10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Mastono

Mastono

Personal Trainer di FIT HUB Nipah Mall Makassar

Mengetahui apa saja jenis makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol penting diketahui jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Pasalnya, kadar kolesterol yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti sakit jantung, stroke, dan berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

Healthline menjelaskan bahwa kolesterol sebenarnya adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati dan dibawa melalui aliran darah oleh lipoprotein. Tubuh manusia pun menghasilkan kolesterol dalam jumlah yang cukup.

Namun, kadar kolesterol bisa menjadi tidak terkontrol karena pola makan yang kurang baik sehingga menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena kadar kolesterol dalam tubuh bisa dikendalikan melalui diet yang sehat. Yuk, cari tahu apa saja jenis makanan untuk menurunkan kolesterol yang tepat di bawah ini!

10 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Inilah beberapa jenis makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol yang perlu kamu ketahui:

1. Oatmeal

Oatmeal - freepik.jpg

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang pertama adalah oatmeal. Jenis makanan sehat yang satu ini kaya akan serat larut, khususnya beta-glukan yang efektif dalam menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Beta-glukan bekerja dengan cara mengikat kolesterol di usus dan membuangnya dari tubuh yang pada akhirnya mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Kamu bisa mencoba membuat oatmeal dengan topping buah-buahan segar seperti pisang, blueberry, atau apel untuk memperkaya rasa agar tak mudah bosan.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio adalah pilihan cemilan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Mereka mengandung lemak tak jenuh yang sehat, serat, dan antioksidan.

Lemak tak jenuh ini membantu mengurangi kadar kolesterol LDL sambil meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan dan mendukung kesehatan jantung.

Jangan khawatir tentang kalori ketika mengonsumsi camilan sehat ini. Pasalnya, mengonsumsi segenggam kacang setiap hari tidak hanya memberikan nutrisi penting, tetapi juga bisa membantu mengontrol rasa lapar di antara waktu makan.

3. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah bagian penting dari diet yang sehat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Jenis buah seperti apel, pir, dan buah beri seperti stroberi dan blueberry mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu, buah-buahan ini juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan mendukung kesehatan jantung.

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu bisa mengolah buah-buahan tersebut dengan berbagai cara, misalnya smoothie, salad, atau jus.

4. Ikan Berlemak

Ikan Berlemak - freepik.jpg

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan menjadi sumber makanan untuk menurunkan kolesterol yang baik. Omega-3 memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Jadi, mengonsumsi ikan berlemak dua hingga tiga kali seminggu dapat memberikan manfaat besar untuk turunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Ikan berlemak juga bisa dimasak dengan berbagai cara, dari dipanggang hingga dimasak dalam sup atau stew. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan ikan berlemak ke dalam menu kamu, ya!

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli adalah beberapa makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol. Alasannya, jenis sayuran tersebut kaya akan serat, fitosterol, dan antioksidan.

Fitosterol adalah senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, sayuran hijau juga rendah kalori dan kaya akan vitamin serta mineral.

Cobalah untuk selalu menambahkan sayuran hijau ke dalam menu harianmu. Variasikan cara penyajian untuk membuat hidangan sayuran lebih menarik dan lezat sehingga kamu tidak mudah bosan.

6. Legum

Legum seperti kacang merah, lentil, dan chickpea juga menjadi pilihan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Jenis makanan ini kaya akan serat dan protein yang juga mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mengonsumsi legum secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Selain itu, legum juga bisa menjadi alternatif protein yang lebih sehat dibandingkan dengan daging merah.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - freepik.jpg

Minyak zaitun juga menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol yang efektif. Dengan menggantikan lemak jenuh dengan minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

Menurut Mayo Clinic, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Biji Chia

Biji chia adalah contoh superfood kecil yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan jantung dan mengurangi kolesterol. Alasannya karena sumber makanan ini kaya akan asam lemak omega-3, serat, dan antioksidan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan biji chia ke dalam yogurt, smoothie, atau salad. Selain itu, biji chia juga bisa digunakan dalam resep roti atau muffin untuk menambah gizi.

9. Makanan yang Diperkaya dengan Sterol dan Stanol

Melansir Harvard Health Publishing, sterol dan stanol yang diekstrak dari tanaman dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari bahan makanan.

Biasanya produsen makanan menambahkannya ke dalam berbagai jenis makanan. Misalnya, margarin, granola bar, jus jeruk, hingga cokelat. Selain itu, sumber nutrisi ini biasanya juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Mengonsumsi 2 gram sterol dan stanol per hari diketahui dapat menurunkan kolesterol LDL hingga sekitar 10%.

10. Beras Merah

Beras Merah - freepik.jpg

Makanan untuk menurunkan kolesterol yang terakhir dalam daftar ini adalah beras merah. Selain cocok digunakan untuk diet, rupanya jenis beras yang satu ini juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Beras merah memiliki kandungan magnesium, selenium, hingga vitamin B yang efektif untuk menurunkan lemak jahat. Selain itu, beras merah juga punya serat yang tinggi sehingga mampu untuk menjaga gula darah tetap terjaga normal.

Kesimpulan

Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang serius.

Selain menjaga pola makan dan mencoba memasukkan daftar makanan di atas ke dalam menu harian, kamu juga harus rajin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Nah, jika masih bingung untuk memulai kebiasaan berolahraga, kamu bisa bergabung di pusat kebugaran FIT HUB yang memiliki banyak personal trainer yang siap membantu kamu.

Para personal trainer yang sudah profesional di bidangnya tersebut akan memberikan panduan berolahraga yang tepat untuk pemula sepertimu.

Penasaran? Yuk, segera daftar jadi member FIT HUB sekarang juga!