Apa Itu Jumping Jack dan Panduan untuk Melakukannya

Kalau ada gerakan olahraga yang bisa berikan banyak manfaat dalam satu gerakan, sudah pasti jumping jack adalah jawabannya.

Gerakan yang satu ini bisa membuat hampir seluruh otot tubuh bekerja, mulai dari bagian tubuh atas sampai bawah.

Bukan hanya itu, jumping jack juga bisa membuat kerja jantung dan paru-paru lebih baik jika dilakukan secara rutin.

Enaknya lagi, gerakan jumping jack bisa dilakukan di mana pun tanpa bantuan alat. Namun, alangkah baiknya jika kamu melakukan jumping jack di tempat yang nyaman dengan lantai yang dialasi matras atau bantalan.

Untuk tahu lebih banyak tentang jumping jack dan cara melakukannya, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Gerakan Jumping Jack

Mengenal Gerakan Jumping Jack - freepik.jpg

Jumping jack adalah jenis gerakan olahraga yang melibatkan berbagai otot besar dalam tubuh.

Otot yang akan dilatih mulai dari lengan, dada, bahu, perut, pinggul, bokong, paha, betis, sampai dengan kaki. Seluruh otot tersebut akan ikut bergerak saat kamu melakukan rangkaian gerakan jumping jack.

Latihan jumping jack mengharuskan kamu melakukan gerakan melompat sambil membuka kaki dan tangan secara bersamaan.

Gerakan ini juga akan membantu kerja jantung lebih baik untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Manfaat serupa pun bisa dirasakan oleh paru-paru dalam melancarkan pernapasan.

Melakukan jumping jack juga bisa membuat koordinasi bagian tubuh menjadi lebih baik. Pasalnya, kamu perlu melakukan gerakan tangan, kaki, dan tubuh secara selaras.

Olahraga yang satu ini akan melatih kognitif otak sehingga kamu bisa mengatur seluruh maupun sebagian tubuh dengan tepat.

Mengingat ini termasuk olahraga kardio, manfaat jumping jack yang lainnya adalah membantu membakar kalori. Melakukannya dengan rutin juga bisa menjaga berat badan ideal kamu, loh.

Cara Melakukan Jumping Jack dengan Benar

Cara Melakukan Jumping Jack dengan Benar - freepik.jpg

Jumping jack merupakan gerakan eksplosif yang kerap dilakukan dengan cepat. Sayangnya, masih banyak orang melakukan kesalahan saat melakukannya. Berikut cara melakukan jumping jack yang tepat.

  1. Berdiri dengan posisi tubuh tegak
  2. Posisi kedua tangan berada di samping tubuh
  3. Posisi kaki menghadap lurus ke depan
  4. Lakukan sebuah lompatan ke atas sambil membuka kaki melebar dan tangan atas sampai dua telapak saling menepuk
  5. Mendaratlah dengan kaki terbuka dan tangan kembali ke posisi semula
  6. Sesaat setelah mendarat, lakukan lompatan lagi dengan merapatkan kaki dan melebarkan tangan sampai kedua tangan saling menepuk
  7. Ulangi gerakan tersebut dengan repetisi sekitar 10-20 kali dalam 2-3 set sebagai permulaan.

Variasi Gerakan Jumping Jack

Variasi Gerakan Jumping Jack - freepik.jpg

Sebagian orang mungkin merasa jumping jack sebagai olahraga yang membosankan dengan gerakan yang sama dari awal sampai akhirnya.

Nah, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menambahkan variasi pada gerakannya. Berikut variasi gerakan jumping jack yang bisa dilakukan.

1. Squat jack

Variasi pertama yang bisa dilakukan adalah menambah gerakan squat setelah gerakan jumping jack dasar.

2. Rotational jack

Variasi gerakan yang dilakukan terdapat pada tangan setelah melakukan lompatan. Sentuh ujung kaki kiri dengan tangan tangan dan sebaliknya setelah gerakan jumping jack dasar.

3. Burpees

Gerakan burpees juga termasuk ke dalam variasi jumping jack. Kamu perlu melakukan lompatan, plank, dan push up dalam sebuah rangkaian gerakan.

4. Plank jack

Variasi gerakannya hanya memadukan plank dan jumping jack. Lakukan plank sambil menahan tubuh, lalu buat gerakan membuka kaki melebar dan menutup.

5. Box jump

Kamu juga lompatan ke atas boks sambil melakukan gerakan jumping jack.

Gerakan ini terbilang cukup menantang mengingat kamu akan melompat pada dua pijakan berbeda. Hanya lakukan setelah tubuh siap.

Kesimpulan

Dengan sederet manfaatnya, jumping jack bisa kamu jadikan olahraga yang tepat untuk melatih otot dan kinerja jantung. Lebih baiknya lagi jika kamu bisa melakukannya di tempat yang nyaman dengan perlengkapan matras yang empuk, seperti di gym.

Daftarkan diri kamu jadi member FIT HUB sekarang untuk bisa mendapatkan tempat olahraga yang nyaman. Dapatkan harga special untuk membership sampai 24 bulan di seluruh cabang FIT HUB seluruh Indonesia.