13 Manfaat Bersepeda Statis di Gym dan Jenis Latihannya

Salah satu manfaat dari rutin bersepeda ialah memperkuat sistem kardiovaskular.

Latihan yang bisa kamu lakukan di antaranya ialah lari, bersepeda, atau mengikuti kelas kardio seperti zumba atau dance.

Bagi sebagian orang, bersepeda menjadi hobi yang bisa dijalani dengan santai bersama komunitas. Namun, sebagian orang mungkin ingin mendapatkan manfaat bersepeda tanpa terjatuh dengan menggunakan sepeda statis.

Sepeda statis bukan saja menjadi salah satu alternatif olahraga kardio bagi orang yang tidak bisa bersepeda. Namun juga relatif lebih nyaman.

Meski begitu, manfaat yang dirasakan oleh tubuh tidak kalah dibandingkan dengan manfaat bersepeda di luar ruangan.

Jenis Sepeda Statis

Jenis Sepeda Statis - freepik.jpg

Bergantung pada tingkat kebugaran dan tujuan latihannya, kamu sebaiknya fokus pada satu jenis sepeda statis atau mencoba jenis lain pada waktu berbeda.

Berikut beberapa jenis sepeda statis yang dapat digunakan untuk latihan.

1. Upright bike

Mirip dengan sepeda biasa, upright bike memiliki posisi pedal di bawah tubuh kamu.

Fungsi sepeda ini adalah untuk latihan kardio yang dapat memperkuat otot kaki dan core. Kamu bisa menggunakan sepeda ini sesuai, baik digunakan sambil berdiri atau duduk.

2. Recumbent bike

Saat menggunakan sepeda ini, posisi kamu duduk bersandar di kursi yang lebih besar dan posisinya jauh dari pedal.

Sepeda jenis ini mengurangi tekanan pada tubuh bagian atas, persendian, dan punggung bawah. Bagian tubuh akan mendapatkan support untuk latihan yang tidak terlalu intens.

Recumbent bike cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas terbatas, cidera sendi, sakit punggung, orang yang baru berolahraga, atau lanjut usia.

3. Dual-action bike

Dual-action bike tidak mirip dengan road bike biasa karena bagian setangnya bisa bergerak maju mundur untuk menargetkan otot tubuh bagian atas.

Jadi, kamu juga bisa melakukan latihan tubuh bagian atas yang solid saat mengayuh dan melatih kaki.

Manfaat Bersepeda Statis di Gym

Manfaat Bersepeda Statis di Gym - freepik.jpg

Berada di dalam ruangan mungkin memberikan pengalaman bersepeda yang lebih nyaman bagi sebagian orang. Terlepas dari preferensi tersebut, berikut inilah manfaat bersepeda statis di dalam gym.

1. Ramah pemula

Menggunakan sepeda statis bisa dilakukan mandiri dengan sepeda statis maupun di dalam kelas.

Namun, bersepeda di dalam ruangan bisa menjadi program yang sangat terukur untuk pemula yang baru berolahraga dibandingkan dengan angkat beban walaupun lari jarak jauh.

2. Membantu keseimbangan

Kamu akan lebih mudah menyeimbangkan tubuh dan meningkatkan koordinasi.

Otot panggul yang kuat akan membantu kamu untuk bersepeda dan menjaga stabilitas pada siklusnya. Jika dilakukan rutin, bersepeda meningkatkan keseimbangan tubuh secara umum.

3. Lebih aman pada sendi

Bersepeda mengurangi beban benturan pada persendian paha, tungkai, dan jari kaki.

Saat melakukan latihan, gerakan bersepeda akan melumasi sendi, mengurangi ketidaknyamanan, dan kekakuan sehingga mengurangi ketegangan pada persendian.

4. Memperbaiki postur tubuh

Duduk tegak di atas sepeda dengan posisi tulang punggung netral bisa melatih bentuk tubuh yang baik.

Sebaiknya, posisi punggung tidak melengkung atau membulat dan bahu menjauh dari telinga ke bawah dan belakang.

5. Memperkuat core

Otot-otot inti (core) juga bisa ikut dilatih dengan bersepeda di dalam ruangan.

Jika dilakukan dengan posisi yang benar, otot-otot tubuh bisa dilatih agar kamu tidak sering membungkuk di atas setang. Dengan cara ini, core muscle akan menjadi lebih kuat.

6. Memperkuat lower body

Bagian lower body seperti otot bokong, paha depan, paha belakang, dan betis akan aktif saat mengayuh sepeda.

Hal ini akan membangun kekuatan otot meski efektivitasnya lebih rendah daripada strenght training.

7. Meningkatkan kesehatan kardiovaskuler

Secara alami, tubuh mengonsumsi kalori untuk pernapasan, sirkulasi, dan proses vital lain sebagai metabolisme basal.

Bersepeda menjadi salah satu jenis aktivitas aerobik yang dikenal sebagai kardio yang mampu meningkatkan detak jantung dan pola pernapasan.

8. Membangun kekuatan otot

Durasi bersepeda dengan berbagai variasi dan kecepatan bisa mengembangkan otot tubuh bagian bawah dan menjaga detak jantung.

Sistem kardiovaskuler pada tubuhmu akan bekerja terus menerus saat menggunakan sepeda statis sehingga baik untuk melatih otot.

9. Membakar lebih banyak kalori

Kegiatan aerobik menjaga detak jantung, pernapasan, dan suplai darah. Setiap kali kamu menggerakkan dan meregangkan otot, tubuh akan membutuhkan oksigen untuk memecah lemak dan karbohidrat.

Bersepeda mendorong lebih banyak udara yang dihirup sehingga lebih banyak pula kalori yang terbakar.

10. Meningkatkan kapasitas aerobik

Bersepeda di dalam ruangan akan menantang otot jantung untuk membantu kapasitas aerobik.

Jika kamu rutin melakukannya selama tiga bulan secara teratur, tubuh akan mampu menyerap dan memanfaatkan oksigen hingga 9 persen lebih banyak.

11. Meningkatkan kecepatan berlari

Latihan dengan sepeda statis juga disarankan sebagai salah satu cara mengurangi risiko cedera untuk cross training para pelari.

Selain meningkatkan kebugaran dan memberi waktu tubuh untuk recovery, bersepeda dan berlari bisa meningkatkan kardio, daya tahan, dan kekuatan tubuh untuk berlari lebih cepat dengan form yang lebih baik.

12. Meningkatkan kekuatan mental

Kamu juga bisa melatih kepercayaan diri dengan bersepeda. Saat melakukan latihan secara intens, kamu akan terlatih untuk mengatasi ketidaknyamanan saat merasa lelah atau sesak napas.

Sederhananya, latihan berat di atas sepeda untuk diri sendiri melatih mental tetap kuat saat menghadapi masalah di kehidupan sehari-hari.

13. Bisa dilakukan di segala cuaca

Sepeda statis bisa menjadi salah satu bentuk latihan yang konsisten karena kamu bisa melakukannya di cuaca panas maupun hujan. Latihan ini juga lebih aman ketimbang bersepeda di jalan raya.

Kesimpulan

Manfaat bersepeda statis merupakan keuntungan yang bisa bermanfaat secara luas pada kebugaran, kesehatan kardiovaskuler, kekuatan core dan lower body, serta menjaga keseimbangan dan kekuatan mental tubuh secara keseluruhan.

Untuk menggunakan sepeda statis dan mengikuti latihan yang menyenangkan, kamu bisa daftar menjadi member FIT HUB. Tidak hanya bisa menggunakan sepeda statis, kamu juga bisa ikut variasi kelas Fit Cycling yang menyenangkan untuk latihan.