Mengenal Krav Maga: Teknik Bela Diri yang Memiliki Banyak Manfaat

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Selain bermanfaat untuk melindungi diri dan juga orang lain, menguasai bela diri seperti Krav Maga bisa membantumu menjadi bugar baik secara fisik maupun mental.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari teknik bela diri yang praktis, agresif, dan cenderung mudah dipelajari, maka Krav Maga bisa jadi pilihan yang tepat untuk dipertimbangkan.

Penasaran dengan jenis olahraga bela diri yang satu ini? Baca rangkumannya di bawah ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Krav Maga?

Krav Maga yang memiliki arti “pertarungan kontak” dalam bahasa ibrani merupakan teknik dan sistem pertahanan diri yang dikembangkan oleh seorang yahudi kelahiran hungaria bernama Imi Lichtenfeld.

Teknik bela diri ini selanjutnya dikembangkan oleh IDF (Israel Defence Force) untuk melatih personel militer sebagai sistem pertahanan jarak dekat.

Dengan mengadopsi dan menggabungkan gerakan-gerakan gulat, tinju, dan teknik bela diri lainnya, Krav Maga berfokus pada pendekatannya yang lugas dan efektif untuk menetralisir ancaman.

Salah satu prinsip dasar dari teknik bela diri ini adalah dengan menempatkan lawan pada posisi yang tidak menguntungkan dengan gerakan yang sepraktis mungkin.

Karena Krav Maga mendorong untuk melumpuhkan lawan atau ancaman dengan cara apapun yang diperlukan, bagian-bagian lemah dari tubuh adalah incarannya.

Titik-titik lemah yang menjadi incaran diantaranya seperti mata, hidung, pangkal paha, tenggorokan, selangkangan, dagu, dan ulu hati.

Manfaat Krav Maga

Manfaat Krav Maga - freepik.jpg

Saat ini, Krav Maga menjadi salah satu teknik bela diri yang paling mematikan sekaligus populer secara global.

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapat dari menguasai teknik bela diri ini? Yuk, ketahui secara lebih lengkap berikut ini.

1. Melatih Keterampilan Bela Diri

Sebagai teknik bela diri, tentu Krav Maga memiliki tujuan utama untuk melindungi diri dari suatu ancaman.

Dengan mempelajari teknik bela diri ini, kamu akan dibekali dengan teknik-teknik praktis sekaligus efektif untuk membela diri.

Krav Maga akan membantu meningkatkan kemampuanmu dalam menghadapi situasi yang mengancam keselamatan, baik diri sendiri ataupun untuk melindungi orang lain.

2. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Sesi-sesi latihan yang intens dari Krav Maga dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik, seperti melatih kekuatan tubuh, fleksibilitas, daya tahan fisik, dan kesehatan kardiovaskular.

Kamu bisa mengembangkan kemampuan tubuh melalui latihan yang aktif dan bervariasi, mulai dari latihan-latihan untuk memperkuat otot, koordinasi, refleks, dan keseimbangan.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Menurut penelitian oleh American Council on Exercise tahun 2019, diketahui bahwa berlatih Krav Maga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada tubuh.

Latihan ini pada umumnya melibatkan berbagai kelompok otot yang berbeda, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori dengan rata-rata 616 kalori per jam.

Jadi di samping ingin belajar bela diri, Krav Maga juga menjadi opsi yang tepat untukmu yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan menguasai teknik bela diri, maka kamu akan menjadi lebih tangguh dan responsif ketika dihadapkan dalam situasi yang mengancam.

Kepercayaan diri menjadi semakin meningkat karena kamu memiliki kesiapan dan kemampuan untuk mempertahankan diri, baik itu dengan menyerang, menghindar, atau menetralisir serangan.

5. Meningkatkan Refleks dan Kepekaan

Dengan latihan yang intensif dan konsisten, Krav Maga sangat bermanfaat untuk meningkatkan refleks dan reaksimu saat ancaman terjadi secara tiba-tiba.

Teknik bela diri ini juga baik untuk meningkatkan kepekaan atau kesadaran terhadap lingkungan sekitar, sehingga membuatmu menjadi lebih siap dan waspada ketika terdapat potensi ancaman.

Teknik-Teknik Gerakan Krav Maga

Teknik-Teknik Gerakan Krav Maga - istockphoto.jpg

Perlu diperhatikan bahwa teknik dasar dalam mempraktikkan gerakan Krav Maga adalah menetralisir lawan dengan mengincar titik-titik lemah pada tubuh.

Untuk lebih lengkapnya, selanjutnya kita akan membahas tentang 4 teknik dasar gerakannya, berikut adalah pembahasannya:

1. Tendangan Selangkangan

Dalam melakukan tendangan pada bagian selangkangan, diperlukan gerakan yang tepat agar seranganmu dapat dilakukan secara maksimal.

Fokus pada kekuatan, kecepatan, dan juga presisi serangan. Untuk lebih detailnya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

  • Mulai dengan mengambil posisi bertarung, berdiri dengan kaki selebar bahu dengan menempatkan kaki terkuat sedikit ke belakang.
  • Visualisasikan sasaran dengan berfokus pada area selangkangan, ini akan membantumu untuk menyerang secara lebih akurat.
  • Ayunkan pinggul ke depan untuk membantu memaksimalkan dampak tendangan, setelah itu tendang dengan punggung kaki atau tulang kering secepat dan sekuat mungkin.
  • Saat menendang, pertahankan keseimbangan badan dengan memperkuat pijakan kaki dan menjaga tubuh bagian atas sedikit condong ke belakang.
  • Setelah menendang, segera kembali ke posisi awal untuk bersiap pada tindakan selanjutnya.

2. Pukulan Ke Titik Vital

Saat melakukan pukulan, gunakan tangan terkuat. Fokus pada sasaran dengan membidik titik-titik lemah pada tubuh lawan, seperti hidung, rahang, atau ulu hati.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pukulan secara maksimal:

  • Kuatkan kuda-kuda dengan menekuk lutut sedikit untuk menjaga keseimbangan dan mobilitas tubuh.
  • Kepalkan jari-jari dengan erat di telapak tangan, lalu tempatkan ibu jari di bagian luar. Pastikan kepalan tangan kuat dan formasi kepala tangan yang benar selama memukul.
  • Fokus pada sasaran yang ingin diincar, lalu putar pinggul dan tarik bahu ke belakang saat akan mengulurkan tangan untuk memukul.
  • Ulurkan lengan langsung ke arah sasaran dengan tetap menjaga pergelangan tangan lurus dan sejajar dengan lengan bagian bawah.
  • Saat memukul, keluarkan tenaga sekuat mungkin. Jaga juga tangan lainnya tetap dekat dengan wajah untuk melindungi dari kemungkinan serangan balik.

3. Lepas dari Kuncian Peluk

Dalam praktiknya, Krav Maga melatih untuk melepaskan diri dari kuncian lawan seperti kuncian peluk, yaitu ketika seseorang mencengkram tubuh dari belakang dengan posisi lengan dijepit.

Dalam posisi seperti itu, diperlukan kekuatan dan juga teknik yang tepat agar dapat melarikan diri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk membuat lawan sulit mengangkat tubuhmu, turunkan badan seperti layaknya melakukan gerakan squat secara cepat dengan menekuk lutut.
  • Jika posisi kepalamu dekat dengan wajah lawan, tanduk dengan kepala bagian belakang atau atas pada area wajah lawan untuk menimbulkan rasa sakit dan menciptakan peluang melarikan diri.
  • Injak kaki lawan jika memiliki peluang, arahkan injakan pada jari-jari kaki sekeras mungkin.
  • Geser juga tubuh ke samping untuk mencari celah menyerang lawan, gunakan siku untuk menerjang pangkal paha atau perut lawan.
  • Setelah cengkeraman mengendur, putar posisi tubuh ke arah lawan atau gunakan lengan untuk mendorong lawan menjauh. Terjang lawan ke titik-titik vital tubuh.

4. Melarikan Diri dari Cekikan

Melarikan diri dari cekikan leher merupakan salah satu teknik esensial dari Krav Maga. Teknik ini berfokus pada eliminasi ancaman terhadap saluran nafas dengan cepat dan efektif.

Berikut adalah metode untuk melarikan diri dari situasi dicekik dari belakang:

  • Tundukkan dagu untuk melindungi saluran napas sekaligus mengurangi tekanan pada tenggorokan.
  • Langkahkan satu kaki ke samping dan turunkan badan dengan cepat untuk menyulitkan lawan mengontrol tubuhmu.
  • Pada saat yang sama, putar tubuh ke arah lawan secara cepat dan agresif. Saat berputar, gunakan tangan untuk meraih lengan atau pergelangan tangan lawan untuk menetralisir tekanan pada leher.
  • Ketika kamu sudah terlepas dari cekikan, lancarkan serangan dengan menargetkan titik lemah lawan. Gunakan kombinasi pukulan dan tendangan untuk membuatmu dalam situasi yang lebih menguntungkan.

Kesimpulan

Krav Maga merupakan salah satu teknik bela diri yang sangat bermanfaat untuk dipelajari, kamu bisa memperoleh keterampilan membela diri dan mendapatkan program latihan untuk kebugaran.

Pastikan juga untuk berlatih dengan pelatih profesional dan mengikuti kelas khusus agar pelatihan Krav Maga dapat diperoleh secara tepat dan optimal.

Nah, jika kamu yang ingin memaksimalkan perjalanan fitness secara lebih maksimal, bergabung dengan FIT HUB adalah pilihan yang tepat.

Di FIT HUB, personal trainer profesional siap membantumu meningkatkan kebugaran tubuh agar kamu bisa mempraktekkan teknik-teknik pelatihan Krav Maga secara lebih maksimal.

Yuk, coba juga program free trial dari FIT HUB!