Apa Itu Kapha Yoga? Ini Sejarah, Gerakan, dan Manfaatnya

Pinky

Pinky

Personal Trainer di FIT HUB

Kapha yoga adalah salah satu jenis yoga kreasi anak bangsa yang sedang banyak diminati. Kapha sendiri adalah singkatan dari "Koko Asana Principle Of Human Body Alignment", yang menggabungkan prinsip-prinsip yoga klasik dengan inovasi lokal.

Yoga yang pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2013 ini, merupakan teknik olah tubuh yang memanfaatkan advance alignment. Maksudnya, merupakan alignment lanjutan dari aligment yang sudah ada sebelumnya.

Sebagaimana variasi yoga lainnya, kapha yoga juga memberikan manfaat yang baik untuk mental. Prakteknya biasa digunakan sebagai terapi mental yang baik untuk kesejahteraan psikologis.

Dapatkan informasi lengkap tentang sejarah kapha yoga, gerakan, dan manfaatnya pada ulasan berikut ini.

Sejarah Kapha Yoga

Sejarah Kapha Yoga - freepik.jpg

Berdirinya kapha yoga bukanlah sebuah kebetulan. Ini adalah hasil kerja keras sekelompok individu yang berkomitmen untuk menghadirkan yoga yang dapat diakses dan diapresiasi oleh masyarakat Indonesia.

Dalam beberapa tahun setelah pendiriannya, kapha yoga telah berhasil menyebar ke berbagai kota di Indonesia. Diketahui cabang terbarunya dibuka di Palembang pada Januari 2015.

Gerakan Kapha Yoga

gerakan kapha yoga.jpg

Salah satu hal yang membuat kapha yoga begitu menarik adalah keunikan gerakannya. Front Warrior adalah salah satu gerakan yang sangat digemari oleh penggemar yoga yang satu ini.

Gerakan yoga ini telah diperbaharui dan ditingkatkan dari versi sebelumnya warrior pose, untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi tubuh. Front warrior tidak hanya mengencangkan otot-otot tubuh, tetapi juga membantu mengurangi keluhan kesehatan seperti nyeri punggung dan ketegangan otot.

Selain gerakan khusus seperti front warrior, kapha yoga juga menekankan pada konsep advanced alignment. Ini berarti pose yoga tidak hanya dilakukan dengan benar secara fisik, tetapi juga dengan mengaktifkan otot-otot tertentu untuk meningkatkan manfaatnya.

Misalnya, saat melakukan pose warrior 1, pengguna kapha yoga diajarkan untuk lebih memperhatikan posisi lutut, pinggang, dan kaki.

Hal ini akan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh. Adapun gerakan-gerakan yang biasa dilakukan saat kapha yoga adalah sebagai berikut:

- Urdhva Hastasana: mengangkat tangan ke atas kepala dengan tangan rapat atau jari-jari menjulur ke langit.

- Ardha Uttanasana: menekuk tubuh ke depan dari pinggang, menjaga punggung lurus setengah jalan ke depan.

- Downward Facing Dog: membentangkan tubuh ke atas dan ke belakang sehingga membentuk segitiga terbalik dengan bokong di udara dan tumit mendekati lantai.

- Three-Legged Dog: variasi downward facing dog di mana satu kaki ditinggikan ke atas yang memberikan peregangan intensif pada kaki dan pinggul.

- Warrior 1: mengangkat tangan ke atas sambil membungkuk ke belakang dan menekuk lutut depan di atas pergelangan kaki.

- Warrior 2: membuka panggul ke samping dan mempertahankan kaki belakang lurus, sementara lengan ditekuk pada tingkat bahu dalam posisi horizontal.

- Dance Warrior: variasi warrior di mana peregangan dilakukan sambil membungkuk ke samping, menyerupai gerakan tarian.

- Front Warrior: variasi warrior dengan fokus pada membawa satu kaki ke depan dan menjaga postur tubuh tegak.

- Dekasana: variasi warrior dengan tangan dilipat di depan tubuh.

- Utkata Konasana: membuka kaki lebih lebar dari bahu dan menekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Gerakannya mirip dengan posisi duduk di kursi.

- Chaturanga Dandasana: menurunkan tubuh ke posisi push-up dengan siku ditekuk pada sudut 90 derajat dan tubuh lurus dari kepala hingga tumit.

- Uttanasana: menekuk tubuh ke depan dari pinggang dengan tangan menyentuh lantai di samping atau di depan kaki.

Manfaat Kapha Yoga

Manfaat Kapha Yoga - freepik.jpg

Latihan ini diyakini dapat membangkitkan otot-otot tubuh yang secara bertahap efektif untuk mengurangi masalah kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ini termasuk:

1. Mengurangi stres dan depresi

Aktivitas kapha yoga telah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Melibatkan tubuh dan pikiran dalam gerakan-gerakan yang disiplin, kapha yoga akan memberikan kedamaian batin yang membantu untuk mengatasi tekanan sehari-hari.

Salah satu cara kapha yoga membantu mengurangi stres adalah melalui pengalihan fokus. Saat berlatih, kamu didorong untuk fokus pada gerakan tubuh, pernapasan, dan sensasi fisikmu sendiri.

Ini efektif untuk membantu mengalihkan perhatian dari pikiran buruk dan kekhawatiran yang menyebabkan stres.

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Gerakan yang teratur dan terkontrol dalam kapha yoga membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi. Ini adalah manfaat yang sangat penting, terutama bagi mereka yang sering merasa kaku atau terbatas dalam gerakan tubuh mereka.

Cara kapha yoga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh adalah melalui peregangan otot yang berkelanjutan dan mendalam.

Dalam setiap pose atau asana, kamu didorong untuk memperpanjang tubuh dengan lembut dan memperhatikan sensasi peregangan yang muncul.

Ini membantu memperpanjang serat dan meningkatkan elastisitas otot yang pada gilirannya meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Banyak orang mengalami masalah tidur, entah itu kesulitan atau tidur yang tidak nyenyak.

Melalui latihan kapha yoga, kamu dapat meredakan stres dan ketegangan yang mengganggu tidurmu, sehingga meningkatkan kualitas tidurmu secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Peredaran Darah dan Meredakan Nyeri

Kapha yoga membantu meningkatkan peredaran darah dengan menggerakkan tubuh dan melakukan gerakan-gerakan tertentu yang merangsang sirkulasi.

Selain itu, gerakan-gerakan ini juga dapat membantu meredakan nyeri pada tubuh, seperti nyeri punggung dan sakit kepala.

Kesimpulan

Kapha yoga adalah kontribusi luar biasa dari Indonesia dalam dunia yoga. Dengan kombinasi unik dari tradisi yoga klasik dan inovasi lokal, kapha yoga dapat memberikan manfaat kesehatan dan kesejahteraan yang tak terhitung jumlahnya.

Kamu ingin mencoba kapha yoga? Kamu bisa mengikuti kelasnya di FIT HUB, lho.

FIT HUB menawarkan fasilitas olahraga dan kelas yoga yang pastinya dengan trainer yang berpengalaman. Jadi, usahamu dalam berolahraga pasti akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sudah tertarik dengan kelas yoga dari FIT HUB? Yuk, segera jadi member FIT HUB di sini!