah kamu makan berlebihan karena kamu akan lebih selaras dengan sinyal lapar dari tubuh.

5. Mengurangi rasa nyeri saat haid

Bagi para wanita, dismenor atau kondisi nyeri haid akan terasa sangat melelahkan. Wanita yang melakukan latihan pilates rutin dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri.

Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas dengan baik dan tidak perlu lagi merasa tidak berdaya saat haid.

6. Meningkatkan kinerja olahraga

Bagi seorang atlet profesional atau hanya pekerja biasa, pilates dapat meningkatkan kemampuan aktivitas olahraga.

Pilates menyeimbangkan tubuh dengan memperkuat otot, memobilisasi bagian yang kaku, dan memanjangkan area otot yang tegang.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa para atlet yang melakukan latihan pilates juga mampu menunjukkan peningkatan kecepatan, massa otot dan kekuatan batang tubuh.

Bagian core juga lebih stabil, lompatan vertikal lebih tinggi, dan fleksibilitas menendang jadi lebih baik.

Nah, itulah berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari latihan pilates. Meskipun terkesan sebagai latihan yang sederhana.

Pilates banyak memberi manfaat bagi tubuhmu, loh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba latihan pilates untuk mendukung aktivitas olahragamu!