Stepbox Exercise: Definisi, Gerakan, dan Manfaatnya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Jika kamu sedang mencari whole body workout atau olahraga yang berdampak pada seluruh tubuh, stepbox exercise adalah pilihan yang efektif yang bisa kamu coba lakukan.

Stepbox exercise atau biasa juga disebut dengan box exercise adalah salah satu jenis olahraga yang sangat efektif untuk melatih tubuh secara keseluruhan.

Kamu akan mendapatkan manfaat baik dari segi ketahanan maupun kekuatan tubuh jika melakukan stepbox exercise dengan benar.

Apa itu stepbox exercise dan bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Definisi Stepbox Exercise

Definisi Stepbox Exercise - freepik.jpg

Dikutip dari Dmoose, stepbox exercise adalah olahraga yang menggunakan alat berupa platform berbentuk kotak atau boks yang terbuat dari bahan kuat seperti kayu ataupun plastik dengan tinggi yang berbeda-beda.

Stepbox exercise atau olahraga dengan menggunakan stepbox ini menjadi populer di kalangan penggemar fitness dan gym.

Banyak dari penggemar olahraga mulai mencoba olahraga ini untuk memberikan variasi pada jenis olahraga yang mereka lakukan sehari-hari.

Sebenarnya walaupun tidak menggunakan boks, step-up exercise memang sudah dikenal sangat efektif untuk otot-otot kaki atau lower-body exercise. Sementara itu, stepbox exercise hanya menggunakan boks sebagai alat bantu untuk latihan ini.

Dengan menggunakan stepbox, kamu bisa melakukan berbagai jenis latihan mulai dari latihan peregangan hingga latihan untuk seluruh tubuh. Pemilihan jenis serta ketinggian stepbox biasanya akan disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Stepbox dinilai sebagai alat yang tepat jika kamu ingin memberikan variasi pada rutinitas olahraga yang sedang dilakukan. Dengan begitu, olahraga jadi tidak membosankan dan kamu akan lebih menikmatinya.

Manfaat Umum Stepbox Exercise

Salah satu manfaat utama yang bisa kamu dapatkan jika melakukan stepbox exercise adalah hasil yang terasa untuk seluruh tubuh karena full-body workout.

Stepbox bisa digunakan dalam berbagai jenis latihan atau olahraga yang menargetkan otot, termasuk otot kaki, core exercise, dan upper body exercise. Contohnya, kamu bisa menggunakan stepbox untuk melatih otot kaki dan bokong. Bukan hanya itu, dengan tambahan beban kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari upper body workout.

Manfaat lain dari olahraga dengan stepbox adalah kegunaannya yang sangat serbaguna. Dengan stepbox, kamu bisa melakukan HIIT, latihan untuk pernapasan, atau bahkan digunakan untuk yoga.

Stepbox juga bisa diatur ketinggiannya sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan penggunanya sehingga stepbox exercise bisa menjadi pilihan yang ideal untuk pemula hingga level atlet.

Selain itu, penggunaan stepbox untuk olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Kamu bisa menggabungkan latihan seperti jumping jacks atau step-up menggunakan boks untuk meningkatkan detak jantung dan melatih ketahanan tubuh.

6 Jenis Stepbox Exercise

6 Jenis Stepbox Exercise - freepik.jpg

Jika kamu mulai tertarik untuk melakukan stepbox exercise, menurut Gripzilla berikut adalah 6 olahraga menggunakan stepbox yang paling ampuh dan sering dilakukan:

1. Box Jumps

Box jumps adalah jenis olahraga menggunakan stepbox yang sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan kaki secara keseluruhan.

Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan melompat ke atas boks dan dilakukan secara berulang. Gerakan ini akan terasa langsung pada bagian paha depan, paha belakang, dan betis.

Box jumps juga meningkatkan koordinasi dan ketangkasan kamu karena memerlukan gerakan juga kontrol yang tepat saat melakukan gerakan melompat ke atas boks.

Manfaat tambahan lainnya, box jumps juga bisa membantu meningkatkan detak jantung yang tentunya efektif untuk cardiovascular exercises, dan memberikan manfaat berupa ketahanan tubuh yang lebih baik.

2. Box Squats

Gerakan efektif selanjutnya dalam stepbox exercise adalah box squats.

Box squats sendiri memiliki manfaat untuk membangun kekuatan dan ketahanan tubuh bagian bawah atau lower body strength. Utamanya, target dari box squats adalah otot paha, pinggul, dan bokong.

Melakukan squat box dengan mempertahankan postur tubuh yang benar bisa membantu mengurangi ketegangan pada lutut. Latihan ini bukan hanya bagus untuk ketahanan tubuh bagian bawah namun juga meningkatkan mobilitas dan membentuk postur tubuh yang lebih baik.

Box squats cocok dilakukan bahkan untuk pemula asal dilakukan dengan benar. Latihan ini juga bisa dimasukkan ke dalam program strength training atau latihan kekuatan.

3. Box Step-up

Box step-up juga menjadi salah satu latihan menggunakan stepbox yang populer. Latihan ini menargetkan otot-otot tubuh bagian bawah termasuk paha depan dan paha belakang.

Manfaat box step-up antara lain membangun kekuatan dan stabilitas kaki juga berfokus pada inti tubuh dan membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh kamu.

Jika memasukkan latihan ini dalam rutinitas latihan kamu, tentu bisa membantu meningkatkan kekuatan kaki, kesehatan sendi, serta daya tahan tubuh bagian bawah secara keseluruhan.

4. Box Burpees

Box burpees adalah salah satu jenis latihan untuk seluruh tubuh yang sangat dinamis dan bermanfaat secara keseluruhan pada tubuh. Latihan ini terhubung langsung dengan beberapa bagian otot termasuk dada, bahu, tangan, dan kaki.

Gerakan melompat ke atas boks sama halnya dengan box jumps juga membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan kesehatan sistem kardiovaskular.

Manfaat lain dari box burpees yaitu meningkatkan koordinasi tubuh juga membakar kalori secara efisien dan efektif jika ditambahkan ke dalam latihan rutin kamu.

5. High Knees on The Box

Latihan ini menargetkan otot kaki khususnya otot paha dan pinggul. Gerakan mengangkat lutut pada high knees on the box juga akan membantu meningkatkan kekuatan otot perut.

Kamu bisa melakukan gerakan high knees on the box ini untuk mendapatkan manfaat seperti meningkatkan ketangkasan tubuh. High knees on the box juga cocok dilakukan jika kamu ingin mulai menambah intensitas latihan dengan tekanan yang tidak terlalu besar.

6. Bulgarian Split Squats

Bulgarian split squat memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan dan stabilitas tubuh bagian bawah.

Mulai dari otot paha depan, paha belakang, bokong, hingga betis, latihan bulgarian squat split juga membantu mendorong perkembangan otot yang seimbang.

Latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan pinggul juga pergelangan kaki kamu. Bulgarian split squat juga populer digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik dari para atlet.

Kesimpulan

Stepbox adalah alat yang digunakan dalam stepbox exercise yang terdiri dari berbagai jenis latihan. Fokus dari penggunaan stepbox untuk latihan adalah lower body exercise yang bermanfaat untuk ketahanan tubuh dan ramah dilakukan untuk pemula.

Tertarik memulai stepbox exercise? Agar latihan kamu sesuai target, kamu bisa berlatih dengan bantuan dari seorang personal trainer atau PT di gym, lho.

Segera daftar member FIT HUB untuk mendapatkan bimbingan dari PT yang berpengalaman dan menikmati berbagai fasilitas gym lengkap dan akses kelas gratis yang beragam!