10 Manfaat Belly Dance bagi Kesehatan Tubuh dan Mental!

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Tahukah kamu bahwa belly dance bisa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran? Belly dance sendiri adalah seni tari tradisional yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara.

Tarian ini terkenal dengan gerakan-gerakan sensual dan anggun yang melibatkan penggunaan otot-otot tubuh bagian tengah, seperti pinggul, perut, dan dada.

Namun, sudahkah kamu tahu apa saja manfaat tarian ini jika dilakukan secara rutin? Cari tahu di bawah ini, yuk!

Manfaat Melakukan Belly Dance

Manfaat Melakukan Belly Dance - unsplash.jpg

Belly dance tidak hanya gerakan tarian semata, tetapi juga merupakan bentuk latihan fisik yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot inti, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Selain itu, tarian ini juga dapat memberikan manfaat psikologis, seperti meningkatkan rasa percaya diri, dan mengurangi stres. Berikut adalah beberapa manfaat belly dance jika dilakukan secara rutin:

1. Meningkatkan kepadatan tulang

Salah satu manfaat dari tari perut adalah meningkatkan kepadatan tulang. Kita semua tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan tulang, terutama saat kita semakin tua. Nah, belly dance adalah salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan tulang.

Kenapa? Karena saat kamu menari, kamu banyak berdiri dan bergerak sehingga termasuk dalam kategori latihan beban.

Latihan beban sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan kepadatan tulang. Di mana, kepadatan tulang yang baik sangat penting untuk mencegah osteoporosis yaitu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan mudah patah.

Jadi, dengan rutin melakukan aktivitas ini, kamu bisa membantu memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

2. Latihan berdampak rendah

Selain bagus untuk tulang, belly dance juga merupakan latihan dengan dampak rendah. Pasalnya, gerakan dalam tarian ini tidak memberikan tekanan berlebih pada sendi dan otot.

Dalam jenis tarian ini ada banyak gerakan seperti gerakan pinggul turun naik, putaran, dan pivot yang menggunakan otot-otot di perut, panggul, tulang belakang, dan leher.

Gerakan ini tidak hanya melatih otot-otot tersebut, tetapi juga membantu menjaga kelenturan dan keseimbangan tubuh.

Gerakan tarian ini juga cenderung lebih intuitif dan sesuai dengan anatomi tubuh wanita sehingga lebih aman dan tidak menimbulkan cedera.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat belly dance selanjutnya yakni dapat membantu menurunkan berat badan. Bayangkan hanya dengan menari, kamu bisa membakar hingga 300 kalori per jam. Namun ingat, jumlah kalori yang terbakar ini bisa berbeda-beda ya, tergantung seberapa intens kamu menari.

Kalau ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa kombinasikan dengan pola makan yang sehat. Dengan makan makanan yang bergizi, menjaga porsi makan, ditambah rutin melakukan aktivitas ini, kamu bisa menjadikan tarian tersebut sebagai bagian dari program diet yang efektif.

4. Membantu persiapan melahirkan

Nah, buat kamu yang sedang hamil, belly dance ini juga punya manfaat besar, lho. Gerakan-gerakan dalam tarian ini ternyata sangat baik sebagai latihan prenatal.

Gerakan tersebut dapat membantu memperkuat otot-otot yang penting saat proses persalinan, seperti otot perut, dan pinggul.

Bahkan, gerakan-gerakannya mirip dengan latihan "pelvic rocking" yang diajarkan dalam kelas-kelas persiapan melahirkan.

5. Mengurangi stres

Kamu pasti pernah merasa stres, cemas, atau sedih, kan? Nah, tarian ini bisa jadi solusinya, lho. Pasalnya, beberapa gerakan belly dance dapat membuat kamu merasa seperti sedang melakukan meditasi.

Banyak penari yang mengatakan saat melakukan sesi gerakan lambat, mereka merasa lebih rileks. Sebaliknya, saat melakukan gerakan cepat mereka merasa lebih senang.

Dengan kata lain, baik menari dengan gerakan lambat maupun cepat, keduanya bisa bermanfaat mengurangi stres.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Gerakan-gerakan belly dance tidak hanya indah dilihat, tapi juga bisa bikin kamu merasa lebih percaya diri, lho.

Kalau pernah melihat penari yang melakukan tarian ini, pasti kamu akan melihat betapa artistik dan feminin gerakannya. Jadi, saat menari, kamu bisa mengekspresikan dirimu dengan bebas.

7. Mengurangi gejala PMS

Salah satu manfaat belly dance yang belum banyak diketahui adalah dapat mengurangi gejala PMS.

Gerakan-gerakan yang kamu lakukan saat menari, seperti gerakan rolling the hips, figure 8, dan undulations bisa membantu mengurangi ketegangan di area panggul.

Saat kamu melakukan gerakan-gerakan ini, sirkulasi darah ke area panggul meningkat. Alhasil, tubuh lebih rileks dan mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan saat PMS.

8. Meredakan nyeri punggung dan sendi

Gerakan-gerakan belly dance sangat baik untuk sendi-sendi dan ligamen di bagian bawah punggung dan pinggul karena membantu meningkatkan cairan sinoval.

Nah, cairan sinovial ini fungsinya seperti pelumas alami untuk sendi-sendi yang membantu agar sendi tetap sehat dan tak kaku.

Gerakan tarian ini juga bermanfaat untuk mengurangi stres di punggung, lho. Terutama jika kamu sering duduk lama atau gaya hidupnya kurang aktif. Jadi, tarian ini bisa membuat badan kamu jadi lebih rileks.

Otot-otot yang kamu latih saat menari juga membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Hal ini penting untuk mencegah nyeri punggung yang sering kali disebabkan oleh postur tubuh yang kurang baik.

9. Menguatkan otot punggung

Saat menari belly dance, kamu banyak menggunakan otot-otot punggungmu. Ketika kamu melakukan gerakan ini secara rutin, tubuh belajar untuk menggerakkan bagian punggung dengan stabil dan seimbang.

Hal ini sangat penting untuk mencegah cedera pada punggung dan mengurangi ketegangan yang mungkin terjadi akibat postur yang buruk atau aktivitas sehari-hari yang membebani punggung.

10. Membantu pencernaan

Melatih area perut dalam belly dance, seperti gerakan menggulung perut dan mengayunkan tubuh dapat membantu proses pencernaan juga, lho.

Gerakan-gerakan ini dapat meningkatkan sirkulasi di perut dan membantu makanan bergerak lebih lancar melalui sistem pencernaan.

Kesimpulan

Dengan berbagai manfaat yang telah disebutkan, belly dance ternyata tidak hanya merupakan seni tari, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan mental.

Dengan rutin melakukannya, kamu dapat meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki postur tubuh, dan meredakan nyeri punggung serta sendi.

Selain itu, tarian ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan bahkan membantu dalam persiapan melahirkan bagi ibu hamil.

Nah, jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, yuk gabung jadi member FIT HUB sekarang dan coba kelas dance yang tersedia, ya!