Apa Itu Diet OCD yang Sempat Viral? Ini Sejarah, Metode, dan Olahraga Penunjangnya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Diet OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet sempat viral dan diperbincangkan di tahun 2013. Diinisiasi oleh publik figur Deddy Corbuzier, diet ini menggunakan konsep puasa atau intermittent fasting.

Sempat menimbulkan banyak perdebatan, tapi metode ini juga berhasil mendapatkan cerita sukses para pelakunya dalam menurunkan berat badan. Deddy bahkan sempat membuat panduan lengkap diet OCD dalam format buku elektronik yang mencapai 7 juta unduhan dalam 45 hari.

Hal yang cukup unik adalah diet ini masih memperbolehkan pelakunya mengonsumsi junk food, lho! Sebenarnya bagaimanakah sejarah, metode dan olahraga penunjang dari diet OCD ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Sejarah OCD

Ide dari diet ini bermula ketika Deddy mengunjungi Hong Kong di tahun 2008 dalam rangka mengambil sertifikat instruktur bela diri. Saat itu, ia menggunakan jasa sopir dan mobil sewaan selama satu minggu di sana.

Saat itulah Deddy berkenalan dengan sang sopir yang sudah berusia 70 tahun tapi perawakannya seperti umur 40 tahunan. Sopir yang ternyata merupakan mantan biarawan shaolin di Tiongkok tersebut, memberikan tips dietnya kepada Deddy yaitu puasa.

Namun, setelah Deddy pulang ke Indonesia, ia melupakan tips diet sang sopir tersebut.

Suatu hari Deddy diminta untuk membuka bajunya di sebuah acara, tapi ia tak percaya diri karena tubuhnya tidak bagus. Di situlah ia baru teringat pada tips sang sopir.

Deddy mulai mencari tahu tentang diet tersebut dari berbagai sumber dan mengombinasikannya dengan olahraga pilihan. Setelah menjalaninya selama satu bulan, ia yakin bahwa diet ini benar-benar bisa diterapkan dan efektif untuk khalayak.

Metode Diet OCD

Metode Diet OCD - freepik.jpg

Metode diet OCD pada dasarnya adalah kombinasi praktik puasa yang umum diketahui orang dan sistem "jendela makan".

Sistem jendela makan ini mengharuskan pelakunya mengistirahatkan perut dengan tidak mengonsumsi apapun yang berkalori dalam beberapa jam. Baru setelahnya diperbolehkan makan dan minum apa saja dalam rentang waktu beberapa jam yang telah ditentukan.

Berikut gambaran diet OCD dalam beberapa level:

Diet OCD level 1 (Jendela makan 8 jam, puasa 16 jam)

Level 1 ini cocok untuk pemula dimana jendela makan dibuka selama 8 jam dan 16 jam sisanya untuk berpuasa. Artinya pada level ini, pelaku boleh makan dan minum apapun selama 8 jam dan berpuasa selama 16 jam.

Contoh: Jika kamu ingin membuka jendela makanmu di jam 1 siang, maka kamu diperbolehkan makan dan minum sampai jam 9 malam. Setelah jam 9 malam kamu harus berpuasa dan baru boleh makan dan minum lagi pada jam 1 siang keesokan harinya.

Diet OCD level 2 (Jendela makan 6 jam, puasa 18 jam)

Jika level 1 sudah terasa ringan, lanjutkan ke level 2.

Pada level ini jendela makan dibuka selama 6 jam dan 18 jam sisanya untuk berpuasa. Berarti, pelaku boleh makan dan minum apapun selama 6 jam dan berpuasa selama 18 jam.

Contoh: Jika kamu ingin membuka jendela makanmu di jam 1 siang, maka kamu diperbolehkan makan dan minum sampai jam 7 malam. Setelah jam 7 malam kamu harus berpuasa dan baru boleh makan dan minum lagi pada jam 1 siang keesokan harinya.

Diet OCD level 3 (Jendela makan 4 jam, puasa 20 jam)

Saat kamu sudah mulai terbiasa melakukan diet OCD level 2, waktunya melanjutkan ke level 3.

Pada level ini jendela makan dibuka selama 4 jam dan 20 jam sisanya untuk berpuasa. Itu artinya, pelaku boleh makan dan minum apapun selama 4 jam dan berpuasa selama 20 jam.

Contoh: Jika kamu ingin membuka jendela makanmu di jam 1 siang, maka kamu diperbolehkan makan dan minum sampai jam 5 sore. Setelah jam 5 sore kamu harus berpuasa dan baru boleh makan dan minum lagi pada jam 1 siang keesokan harinya.

Diet OCD level 4 (Puasa 24 jam)

Pada level tertinggi ini, Deddy memperingati tentang adanya efek samping yaitu sakit kepala. Untuk itu wajib diperhatikan, bahwa level ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Orang yang boleh dan sanggup melakukan level ini hanyalah orang yang sudah benar-benar terbiasa melakukan diet OCD level 3.

Pada level ini, jendela makan hanya dibuka 0-1 jam atau hanya satu kali makan saja. Contoh: Jika kamu ingin membuka jendela makanmu di jam 1 siang, makanlah satu kali dan lanjut berpuasa sampai jam 1 siang di keesokan harinya.

Kamu bisa menaikkan level dietmu di setiap minggu agar di akhir bulan bisa mendapatkan hasilnya. Namun, khusus diet level 4, Deddy hanya menyarankan untuk melakukannya maksimal tiga hari saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu diperhatikan bahwa saat jendela makan dibuka, kamu tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman secara rakus. Adapun saat puasa dilakukan, kamu masih diperbolehkan minum air putih, teh, dan kopi tanpa gula.

Olahraga Penunjang Diet OCD

Olahraga Penunjang Diet OCD - freepik.jpg

Sebagai penunjang, program diet OCD juga dilengkapi dengan panduan olahraganya. Bukan kardio, olahraga penunjang OCD adalah HIIT.

Menurut Medical News Today, HIIT (High Intensity Interval Training) adalah segala bentuk olahraga yang terdiri dari latihan intens singkat.

Pada OCD sendiri, Deddy melakukan variasi HIIT dan menamainya dengan istilah baru yaitu O7W (OCD 7 Minutes Workout). Latihan ini hanya dilakukan selama tujuh menit menggunakan energi lemak tubuh lebih banyak.

Rangkaian gerakan O7W meliputi:

- Jumping jacks

- Wall sit

- Push-up

- Abdominal crunch

- Step-up onto chair

- Squat

- Tricep dip on chair

- Plank

- High knees running in place

- Lunge

- Push-up with rotation

- Side plank

07W dilakukan saat berpuasa di pagi hari atau tepat sebelum jendela makan terbuka. Berolahraga di masa ini dipercaya dapat membantu mempercepat metabolisme dan pembentukan otot.

Kesimpulan

Diet OCD yang diprakarsai oleh Deddy Corbuzier bisa menjadi salah satu metode diet yang kamu coba. Menggunakan metode puasa dan jendela makan, diet ini memiliki beberapa level yang bisa dilakukan oleh pemula sampai profesional.

Diet OCD juga dilengkapi dengan olahraga penunjang bernama O7W yang merupakan variasi dari latihan HIIT. Untuk pemula sebaiknya kamu melakukannya dengan dampingan ahli.

Kamu bisa berlatih O7W dengan personal trainer di gym seperti di FIT HUB. Ditunjang dengan fasilitas yang memadai, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Mau coba? Ikuti program free trial-nya di sini, yuk!