15 Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Apa cara terbaik menjaga kesehatan? Apakah hanya sebatas menjaga makan dan rajin olahraga? Ternyata tidak, lho.

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, kamu harus membangun kebiasaan hingga mindset yang tepat. Satu-satunya orang yang paham dengan kondisi dan kebutuhan tubuh kita adalah diri kita sendiri.

Makanya, ikuti cara-cara menjaga kesehatan berikut ini!

15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental

1. Jangan malas gerak

Jangan malas gerak - freepik.jpg

Kebiasaan yang banyak dirasakan sekarang adalah mager atau malas gerak. Kebiasaan ini tidak memberi dampak sekarang, tapi di masa depan.

Kamu mungkin jadi tambah malas, ada bagian tubuh yang mudah nyeri, hingga postur yang berubah. Nah, untuk menghindari dampak tersebut, yuk, mulai kurangi malas gerak.

2. Rajin olahraga untuk membentuk otot

Nah, agar tidak semakin malas gerak, sebaiknya untuk mulai olahraga. Tidak perlu langsung latihan berat, kamu dapat memulai dari gerakan sederhana.

Kalau belum mau keluar rumah, kamu bisa mulai dengan jalan mengelilingi rumah. Nanti, tahap olahraga berikutnya adalah jalan santai di kompleks atau stadion olahraga.

Setelah rasa mager hilang, maka kamu bisa mulai latihan beban untuk membentuk otot secara perlahan. Dengan menjadikan olahraga sebagai rutinitas dan kebiasaan, bukan sekadar kewajiban, maka rasa capek tidak akan menghentikanmu.

3. Pastikan tidur cukup

Tidur adalah fase penting dan cara paling mudah untuk menjaga kesehatan fisik serta mental. Buktinya, menurut National Association for Continence dari Amerika Serikat, saat tertidur, tubuh dan organ juga akan memulai proses pemulihan badan dan memperbarui sistem kekebalan tubuh.

Selain secara fisik, juga untuk mentalmu, tidur akan membawa ketenangan serta melepas stres yang dirasakan seharian. Ada baiknya juga kamu membangun kebiasaan tidur yang baik, seperti jam tidur dan jam bangun yang konsisten.

4. Luangkan waktu untuk melepas stres

Ada berbagai macam cara untuk melepaskan stres, mulai dari tidur, olahraga, hingga kegiatan yang meluapkan emosi.

Kamu juga bisa menghubungi orang-orang terdekat untuk saling bercerita dan mendengar agar beban stres tidak dipikul sendiri. Lakukan hal ini minimal sekali per minggu.

5. Sering-sering peregangan

Sering-sering peregangan - freepik.jpg

Peregangan dapat dilakukan di mana pun, dari kasur, sambil duduk, berdiri, atau sebelum olahraga.

Peregangan bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk sendi-sendi dan otot melebar serta berada di posisi baru. Peregangan juga membantu menjaga kualitas pernapasan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

6. Makan makanan bernutrisi

Konsumsi makanan bernutrisi tidak berarti hanya makan sayur, ya. Melainkan memastikan porsi dan kombinasi nutrisi dalam piring. Pastikan dalam piringmu tersedia protein, serat, dan karbohidrat yang seimbang. Selain itu, kamu harus mengontrol konsumsi gula harian.

Pilihan serat bisa datang dari buah-buahan, sementara protein dari daging, telur, dan biji-bijian. Hindari konsumsi minuman kemasan dan soda yang mengandung kadar gula tinggi.

7. Menghindari dehidrasi

Sudah minum berapa banyak air hari ini? Atau jam berapa terakhir kamu minum air? Pastikan kamu sudah minum cukup air, karena orang dewasa harus minum minimal 2 liter air per harinya. Apabila kamu tipikal yang aktif, konsumsi air juga pastinya harus lebih banyak dan sering.

Selalu siapkan botol minum yang terisi penuh di dekat meja kerja untuk mengingatkan kamu minum. Jika di rumah, kamu bisa buat alarm khusus untuk mengingatkan minum beberapa jam sekali.

8. Dapat paparan cahaya matahari dan udara segar

Kamar memang lokasi aman yang juga nyaman, tapi jika terus-menerus di dalamnya pun kamu bisa kekurangan banyak vitamin alami.

Makanya, pastikan kamu keluar rumah setiap pagi, sekitar jam 8 atau 9 untuk mendapatkan paparan cahaya matahari dan menghirup udara segar.

9. Praktik mindfulness

Mindfulness, dikutip dari Calm, adalah kemampuan untuk memerhatikan, menyadari, dan memahami kondisi tubuh kita. Baik saat kamu duduk santai, makan, atau bekerja, dengan praktik mindfulness kamu bisa menemukan cara untuk mengontrol diri agar tidak berlebihan.

Contohnya seseorang yang mempraktikkan mindfulness akan paham kapan harus berhenti makan, bahkan sebelum kenyang. Sebab dia paham porsi yang cukup untuk tubuhnya.

10. Jaga metabolisme tubuh

aga metabolisme tubuh - freepik.jpg

Melansir National Institute of Health dari AS, semakin bertambah usia seseorang, proses metabolisme akan berubah. Dengan kata lain, semakin tua, proses metabolisme kita akan melambat. Saat metabolisme melambat, makanan yang dikonsumsi akan semakin lambat diolah.

Maka, untuk menghindari risiko obesitas, kamu dapat mulai pilih nutrisi yang tepat untuk tubuh, rajin olahraga, dan tidur 7-8 jam setiap malam.

11. Istirahatkan mata dari paparan layar

Kemajuan teknologi membentuk kebiasaan baru, menatap layar smartphone dan laptop. Mulai dari bekerja, menonton, dan bermain game.

Lakukan teknik 20-20-20, di mana setiap sudah menatap layar 20 menit, jauhkan mata dari layar selama 20 detik, untuk melihat hal lain dalam jarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

12. Menjaga hubungan baik dengan teman dan keluarga

Memiliki orang-orang terdekat yang siap mendengar, memahami, dan menemani kamu akan membantu kesehatan mental serta nantinya akan berpengaruh pada otak hingga organ tubuh lain.

13. Jaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit tidak kalah penting untuk menjaga tubuh secara menyeluruh. Mulai pakai skincare, sun screen, moisturizer, dan body lotion. Jaga kesehatan kulit kepala dengan sering keramas.

14. Hindari rokok dan minuman keras

Rokok dan minuman keras adalah penyebab banyaknya penyakit pada organ-organ tubuh seseorang. Mulai dari jantung, hati, hingga paru-paru menjadi taruhannya ketika merokok dan minum minuman keras. Hindari kedua hal tersebut untuk menjaga kesehatan badan.

15. Lakukan check-up rutin

Lakukan check-up rutin - freepik.jpg

Full body check-up dilakukan untuk memastikan anggota tubuh hingga organ dalam dalam kondisi sehat.

Terlebih, kamu yang memiliki riwayat serta garis keturunan penyakit berat seperti diabetes atau masalah jantung. Kamu bisa melakukannya sesuai dengan kemampuan dan preferensi.

Kesimpulan

Badan dan pikiran yang sehat akan membantu kamu lebih produktif serta punya kualitas hidup yang lebih baik.

Cara-cara di atas tidak hanya berfokus pada apa yang bisa dilakukan secara fisik, tapi juga mengubah mindset.

Olahraga jadi salah satu cara paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Untuk membantu kamu lebih aktif olahraga, yuk, coba penawaran khusus berupa free trial di pusat kebugaran FIT HUB!

FIT HUB sudah punya cabang di banyak kota, lho! Dalam program free trial kamu bisa konsultasikan kebutuhan olahragamu dan dapatkan program kesehatan dari membership consultant kami.

Klaim free trial-mu sekarang juga dengan klik link ini.