Macam-macam Olahraga Kardio untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Olahraga kardio dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan mood, dan membuat jantung lebih sehat. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kekuatan, stamina, dan daya tahan tubuh, yang tentunya akan meningkatkan kardio.

Jadi, jika kamu ingin mencari olahraga kardio terbaik, kamu berada di tempat yang tepat. Bacalah, ambil satu atau dua pilihan dan dapatkan manfaat dari apa yang dapat diberikan aktivitas ini kepadamu.

10 Rekomendasi Olahraga Kardio Terbaik

1. Lari

Lari adalah salah satu olahraga terbaik untuk meningkatkan kardio, dan bisa dilakukan dengan mudah. Memang, menjalankannya pun sederhana dan mungkin modal paling mahal adalah niat itu sendiri.

Pertama, kamu harus mencari teman, atau kamu juga bisa mempraktikkannya di jalan. Plus, kamu tidak memerlukan gym atau fasilitas olahraga apa pun untuk olahraga ini. Kamu hanya membutuhkan sepasang sepatu kets yang nyaman untuk berlari.

Selain itu, berlari melatih otot perut, punggung dan tubuh bagian bawah sambil meningkatkan kardio. Kamu mungkin perlu memiliki motivasi di awal dan menjaganya agar tetap termotivasi untuk mencapai tujuanmu.

Berlari lebih dari 10km/jam adalah salah satu aktivitas yang akan membakar sebagian besar kalori. Kamu juga dapat menemukan teman untuk berlari bersama agar tetap termotivasi dan konsisten dalam berolahraga.

2. Berlatih Seni Bela Diri

Kamu akan melatih seluruh tubuhmu saat berlatih seni bela diri seperti pencak silat, Judo, maupun Karate. Keterampilan ini memperkuat otot, mengasah keseimbangan, dan meningkatkan kardio secara bersamaan.

Jika kamu dapat mengadakan sesi satu jam penuh, kamu akan membakar banyak kalori dan meningkatkan kardio dan stamina. Jika kamu memiliki teman berlatih seni bela diri, lebih bijak jika kamu tanyakan lebih dulu urusan keamanannya.

3. Berenang

Lebih dari latihan fisik yang lengkap, berenang adalah olahraga yang bagus untuk jantung dan aktivitas yang tidak membuat stres. Oleh karena itu, ini adalah salah satu aktivitas kardio terbaik yang bisa kamu pilih.

Cara terbaik untuk meningkatkan kardio dengan aktivitas ini adalah terus berenang selama mungkin. Untuk itu, kamu bisa mencoba semua gaya renang, seperti gaya dada atau gaya punggung.

Olahraga lengkap ini akan memungkinkanmu merasakan semua manfaat kesehatan dari berlatih olahraga. Renang adalah olahraga yang bagus untuk dinikmati bahkan jika kamu berusia di atas 40 tahun atau memiliki cedera tertentu.

Jika kamu suka berenang, usahakan buat jadwal rutin berlatih. Ini akan membantumu merasakan progres dalam kesehatan dari waktu ke waktu. Bila perlu, catat perkembangan dari latihan satu ke latihan berikutnya sebagai evaluasi rutin.

4. Tenis dan Bulutangkis

Olahraga raket, seperti bulu tangkis dan tenis, menawarkan latihan keras karena pergantian yang cepat. Saat kamu bermain olahraga raket, kamu menyadari gerakan kecil, tetapi cepat, seperti sprint, pivot, dan lainnya.

Memang, kamu membakar energi dalam semburan pendek namun kuat dengan kaki dan lengan yang kokoh. Apalagi, kamu bisa membakar 600 kalori saat bermain selama satu jam.

Jika kamu punya kawan yang juga memiliki hobi yang sama, itu berita bagus. kamu bisa mulai berlatih bersamanya. Setelah sesi latihan pertama, cobalah untuk terus konsisten berlatih.

5. Mendayung

Kami sarankan untuk melakukan olahraga dayung untuk melatih otot-ototmu. Olahraga ini cukup memakan keringat dan menyegarkan tubuh dari rasa kaku akibat rutinitas harian.

Apalagi jika kamu lebih suka beraktivitas di luar dengan nuansa alam dan mencoba tantangan baru, mendayung adalah pilihan yang menarik. Ada beberapa klub dayung yang siap menampung minatmu.

Manfaat lainnya adalah mendayung akan memahat lengan dan punggung, serta meningkatkan metabolisme. Cobalah mendayung sepekan atau dua pekan sekali secara rutin dan rasakan perbedaannya.

Selangkah demi selangkah, tingkatkan waktumu dalam mendayung, yang akan meningkatkan kardiomu. Pernapasanmu akan jadi lebih terlatih dan kuat dan lebih berdaya dalam menjalani aktivitas keseharian.

6. Basket

Bola basket adalah jenis olahraga untuk meningkatkan daya tahan kardio tubuh. Selain itu, memperkuat tubuhmu dan mengembangkan tulang yang lebih kuat, basket juga baik untuk kesehatan jangka panjang.

Satu-satunya kendala untuk olahraga ini adalah kamu membutuhkan banyak pemain lain. Jadi, jika kamu menyukai olahraga ini, cara terbaik untuk melatihnya adalah dengan bergabung di klub basket.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai apakah bola basket baik untuk kardio, kamu hanya akan tahu jika mencobanya. Kamu juga bisa bermain dalam format 3vs3 yang membutuhkan lebih sedikit pemain.

7. Gowes (Bersepeda)

Olahraga ini melatih kaki dan secara efektif dapat membakar lemak dan kalori jika kamu menginjak pedal tersebut dengan keras. Apalagi bisa jadi salah satu pilihanmu untuk mengubah kecepatan sepeda agar lebih bertenaga.

Secara umum, saat kamu bersepeda, itu tentang daya tahan. Ini jadi salah satu cara meningkatkan kardio tubuh yang cukup efektif.

Kamu tidak perlu sepeda baru, bekas pun jadi asal masih layak pakai. Tidak harus meluangkan waktu khusus untuk bersepeda dengan jarak jauh. Kamu bisa mulai dengan membiasakan diri bersepeda ketika mau ke mana-mana atau melakukannya di tempat gym dengan sepeda statis.

Bersepeda dapat membantu meningkatkan kardio harianmu. Itu cara yang bagus untuk menjadi aktif tanpa melakukan olahraga berat yang terlampau melelahkan.

8. Voli

Bola voli juga merupakan salah satu olahraga yang meningkatkan kardio tubuh. Voli merupakan aktivitas yang menyehatkan dan membantu menghilangkan lebih banyak kalori.

Olahraga ini akan membantu membentuk tubuh (dada, bahu, lengan, punggung, inti, betis, paha) lebih atletis. Memainkan olahraga ini secara teratur akan meningkatkan kardio secara lebih efisien.

Voli cukup fleksibel dimainkan di mana saja, asalkan ada luas lahan yang mencukupi. Mau di pantai maupun di dalam ruangan tertutup, olahraga ini bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu.

9. Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga persahabatan dan kolektif yang hebat, karena rekan satu tim memainkan olahraga itu bersamamu. Ini adalah salah satu olahraga kardio paling menyenangkan sekaligus fantastis yang pernah ada.

Ketika kamu bermain sepak bola, bahkan saat tidak memegang bola dalam permainan, kamu tetap harus bergerak mengikuti irama pertandingan. Bersinergilah dengan rekan-rekan satu timmu untuk mencetak skor ke gawang lawan.

Hal yang hebat dari sepak bola adalah kemampuannya dalam melatih sistem aerobik dan anaerobik antara jarak lari jauh dan dorongan singkat. Melatih kardio dan pernapasan, tapi sekaligus juga melatih kekuatan motorik otak.

Bermain olahraga seperti sepak bola, kamu harus konsisten karena rekan setim dan pelatih mengandalkanmu untuk hadir selama latihan dan pertandingan. Ini adalah saat yang tepat untuk menjadi aktif dan sehat.

Bergabunglah dengan klub di dekat rumahmu, karena sepak bola biasanya dimainkan di mana-mana. Lakukan sesi tes, kenali tim, dan konsistenlah berlatih dan bermain secara regular demi peningkatan kondisi kesehatan tubuh.

10. Tinju

Tinju mungkin bukan olahraga populer yang kamu anggap kardio, seperti berlari atau bersepeda. Namun, tinju adalah olahraga intens yang mampu meningkatkan kardio secara cukup masif juga.

Saat kamu bertinju, semua tubuh dan ototmu bergerak, dari kepala sampai kaki. Kemudian, kamu juga akan berlatih mengontrol diri. Menyerang dan bertahan dengan mekanisme taktis, alih-alih dorongan emosional belaka.

Seperti yang kamu lihat, petinju adalah orang-orang tangguh yang siap menerima risiko. Ini menjadi pertimbangan penting sebelum kamu terjun berlatih. Namun, yang pasti, tinju adalah olahraga yang meningkatkan kardio secara intens dan signifikan.

Dengan demikian, tinju dapat membantu menurunkan berat badan, membentuk otot yang kencang, dan meningkatkan kardio. Jadi, segera pergi ke klub tinju mana saja dan temukan apakah olahraga itu cocok untukmu atau tidak.

Kamu juga bisa memakai jasa pelatih pribadi yang akan membimbingmu mulai dari nol. Opsi ini memang lebih boros ongkos, tapi percayalah, ini akan lebih efektif buatmu.Jika kamu membutuhkan tempat ataupun kelas kardio guna membantumu dalam menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa kunjungi FIT HUB. Temukan kelas-kelas olahraga kardio terbaik untuk menunjang keaktifanmu.