10 Manfaat Lari Sore untuk Tubuh yang Lebih Bugar

Rutin lari sore memiliki banyak manfaat sehingga menjadi salah satu pilihan aktivitas olahraga paling populer yang sering dilakukan sepulang kerja.

Jika punya waktu luang sepulang kerja, manfaat lari sore memang menjadi tujuan yang ingin dicapai banyak orang baik secara mandiri maupun bersama komunitas.

Nah, kamu juga bisa memilih rutinitas ini untuk mendapatkan manfaatnya bagi tubuh.

Manfaat Lari Sore

Manfaat Lari Sore - freepik.jpg

Meluangkan waktu di sore hari untuk berlari bukan hal yang sulit jika sudah terbiasa. Agar kamu lebih termotivasi, simak manfaat lari sore berikut ini untuk mengoptimalkan tujuan latihanmu.

1. Waktu yang fleksibel

Bagi kebanyakan orang yang punya kesibukan pada pagi dan siang hari, akan lebih nyaman meluangkan waktu olahraga di penghujung hari.

Cara ini memungkinkan kamu untuk bisa memiliki lebih banyak waktu dan tidak terburu-buru mengejar waktu ke kantor.

Kamu juga bisa mengabaikan pekerjaan tanpa harus merasa was-was karena jam kerja sudah selesai.

2. Menghilangkan stress di siang hari

Aktivitas sepanjang hari mungkin membuat kamu tegang, stres, atau merasa frustasi dengan kesibukan dan rutinitas.

Berlari di sore hari memungkinkan kamu untuk mengakhiri kegiatan sambil melepaskan hal-hal itu.

Efeknya, kamu bisa merasa lebih damai saat beristirahat di tempat tidur karena sudah meluapkan pikiran pada hal lain.

3. Memberi relaksasi dan ketenangan

Berlari juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan suasana hati dari pelepasan endorfin.

Saat kaki menapak ke permukaan tanah, tubuh akan mengaktifkan kesadaran penuh sehingga membuat pikiran terasa lebih jernih dan rileks.

Karena itu, hal ini mungkin juga akan bermanfaat untuk mengurangi risiko depresi.

4. Mudah mencerna makanan

Jika tidak suka berlari dalam keadaan perut kosong, lari sore adalah pilihan yang tepat.

Pada siang harinya, kamu pasti sudah mendapatkan porsi makan yang cukup. Saat berlari, makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh akan lebih mudah dicerna.

Jeda waktu antara makan dan berlari juga tetap terasa nyaman karena tidak langsung lari setelah makan.

5. Mendorong performa olahraga

Bagi beberapa orang, otot tubuh saat bangun tidur masih sering terasa kaku.

Namun, tubuh tentunya sudah digunakan bergerak setelah beraktivitas seharian. Manfaat lari sore bisa mengurangi risiko cedera atau kelelahan.

Namun, kamu tetap harus melakukan pemanasan sebelum berlari agar bisa mengontrol otot dan koordinasi dengan lebih baik.

6. Kualitas tidur yang lebih baik

Setelah lari di sore hari, kebanyakan orang akan merasa lelah dan lebih mudah tertidur dengan nyenyak.

Idealnya, olahraga tidak dilakukan kurang dari satu jam sebelum tidur sehingga pilihan lari sore bisa menjadi pilihan.

7. Lebih segar di pagi hari

Jika sudah berolahraga di penghujung hari, paginya kamu bisa bangun dan merasa lebih segar berkat stimulasi energi dari malam sebelumnya.

Saat terbangun, kamu juga punya lebih banyak waktu untuk membuat sarapan dan bersiap-siap bekerja tanpa gangguan.

8. Mengendalikan gula darah

Melansir dari Hello Sehat, lari sore juga disebut dapat memberikan manfaat yang lebih baik dibandingkan lari pagi dalam hal pengendalian gula darah.

Terdapat studi yang menemukan bahwa metabolisme tubuh di sore hari meningkat sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena tubuh bisa membuang kelebihan gula dengan lebih baik.

9. Menjaga kualitas pernapasan

Seperti olahraga kardio lainnya, lari sore juga akan melatih jantung dan paru-paru untuk memompa darah lebih kuat ke seluruh tubuh.

Darah yang berisi oksigen akan menyebar ke seluruh tubuh sehingga paru-paru juga terlatih untuk menyimpan kapasitas oksigen yang lebih maksimal.

10. Menjaga kecerdasan otak

Aktivitas fisik juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi senyawa kimia yang melindungi otak dari proses penuaan.

Lari sore dapat meningkatkan volume otak bagian abu-abu yang berfungsi untuk memproses informasi.

Fungsi otak bagian itu juga berperan penting dalam kecerdasan manusia, penggunaan bahasa, dan pengelolaan waktu.

Kesimpulan

Manfaat lari sore dapat memberikan relaksasi dan ketenangan dari sisi pengaturan waktu yang lebih fleksibel dan berpengaruh pada kualitas istirahat yang lebih baik.

Selain itu, lari sore juga bisa menjaga kualitas pernapasan, pencernaan, hingga kecerdasan otak.

Lari sore tidak hanya bisa dilakukan di luar ruangan, datang ke gym untuk melakukan 30-60 menit jogging sepulang kerja bisa jadi rutinitas baik untuk kesehatan.

Kamu bisa mendaftar jadi member FIT HUB untuk mendapatkan fasilitas gym lengkap dan berbagai akses kelas gratis sekarang juga!