Mengenal Isolate Protein: Apa Saja Manfaat dan Jenis Sumbernya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Protein merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Di mana, protein ini berperan dalam pembentukan jaringan otot serta memperbaiki sel yang rusak. Terdapat bentuk protein yang lebih murni dan mudah diserap oleh tubuh yang disebut isolate protein.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lebih dalam mengenai isolate protein. Mulai dari pengertian, manfaat, hingga sumbernya.

Pengertian Isolate Protein

Isolate protein adalah bentuk protein yang telah melalui proses pemurnian atau ekstraksi, sehingga mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk protein lainnya.

Proses pemurnian ini memisahkan dan mengumpulkan fraksi protein murni, sehingga menghilangkan sebagian besar zat-zat lain seperti lemak, laktosa, gluten, dan karbohidrat.

Menurut International Journal of Current Research Review, isolate protein memiliki kandungan protein yang bisa mencapai lebih dari 85% dalam bentuk basah. Hal ini menjadikannya sebagai bentuk protein yang paling murni dibandingkan dengan protein biasa.

Proses pembuatan isolate protein pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat sekitar tahun 1950-an. Sejak saat itu telah diterapkan untuk berbagai jenis sumber protein, baik dari sumber nabati maupun hewani.

Salah satu contohnya yang paling dikenal adalah isolate protein kedelai atau soya. Isolate protein soya terbuat dari tepung kedelai yang telah diproses untuk menghilangkan sebagian besar kandungan lemak dan karbohidrat. Hasilnya adalah soya yang memiliki kandungan protein hingga sekitar 90%.

Dengan proses pemurnian yang ketat, isolate protein umumnya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan protein biasa. Misalnya tingkat penyerapan yang lebih baik, kandungan laktosa yang lebih rendah, serta sifat fungsional yang lebih unggul seperti emulsifikasi, pembentukan gel, dan daya ikat air yang lebih baik.

Hal-hal inilah yang membuatnya banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk makanan, minuman, dan suplemen kesehatan.

Manfaat Isolate Protein

Manfaat Isolate Protein - freepik.jpg

Selain memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, isolate protein juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, di antaranya:

1. Tingkat Penyerapan yang Lebih Baik

Isolate protein telah melalui proses ekstraksi dan pemurnian, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Jenis protein ini cenderung memiliki tingkat penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan protein biasa.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar lemak, laktosa, dan karbohidrat telah dihilangkan dalam proses pembuatannya.

Dengan demikian, nutrisi dari isolate protein dapat dengan cepat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

2. Lebih Baik bagi yang Intoleran Laktosa

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan intoleransi laktosa, jenis protein ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Mengutip dari artikel Gainful, isolate protein cenderung mengandung lebih sedikit laktosa dibandingkan dengan protein konsentrat.

Hal ini disebabkan karena laktosa telah dihilangkan dalam proses pembuatan protein jenis ini. Dengan demikian, isolate protein dapat menjadi alternatif yang aman bagi kamu yang memiliki masalah dengan laktosa.

3. Membantu Meningkatkan Massa Otot

Isolate protein dapat membantu meningkatkan massa otot karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein sendiri merupakan salah satu nutrien penting untuk pembentukan dan pemeliharaan massa otot.

Jenis protein ini juga memiliki peran penting dalam membentuk jaringan otot dan memperbaiki sel yang rusak. Oleh karena itu, konsumsi isolate protein dapat membantu kamu meningkatkan massa otot.

4. Mendukung Upaya Penurunan Berat Badan

Selain membantu meningkatkan massa otot, isolate protein juga dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

Hal ini dikarenakan protein dapat membantu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori.

Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan tetap membutuhkan kombinasi diet dan olahraga yang seimbang.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Isolate protein tidak hanya bermanfaat bagi otot, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Isolate protein memiliki keunggulan dalam hal tinggi konsentrasi protein, warna, rasa, dan sifat fungsional.

Hal ini membuatnya menjadi bahan baku yang ideal, termasuk dalam pembuatan produk susu yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Sumber Protein Alternatif yang Terjangkau

Isolate protein juga dapat menjadi sumber protein alternatif yang terjangkau, terutama bagi vegetarian dan atlet.

Jenis protein ini juga telah menjadi sumber utama protein yang murah. Hal ini membuatnya dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian maupun untuk mendukung aktivitas olahraga.

Sumber Isolate Protein

Sumber Isolate Protein - freepik.jpg

Isolate protein dapat diperoleh dari berbagai sumber, baik nabati maupun hewani. Beberapa sumbernya antara lain:

1. Isolat Protein Whey (WPI)

Whey adalah produk samping dari pengolahan keju yang kemudian diolah menjadi isolat protein whey yang mengandung lebih dari 90% protein.

2. Isolat Protein Ikan (FPI)

Selain WPI, terdapat pula Isolat Protein Ikan (FPI) yang menjadi solusi untuk memanfaatkan bahan baku ikan yang tidak biasa dikonsumsi secara langsung maupun limbah pemotongan ikan.

Proses pembuatan FPI memungkinkan pemanfaatan sumber daya ikan secara lebih optimal.

3. Isolat Protein Kacang (PPI)

Sumber isolat protein nabati lainnya antara lain Isolat Protein Kacang (PPI), yang biasa digunakan sebagai suplemen tambahan dalam produk-produk makanan seperti sereal, minuman, dan susu skim atau susu rendah lemak.

4. Isolat Protein Kanola (CPI)

Isolat Protein Kanola (CPI) dibuat dari kacang kanola yang memiliki komposisi asam amino yang baik dan seimbang, sehingga dapat meningkatkan kandungan protein nabati dalam produk pangan.

5. Isolat Protein Kacang Arab

Selain itu, terdapat pula Isolat Protein Kacang Arab yang dibuat menggunakan kacang Arab (chickpea) yang tumbuh subur di wilayah Asia Barat dan Mediterania.

6. Isolat Protein Kacang Mete

Isolat ini dibuat dari kacang mete dengan kandungan minyak sekitar 40-57% dan protein 21%.

Kesimpulan

Isolate protein memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, seperti nutrisi lainnya, mengonsumsinya juga perlu dilakukan dengan bijak.

Kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan jumlah dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan sumber dan proses pembuatan isolat protein yang akan kamu konsumsi.

Pastikan isolat protein tersebut berasal dari sumber yang aman dan berkualitas, serta diproduksi melalui proses yang higienis.

Dengan kandungan protein yang tinggi, isolate protein dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung berbagai tujuan kesehatan dan kebugaran tubuh kamu.

Nah, untuk mendukung perjalanan kesehatan dan kebugaran kamu, yuk jadi member FIT HUB! Nikmati akses ke berbagai fasilitas olahraga modern, kelas kebugaran, serta didukung oleh pelatih profesional.