5 Manfaat Lari Zig Zag dan Cara Benar Melakukannya

Lari zig zag adalah salah satu jenis latihan lari yang seru dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Tidak hanya fungsi kardio, kamu juga bisa mendapatkan manfaat latihan yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan otot kaki, otot paha depan dan belakang, juga otot betis dan tulang kering.

Beberapa hal di atas bisa kamu dapatkan dari manfaat lari zig zag yang mengombinasikan gerakan cepat.

Latihan lari zig zag juga banyak macamnya, termasuk melompat dengan menggunakan cone yang melatih ketangkasan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu juga bisa mengetahui beberapa jenis lari zig zag yang bisa digunakan untuk latihan.

Cara Melakukan Lari Zig Zag

Cara Melakukan Lari Zig Zag.jpg

Lari zig zag bukan latihan lari biasa yang bisa dilakukan langsung di lapangan. Perlu ada persiapan dan cara melakukan gerakan latihan yang berbeda dengan latihan lari biasa.

1. Persiapan lari zig zag

Latihan ini bisa dilakukan di luar atau di ruang dalam ruangan yang besar dengan 9-12 cone sebagai hambatan.

Kamu membutuhkan beberapa menit untuk melakukan pengaturan sebelum memulai latihan.

Cone akan diletakkan dengan jarak 3 kaki satu sama lain dalam pola zig zag. Artinya, satu cone di depan, lalu cone berikutnya sekitar 3 kaki ke kanan secara diagonal.

Cone berikutnya akan bergerak sekitar tiga kaki ke kiri secara diagonal, dan seterusnya. Jarak antara setiap cone mungkin perlu disesuaikan setelah melakukan satu latihan zig zag.

Untuk dapat melanjutkan pola lompatan terus menerus, jarak cone perlu cukup berdekatan agar dapat melanjutkan pola lompatan terus menerus tanpa mengambil langkah tambahan.

Namun, jaraknya juga perlu cukup jauh untuk menantang kemampuan.

2. Cara latihan lari zig zag

  • Mulailah berdiri di depan cone pertama di dasar formasi zig zag.
  • Tekuk lutut dan lompat secara diagonal ke depan cone kedua dengan ayunan lengan ke atas untuk mendapatkan momentum.
  • Mendaratlah dengan lembut pada cone kedua dengan lutut ditekuk untuk mempersiapkan lompatan berikutnya.
  • Lakukan lompatan ke depan dan secara diagonal, lalu ke kiri menuju cone ketiga.
  • Lanjutkan lompatan selanjutnya dengan pola diagonal hingga mencapai cone terakhir.
  • Berbalik dan kembali ke posisi awal untuk makukan latihan zig zag selama 30 detik hingga 3 menit.
  • Gabungkan itu ke dalam latihan kardio atau ke dalam latihan gaya kamp pelatihan.

Manfaat Lari Zig Zag

Manfaat Lari Zig Zag.jpg

Setelah mengetahui beberapa jenis latihan lari zig zag yang berbeda, ketahui juga manfaat yang bisa didapatkan dari latihan tersebut.

Agar kamu lebih yakin dalam melakukan variasi olahraga sesuai tujuan latihan, berikut inilah manfaat lari zig zag yang perlu kamu tahu.

1. Persiapan olahraga yang lebih baik

Selama latihan, atlet biasanya bergerak dalam pola vertikal atau menyamping bergerak dari sisi ke sisi saat melakukan lompatan menyamping.

Namun, banyak jenis olahraga kompetitif yang memerlukan pola gerakan kompleks.

Misalnya, saat mengejar bola sepak saat bertanding terdapat kemungkinan dibutuhkan gabungan beberapa gerakan maju, mundur, menyamping, dan diagonal untuk mengungguli lawan.

Jika mempraktikkan pola gerakan seperti lari zig zag, tubuh akan lebih siap menghadapi kombinasi gerakan saat berkompetisi.

2. Koordinasi dan gerakan yang lebih baik

Lari zig zag juga membantu membangun koordinasi dan pergerakan tubuh yang lebih baik.

Gerakan diagonal saat latihan dapat mempersiapkan tubuh untuk bergerak ke arah yang berliku. Tubuh akan membangun kendali yang lebih besar sambil meningkatkan kecepatan.

3. Memperkuat otot kaki dan sendi

Latihan dinamis akan membantu melatih otot kaki serta mengembangkan ketangkasan persendian.

Hal ini akan mengoptimalkan performa kaki dan persendian yang lebih tangguh.

4. Peningkatan interaksi dalam latihan

Beberapa jenis latihan akan memaksa tubuh berinteraksi dengan menggunakan peralatan, peserta lain, atau lingkungan.

Contohnya adalah bootcamp, latihan ketangkasan, latihan tali, angkat beban, dan latihan berbasis peralatan lainnya.

Latihan tersebut sangat populer dilakukan di gym dan waktu akan berlalu dengan cepat saat otak aktif melakukan interaksi.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa jenis latihan interaktif dapat mendorong kepatuhan terhadap program olahraga.

5. High-intensity functional training

Zig zag juga dapat termasuk sebagai high-intensity functional training (HIFT). HIFT menekankan gerakan beberapa sendi yang fungsional, serta latihan aerobik dan penguatan otot.

Lari zig zag membutuhkan kekuatan otot dan daya tahan kardiovaskular termasuk peningkatan konsumsi oksigen maksimal, penurunan lemak tubuh, dan peningkatan kandungan mineral tulang, dan peningkatan kelincahan, kecepatan, dan kekuatan.

Kesimpulan

Lari zig zag merupakan latihan yang dilakukan dengan hambatan berupa cone dengan posisi diagonal dan selang seling.

Manfaat lari zig zag juga bisa berpengaruh pada persiapan olahraga yang baik, koordinasi gerakan yang baik, peningkatan interaksi latihan, dan juga termasuk high-intensity functional training.

Melakukan lari zig zag adalah bentuk latihan yang beragam manfaatnya. Namun, manfaat dari lari zig zag juga bisa didapatkan dari berbagai latihan ketahanan di gym.

Jadi, daftarkan diri kamu untuk menjadi member FIT HUB dan dapatkan akses lengkap ke berbagai fasilitas olahraga dan akses kelas gratis yang menyenangkan!