Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan, Simak Tipsnya!

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Mendapatkan badan yang fit dan sehat dapat kamu raih tentu dengan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan olahraga. Dari sekian banyak olahraga, banyak yang memilih olahraga yoga untuk menurunkan berat badan. Yoga memang menjadi favorit karena membantu mengurangi stres dengan gerakan-gerakannya.

Tidak heran jika yoga sering kali menjadi pilihan untuk berolahraga, terutama bagi kaum hawa. Gerakan-gerakan yoga awalnya terlihat sulit, namun setelah kamu mencobanya, kamu akan merasakan manfaatnya.

Manfaat yoga awalnya memang untuk memperbaiki postur tubuh, mengatur pernapasan dan membuat pikiran kamu lebih tenang.

Mengingat banyaknya gerakan yang membutuhkan fokus yang tinggi sehingga melakukan yoga dapat membantu mengalihkan pikiran yang mengganggu. Itulah mengapa yoga menjadi favorit sebagai sarana olahraga dan meditasi.

Bisakah Menurunkan Badan dengan Yoga?

Jawabannya adalah bisa. Dengan rutin melakukan yoga 75-90 menit setiap harinya, kamu bisa menurunkan berat badan. Meskipun banyak yang merasa bahwa gerakan yoga tidak membuat lelah layaknya cardio atau olahraga pada umumnya, namun olahraga ini cukup efektif.

Mari simak beberapa gerakan yoga yang berperan dalam menurunkan bobot tubuh. Meskipun tidak instan, namun dengan rutin melakukannya tentu hasilnya tidak akan sia-sia.

Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan

Terkadang ketika melihat gerakan-gerakan yoga kamu pasti sering merasa bahwa gerakan tersebut mudah. Mengingat yoga memang tidak seperti olahraga lainnya sehingga banyak pemula yang berminat mencoba.

Namun kenyataannya, gerakan ini hanya terlihat mudah karena begitu dipraktekan kamu perlu fokus maksimal dan percaya bahwa tubuh kamu bisa melakukannya.

1. Surya Namaskar

Surya Namaskar atau Sun Salutation merupakan gerakan terkenal pada saat kamu melakukan yoga. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan yoga untuk menurunkan berat badan secara cepat. Manfaatnya juga dapat langsung kamu rasakan pada tubuh.

Gerakan ini merupakan satu kesatuan yang melibatkan seluruh bagian tubuh kamu. Diawali dengan berdiri tegak dan menangkupkan kedua tangan di depan dada, selanjutnya kamu dapat menarik napas dengan menarik tangan ke atas dan stretching badan.

Lalu, bungkukan tubuh kamu sambil membuang napas dan biarkan tangan berada di bawah menyentuh lantai (jika memungkinkan). Setelah itu, dorong kaki ke belakang satu per satu untuk bersiap melakukan plank. Ya, posisi ini merupakan posisi untuk melakukan plank.

Setelah plank, kamu bisa melanjutkan dengan menurunkan badan ke lantai, lalu mendorong badan kamu ke arah dengan dan dongakkan kepala layaknya kepala ular cobra. Itulah mengapa gerakan ini disebut cobra pose.

Jika sudah sukses dengan cobra pose, kamu bisa kembali mengangkat badan ke pose plank, lalu menarik kaki sejajar dengan tangan satu per satu. Kemudian, angkat lagi badan ke posisi berdiri namun wajah tetap menunduk dan tangan masih di bawah.

Perlahan angkat badan ke atas, biarkan badan kamu stretching dan angkat tangan ke atas seperti gerakan awal. Jangan lupa untuk menarik napas panjang. Lalu hembuskan napas dan tangkupkan kembali kedua tangan.

Lakukan gerakan ini dengan rutin setiap kali kamu yoga. Jangan lupa untuk terus atur napas dan pastikan postur tubuh kamu benar saat melakukan gerakan-gerakan di atas.

2. Boat Pose

Gerakan ini sebenarnyamembutuhkan beberapa kali latihan terlebih dahulu. Sebagai pemula, kamu bisa meminta instruktur atau guru untuk melakukan gerakan-gerakan yang lebih ringan sebelumnya. Jadi, kamu tidak bisa langsung melakukan gerakan ini di hari pertama yoga.

Mengingat boat pose ini membutuhkan keseimbangan, fokus dan postur tubuh yang baik saat melakukannya. Sehingga, kamu perlu pantauan langsung dari instruktur atau tenaga profesional saat melakukannya untuk menghindari cedera.

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya berdua dengan pasangan atau teman. Atau jika memang lebih nyaman sendiri, kamu bisa mencoba pose ini sendiri saat yoga. Karena melakukan boat pose secara berpasangan dapat membantu mencapai gerakan dengan maksimal.

Selain itu juga dapat meminimalisir cedera, dan meningkatkan bonding dengan pasangan atau teman sendiri. Mengingat kamu mempercayakan tubuh kamu ke pasangan agar tidak terjatuh saat berpose ini.

Tumpuan tubuh pada posisi ini adalah panggul. Sehingga kamu harus memposisikan panggul sebaik mungkin dengan melakukan duduk dalam posisi yang pas. Sehingga nanti, kamu dapat mengangkat kaki setara 45 derajat dengan mudah.

Jangan lupa untuk atur napas dan rasakan bagaimana otot perut kamu berkontraksi. Karena jika kamu sudah merasakan otot perut berkontraksi, artinya kamu telah benar melakukan pose ini. Lebih lanjut, otot perut akan semakin terbiasa dengan posisi ini dan membuat perut semakin mengecil dengan membakar lemaknya saat kamu yoga. Jadi, mulailah rutin melakukan boat pose saat sedang yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula.

3. Plank

Sebenarnya gerakan plank tidak hanya ada pada yoga saja. Plank juga ada di berbagai olahraga kardio seperti pilates. Tetapi tidak ada salahnya memasukan pose plank ini saat kamu yoga. Karena kalori yang terbakar saat plank memang cukup banyak.

Kunci dari melakukan plank adalah memastikan bahwa tubuh kamu dalam satu garis lurus dengan tangan dan kaki yang menjadi tumpuan. Selain itu, otot perut dan core tubuh kamu juga harus berkontraksi sebagai tanda bahwa pose yang kamu lakukan sudah benar.

Selintas, plank mudah dilakukan namun cobalah satu menit melakukan pose ini. Sebagai pemula, dapat dipastikan kamu tidak akan menyangka bahwa pose ini begitu membutuhkan fokus, napas yang teratur, dan postur tubuh yang pas.

Jika kamu sudah berhasil melakukan plank selama satu menit dengan teratur, cobalah menaikan durasi menjadi dua menit secara rutin. Sehingga hasilnya juga akan semakin maksimal.

Ditambah lagi dengan gerakan yoga yang sebelumnya sudah kita sebutkan di atas. Pasti manfaat yoga untuk menurunkan berat badan dapat kamu rasakan, meskipun tidak secara instan.

Tips agar Rutin Melakukan Yoga

Kebanyakan dari masyarakat, termasuk kita sendiri biasanya melakukan olahraga termasuk yoga ini hanya semangat di awal saja. Sehingga berakhir tidak konsisten dan tujuan untuk menurunkan berat badan justru terlupakan. Oleh karena itu, mindset harus diubah agar kamu bisa rutin melakukan yoga.

Berikut tips untuk kamu agar tetap konsisten melakukan jenis yoga untuk menurunkan berat badan.

  • Pasang goals mengapa kamu melakukan yoga. Jika memang ingin menurunkan berat badan, pasang target berat badan impianmu secara realistis. Jika kamu pemula, tidak ada salahnya melakukan yoga untuk pemula dahulu.
  • Jadikan yoga sebagai gaya hidup. Karena dengan melakukan yoga, kamu bisa mengurangi stres. Sehingga manfaatnya menjadi lebih mindful dalam memilih makanan yang dikonsumsi.
  • Ajak teman untuk yoga bersama agar lebih semangat.
  • Mendaftar ke kelas yoga sehingga kamu bisa menambah teman dan melakukan pose yang benar di bawah arahan instruktur.
  • Tidak ada salahnya membeli beberapa pakaian untuk yoga agar lebih bersemangat setiap kali kamu pergi ke kelas yoga.

Kesimpulan

Manfaat yoga memang banyak, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Namun kamu juga harus ingat bahwa menurunkan berat badan tidak hanya dari melakukan yoga saja. Menjaga pola makan dengan lebih memahami apa saja yang kamu konsumsi juga penting.

Memiliki pola pikir bahwa makanan yang masuk ke badan adalah kunci hidup sehat ini dapat kamu lakukan dengan pikiran yang bebas stres. Bebas stres dapat kamu raih dengan melakukan yoga secara rutin. Sehingga proses ini seperti lingkaran yang berkesinambungan.

Oleh karena itu, kamu tidak bisa hanya melakukan satu step saja untuk menurunkan berat badan secara sehat dan ideal. Karena sesuatu yang sehat tentu tidak instan dan dapat diraih dalam sekejap mata.

Jika kamu sering merasa kesepian atau kehilangan semangat saat berolahraga sendirian, tidak ada salahnya jika kamu mendaftar kelas olahraga. Biasanya kamu akan mendapatkan banyak fasilitas saat menjadi member. Selain itu, kamu juga akan mendapat pendampingan dari tenaga profesional.

Jadi, kamu tidak perlu takut akan cedera atau melakukan pose yang salah – yang bisa mempengaruhi postur tubuh kamu. Sehingga postur tubuh terjaga, dan berat badan pun dapat turun secara wajar dan ideal. Yuk, mulai lakukan yoga untuk menurunkan berat badan dari sekarang.