10 Manfaat Lari di Malam Hari dan Tips Aman Melakukannya

Cakra

Cakra

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Meskipun sederhana, lari merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Baik lari pagi, sore, atau malam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Olahraga lari masih menjadi pilihan banyak orang karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Nah, jika kamu sibuk beraktivitas dari pagi hingga sore, bisa mempertimbangkan untuk melakukan lari di malam hari, lho.

Jika masih ragu untuk melakukannya, sebaiknya ketahui dulu apa saja manfaat lari malam untuk kesehatan fisik dan mentalmu berikut ini!

Manfaat Lari Malam

Manfaat Lari Malam - freepik.jpg

Beberapa orang lebih memilih untuk lari di malam hari karena beberapa alasan, mulai dari ketersediaan waktu, preferensi cuaca, hingga energi yang lebih banyak tersimpan saat malam hari.

Lalu apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dari lari di malam hari, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Suhu yang Lebih Dingin

Berlari di malam hari bisa jadi waktu yang tepat bagi kamu yang lebih nyaman berolahraga pada suhu yang lebih dingin.

Lari malam juga sangat cocok jika dilakukan di negara beriklim tropis seperti Indonesia, berhubung di siang hari cuaca bisa jadi sangat panas yang tentu akan membutuhkan ketahanan fisik ekstra.

2. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Bagi sebagian orang, berlari di bawah terik sinar matahari bukanlah sesuatu yang ingin dilakukan. Oleh sebab itu, lari malam menjadi pilihan tepat untuk menghindari paparan sinar matahari.

Di sisi lain, manfaat dari lari malam juga dapat mengurangi risiko kulit terbakar dan terhindar dari sinar UV, yang mana hal tersebut dapat berdampak pada kerusakan kulit jangka panjang.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas tidur yang baik ternyata juga jadi salah satu manfaat lari malam, lho! Olahraga lari memicu pelepasan endorfin yang dapat berdampak pada relaksasi tubuh.

Untuk mempercepat proses tubuh kembali dalam posisi rileks, lakukan pendinginan agar tubuh lebih mudah beristirahat. Mandi air hangat setelah lari juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

4. Mengurangi Stres

Lari malam bisa jadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengakhiri hari yang sibuk setelah beraktivitas seharian.

Manfaat lari malam juga memberikanmu kesempatan untuk lepas dari rasa frustasi, ketegangan, dan stres. Endorfin akan dilepaskan sehingga meningkatkan suasana hati yang lebih baik.

5. Melatih Fokus

Berlari di malam hari memang memerlukan effort yang lebih, terutama jika berlari di kegelapan tentu akan membantu melatih penguatan indra dan mental yang baik.

Manfaatnya juga dapat meningkatkan fokus dan kepekaan diri, karena lari malam akan melatihmu agar selalu waspada terhadap lingkungan sekitar.

6. Tubuh Menjadi Lebih Siap di Keesokan Hari

Menyisihkan waktu di malam hari untuk berlari bisa menjadi cara yang efektif bagi tubuh untuk mendapatkan penyerapan oksigen dan kapasitas anaerobik menjadi lebih maksimal.

Tubuh juga dapat menjadi lebih bugar dan lebih siap untuk beraktivitas di keesokan hari sebagai hasil dari berolahraga pada malam harinya.

7. Memberikan Waktu untuk Mencerna Makanan

Jika kamu tidak suka berlari dengan perut yang kosong, lari malam bisa jadi pilihan yang ideal. Hal ini karena lari malam akan memberikan cukup waktu untuk makan dan mencerna makanan.

Setidaknya tunggu dua jam setelah makan sebelum berlari, terutama jika mengonsumsi makanan berat yang mengandung lemak, protein, dan karbohidrat.

8. Lebih Tenang dan Damai

Tentu tergantung di mana kamu berlari, lari malam bisa jadi pengalaman yang menyenangkan karena kamu bisa terhindar dari hiruk pikuk dan keramaian yang berlebihan.

Lari di malam hari juga bisa jadi “pelarian” untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian yang dapat memberikan relaksasi saat berlari.

9. Meningkatkan Pembakaran Kalori

Olahraga seperti lari di malam hari dapat menjaga metabolisme tubuh tetap aktif. Lari malam akan merangsang efek afterburn, yang berarti tubuhmu akan terus membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi bahkan setelah berlari, termasuk saat tidur.

10. Memaksimalkan Performa Lari

Lari malam bisa jadi opsi yang paling cocok jika kamu memiliki lebih banyak energi di malam hari, karena kamu bisa mengerahkan kemampuan secara maksimal untuk melatih performa larimu.

Tips Lari Malam

Tips Lari Malam - freepik.jpg

Lari malam bisa memerlukan tindakan ekstra, baik untuk keselamatan atau performamu. Berikut beberapa tips supaya kamu bisa mendapat manfaatnya secara optimal.

1. Kenakan Pakaian Terang yang Reflektif

Untuk meningkatkan visibilitas, kenakan pakaian atau perlengkapan yang terang agar dapat terlihat oleh orang lain sejelas mungkin.

Pakaian terang akan sangat berguna terutama jika kamu berencana lari di dekat lalu lintas, ini penting agar kendaraan yang berlalu-lalang dapat mengetahui keberadaanmu selama berlari.

2. Lengkapi Diri Dengan Penerang

Sebagai penerangan tambahan, bawa lampu sorot untuk memudahkanmu melihat di area-area gelap yang tidak terjangkau oleh sinar lampu jalan.

Ada banyak alat penerangan praktis yang bisa kamu kenakan, seperti lampu kepala atau lampu jepit yang bisa dipasang di sepatu, topi, atau pakaian.

3. Pilih Rute yang Aman

Ingat, keselamatan adalah prioritas. Pastikan kamu memilih rute yang aman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketahui tingkat kejahatan di daerah yang akan kamu jadikan rute berlari. Supaya lebih aman, pilih jalur yang terang di area dengan reputasi keamanan yang baik.

4. Tetap Waspada dan Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Untuk membantumu tetap waspada dan peka, hindari mendengarkan musik yang terlalu keras. Kecilkan volume sehingga dapat mendengar lingkungan sekitar.

Selain itu, perhatikan juga situasi lingkungan sekitar selama berlari, terutama jika berada di dekat lalu lintas dan area yang sepi.

5. Bawa Perlengkapan Bela Diri, Tanda Pengenal, dan Kontak Darurat

Untuk berjaga-jaga, lengkapi diri dengan perlengkapan bela diri seperti pepper spray untuk menjagamu tetap aman. Bawa juga tanda pengenal dan kontak darurat yang mudah diakses.

Kesimpulan

Perlu diingat, selalu utamakan keselamatan saat kamu lari malam, menimbang risikonya yang bisa jadi lebih besar dibanding lari sebelum matahari terbenam.

Untuk mendapatkan manfaat lari malam secara optimal, tentu diperlukan kesiapan dan rencana yang matang agar usahamu dapat membuahkan hasil.

Dengan bergabung dengan FIT HUB, kamu bisa mendapatkan berbagai kelas fitness yang cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan performa lari secara lebih maksimal, lho!

Kamu juga tentunya dapat didampingi dengan personal trainer berpengalaman yang siap untuk membantu membimbing perjalanan fitness-mu.

Yuk, bergabung dengan FIT HUB! Jangan lewatkan juga program free trial dari FIT HUB.