Puasa Kok Malah Olahraga, Emang Boleh?

Ya boleh dong, kenapa engga? Mari kita bahas kenapa kamu tetap boleh untuk olahraga, malah disarankan tetap konsisten olahraga saat bulan puasa. Ketika berpuasa, tubuh dipaksa untuk menggunakan energi cadangan, ini adalah akibat dari tidak masuknya kalori dalam rentang waktu yang lama.

Emang siapa sih cadangan energi itu? Dia adalah LEMAK.

Berdasarkan Open Access Journal of Sport Medicine, berolahraga saat puasa, akan mengkondisikan tubuh untuk menggunakan lemak lebih efektif. Dengan meningkatnya lipolisis pada jaringan adiposa sehingga penggunaan lemak sebagai sumber energi akan meningkat. Sehingga puasa bisa dijadikan momen untuk melakukan fat loss, cocok banget buat kamu yang fokusnya ingin bakar lemak membandel.

Tapi olahraga, saat puasa bukannya lemes dan haus? Pastinya iya, karena kamu gak punya asupan kalori yang cukup, dan kamu gak bisa minum ketika olahraga. Makanya, ada hal-hal yang kamu harus perhatikan:

Pilih latihan dengan intensitas yang ringan, seperti cardio ringan, brisk walking, cycling, atau latihan beban dengan beban yang ringan, utamakan repetisi tinggi untuk melatih endurance kamu Durasi latihan dibuat lebih singkat dari biasanya. Ini penting untuk menghindari kelelahan yang berlebih ya Pilih waktu latihan yang tepat, kalau kamu mau olahraga saat jam puasa, maka pilihlah waktu olahraga menjelang buka puasa, biar kamu bisa langsung hidrasi tubuh kamu dan berbuka sesaat selesai latihan. Selalu dengarkan tubuh kamu ya, ingat bahwa selama berpuasa performance olahraga kamu akan berkurang, lakukanlah penyesuaian yang sesuai dengan kapasitas tubuh kamu

Jadi gimana? Bisa kan olahraga ketika puasa? Yuk kalau gitu cus olahraga, datang aja langsung ke FIT HUB!

Referensi: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.2147/OAJSM.S224919 https://link.springer.com/article/10.1007/s40279-015-0408-6#citeas